susu ibu hamil

Minum Susu Teratur Saat Sahur Bisa Bantu Jaga Imunitas Selama Puasa

13 April 2022 3:27
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Minum Susu Teratur Saat Sahur Bisa Bantu Jaga Imunitas Selama Puasa (70503)
zoom-in-whitePerbesar
com-Ilustrasi minum susu saat sahur Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
Seperti yang kamu ketahui, susu memiliki banyak manfaat selain untuk tulang dan pertumbuhan. Susu dapat menjadi minuman sehat yang baik untuk sumber energi juga, lho.
ADVERTISEMENT
Mengutip rilis Greenfields (8/4), dosen dan ahli gizi Esti Nurwanti, S.Gz, RD, MPH, Ph.D, yang mengatakan, “Susu sapi segar memiliki beragam manfaat yang bisa membantu menjaga daya tahan tubuh selama kita berpuasa. Salah satunya adalah untuk menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh. Karena susu merupakan salah satu asupan yang kandungan nutrisinya memiliki banyak manfaat untuk mendukung kerja sistem imun tubuh, seperti protein, zink, Vitamin A, Vitamin B1, B2, dan kalsium.”
Minum Susu Teratur Saat Sahur Bisa Bantu Jaga Imunitas Selama Puasa (70504)
zoom-in-whitePerbesar
Greenfields Jersey Fresh Milk Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Selain itu, founder aplikasi @gizinusantara itu juga menyarankan kita untuk minum susu secara teratur dua kali sehari, yaitu saat sahur dan sebelum tidur.
Minum susu saat sahur ternyata dapat menambah cairan tubuh yang hilang, dan membantu memberikan rasa kenyang lebih lama. Hal ini karena, kandungan protein dalam susu itu sendiri. Tak hanya itu, susu juga mengandung kalsium dan vitamin yang dibutuhkan tubuh. Kandungan tersebut membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh saat berpuasa.
ADVERTISEMENT
Jika kamu minum susu di malam hari, maka bisa membantu tidur lebih cepat berkat asam amino triptofan dan melatonin. Asam amino triptofan merupakan senyawa yang membantu proses tidur lebih cepat. Selain itu, triptofan dapat meningkatkan serotonin yang mengatur suasana hati, atau sebagai mood booster.
Lalu, susu dapat meningkatkan relaksasi tubuh, serta berpengaruh untuk memproduksi hormon melatonin dalam siklus tidur yang sangat penting kita jaga selama berpuasa di bulan Ramadhan.
Minum Susu Teratur Saat Sahur Bisa Bantu Jaga Imunitas Selama Puasa (70505)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi dua gelas susu segar Foto: Shutterstock
Dengan mengonsumsi susu, kamu juga mendapatkan asupan protein. Protein menjadi salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh, karena dapat memaksimalkan kerja sistem imuntas dalam melawan berbagai infeksi. Kandungan protein juga berguna untuk membentuk otot; yang mana sebanyak 90 persen kandungan protein dalam susu berfungsi untuk otot yang rusak.
ADVERTISEMENT
Esti pun menambahkan, untuk semakin memperkuat imunitas selama puasa, kamu juga disarankan untuk tetap melakukan aktivitas fisik. Semisal, jalan santai, jogging, naik turun tangga, atau sit up dan push up secukupnya.
“Puasa bukan jadi halangan untuk melakukan aktivitas fisik. Anda bisa melakukan olahraga dengan intensitas ringan sampai sedang setelah berbuka puasa agar fit, saat tubuh sudah terpenuhi asupan energinya," pungkasnya.
Penulis: Ade Naura Intania