kumparan
26 Oktober 2019 15:23

Merebus Pasta dengan Air Dingin vs Mendidih, Mana yang Lebih Baik?

Ilustrasi merebus pasta
Ilustrasi merebus pasta Foto: Shutter Stock
Biasanya, bagaimana caramu dalam merebus pasta? Apakah langsung memasukkannya ke dalam panci berisi air sampai mendidih, atau menunggu airnya mendidih dulu baru memasukkan pasta?
ADVERTISEMENT
Metode merebus pasta ini sempat menjadi perbincangan di media sosial Twitter setelah ada salah satu user yang mengomentari cara pacarnya memasak pasta.
Dalam cuitan tersebut, ia menceritakan bahwa pacarnya tersebut memasukkan pasta mentah ke dalam panci berisi air, baru kemudian menyalakan api kompor dan merebusnya.
Hal ini dianggapnya tak awam, karena orang-orang lebih sering merebus air hingga mendidih terlebih dahulu, baru memasukkan si pasta.
Perdebatan pun langsung mencuat di kalangan warganet. Banyak yang menganggap cara memasak pasta dengan merendamnya dalam air hingga mendidih bukanlah cara yang tepat. Namun, tak sedikit pula yang rupanya menerapkan metode itu.
Mana yang sebenarnya benar?
Menurut food stylist dan ahli pasta Anthony Contrino, metode tradisional tetap menjadi teknik terbaik untuk memasak pasta. Rebus air terlebih dahulu, baru kemudian masukkan pasta ke dalamnya.
ADVERTISEMENT
"Dengan memasukkan pasta ke dalam air mendidih, tingkat kematangannya akan lebih merata karena temperaturnya cenderung konstan," ungkap Contrino seperti dilansir Today.
Ilustrasi merebus pasta
Ilustrasi merebus pasta Foto: Shutter Stock
"Memasukannya ke dalam air dingin --sebelum mendidih-- akan membuat garam sulit larut dan tak menambah cita rasa pada pasta. Bahkan, akan lebih susah untuk mendapatkan tekstur pasta yang al dente," imbuh Contrino.
Senada dengan Contrino, Chef Palak Patel dari Institute of Culinary Education New York juga setuju kalau metode terbaik memasak pasta adalah merebus air hingga mendidih terlebih dahulu.
Meski metode memasak pasta dengan air dingin dan merebusnya bersamaan tetap bisa dilakukan, namun metode tersebut bisa membuat pasta jadi overcooked. Selain kandungan pati di dalamnya jadi lebih lama hilang, pasta juga akan menyerap lebih banyak air, membuat teksturnya jadi lebih lembek.
ADVERTISEMENT
Bahkan, memasak pasta terlalu lama dapat membuat indeks glikemiknya meningkat. Merebus air hingga mendidih terlebih dahulu merupakan metode terbaik untuk mendapatkan tekstur pasta yang pas --al dente.
Ilustrasi merebus pasta
Ilustrasi merebus pasta Foto: Shutter Stock
"Memasak pasta dalam campuran air garam yang mendidih akan memungkinkan air untuk terserap perlahan ke dalam pasta," jelas Patel.
"Protein dan pati memiliki sedikit waktu untuk berinteraksi, menciptakan pasta al dente yang sempurna. Air asin yang bergolak saat mendidih juga akan membuat pasta tak saling menempel saat kandungan patinya terlepas," pungkas Patel.
Kalau kamu, lebih sering merebus pasta dengan cara yang mana?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan