Food & Travel
·
25 Oktober 2018 11:05

Nafsu Makan Menurun karena Stres? Ini Tips Mengatasinya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Nafsu Makan Menurun karena Stres? Ini Tips Mengatasinya (42797)
searchPerbesar
Ilustrasi tidak nafsu makan (Foto: Shutter Stock)
Saat sedang stres atau tubuh tengah sakit, biasanya kita menjadi kurang berselera untuk menyantap makanan. Nafsu makan turun secara drastis, membuat kita begitu enggan untuk melahap apapun. Padahal, bila tak diisi dengan nutrisi yang cukup, tubuh bisa 'ambruk' dan kesehatan kita akan semakin menurun.
ADVERTISEMENT
Selain itu, kekurangan asupan makanan juga bisa membuat kadar lemak yang dibutuhkan oleh tubuh berkurang drastis. Karenanya, meski tak berselera sekalipun, kita harus sedikit memaksakan diri untuk menyantap makanan.
Sayangnya, saat dipaksa untuk makan, justru tubuh kita akan semakin melakukan penolakan, dan malah membuat kita merasa mual. Lantas, adakah cara untuk meningkatkan kembali selera makan kita? Dilansir healthline, berikut tujuh cara yang dapat dilakukan untuk mengembalikan nafsu makan kita:
1. Konsumsi camilan untuk mengisi perut
Nafsu Makan Menurun karena Stres? Ini Tips Mengatasinya (42798)
searchPerbesar
Sandwich (Foto: Shutter Stock)
Bila benar-benar merasa mual dan tak ingin menyantap makanan berat dengan porsi besar, cobalah untuk menggantinya dengan camilan. Sebagai alternatif makan besar selama tiga kali sehari, kamu bisa mulai ngemil sebanyak enam hingga tujuh kali dalam sehari. Namun, usahakan untuk tetap mengkonsumsi jenis camilan sehat seperti sandwich, semangkuk sup, kacang-kacangan, atau buah segar.
ADVERTISEMENT
2. Ubah kalori menjadi minuman
Nafsu Makan Menurun karena Stres? Ini Tips Mengatasinya (42799)
searchPerbesar
Minum Segelas Susu (Foto: Thinkstock)
Sulit untuk menelan kalori dalam bentuk makanan? Kamu tetap bisa mendapat asupan energi yang cukup dengan mengubahnya menjadi minuman, kok. Beberapa jenis minuman seperti susu atau jus buah murni bisa jadi pilihanmu.
Selain kedua jenis minuman tersebut, kamu juga bisa mengkreasikan jus pisang yang dipadukan bersama satu gelas susu dan sesendok selai kacang. Atau, campurkan jus jeruk dengan satu gelas potongan buah stroberi beserta beberapa butir kacang mede. Dengan mengkonsumsi minuman tinggi kalori tersebut, asupan nutrisi pada tubuh kita akan tetap terpenuhi, dan mencegah berat badan menurun drastis.
3. Rutin sarapan
Nafsu Makan Menurun karena Stres? Ini Tips Mengatasinya (42800)
searchPerbesar
Ilustrasi sarapan sehat. (Foto: Thinkstock)
Tahukah kamu, ternyata menyantap sarapan menjadi salah satu cara ampuh untuk meningkatkan nafsu makan, lho. Sesibuk apapun, usahakan untuk menyantap sesuatu untuk mengisi perutmu di pagi hari. Apalagi, pagi hari merupakan waktu dimana rasa lapar kita mencapai puncaknya.
ADVERTISEMENT
Untuk itu, santaplah jenis menu yang tingkat kalorinya tinggi, seperti telur dan roti gandum panggang, roti bagel dengan irisan keju, atau semangkuk sereal dengan susu full cream. Selain itu, makan dengan porsi kecil dalam frekuensi yang lebih sering juga dapat memperbaiki nafsu makanmu. Cobalah untuk menyisipkan camilan di sela-sela waktu makan, kurang lebih 2 hingga 3 kali dalam sehari,
4. Sajikan makanan dalam piring berukuran besar
Nafsu Makan Menurun karena Stres? Ini Tips Mengatasinya (42801)
searchPerbesar
Piring ukuran besar membuat porsi makanan terlihat lebih sedikit (Foto: Shutter Stock)
Saat nafsu makan menurun, melihat makanan yang begitu melimpah dengan porsi banyak tentu membuat kita merasa 'muak', bahkan sebelum mencoba menyantapnya. Nah, kita juga bisa melakukan trik tertentu untuk membuat porsi makanan yang akan kita santap terlihat lebih sedikit, lho.
Caranya adalah dengan menyajikannya dalam piring berukuran besar. Ya, piring yang berukuran besar mampu menciptakan ilusi bahwa porsi makanan yang disajikan hanya sedikit. Dengan begitu, kita tetap bisa menyantap makanan sesuai dengan porsi biasanya tanpa perlu merasa eneg.
ADVERTISEMENT
5. Kurangi konsumsi makanan tinggi serat
Nafsu Makan Menurun karena Stres? Ini Tips Mengatasinya (42802)
searchPerbesar
Ilustrasi perempuan konsumsi serat (Foto: dok.Thinkstock)
Jenis makanan berserat tinggi terbukti dapat menciptakan rasa kenyang pada tubuh. Meski jenis makanan ini direkomendasikan untuk diet, namun serat dapat memperlambat penyerapan makanan dan membuat kita merasa kenyang dalam waktu lebih lama. Hal ini tentu menjadi bumerang tersendiri saat nafsu makan kita tengah menurun drastis.
Kurangi konsumsi makanan tinggi serat agar tak membuatmu merasa terlalu kenyang, dan bisa menyantap lebih banyak makanan dalam sehari.
6. Konsumsi beberapa jenis rempah
Nafsu Makan Menurun karena Stres? Ini Tips Mengatasinya (42803)
searchPerbesar
Rempah Jahe (Foto: Thinkstock)
Beberapa jenis makanan yang kita santap bisa jadi mengeluarkan gas dan menghambat pencernaan, sehingga menciptakan efek kembung yang membuat nafsu makan menurun. Untuk mengatasinya, cobalah konsumsi beberapa jenis rempah-rempah yang dapat mengurangi kadar gas dan rasa kembung tersebut. Misalnya saja peppermint, merica, daun mint, jahe, dan kayu manis.
ADVERTISEMENT
Rempah-rempah yang bercita rasa pahit juga dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan karena dapat menstimulasi produksi enzim pencernaan dalam tubuh. Pantas saja banyak orang tua yang memberi asupan jamu atau rempah-rempah pahit kepada anaknya yang sulit makan, ya.
7. Kurangi minum saat sedang makan
Nafsu Makan Menurun karena Stres? Ini Tips Mengatasinya (42804)
searchPerbesar
com-Minum Air (Foto: Thinkstock)
Bila kamu terbiasa untuk minum selagi sedang makan, sebaiknya kurangi kebiasaan tersebut, apalagi bila sedang tak memiliki selera makan. Sebabnya, mengkonsumsi cairan selama makan dapat memberikan dampak negatif pada nafsu makan dan membuat kita makan lebih sedikit.
Untuk itu, batasi waktu konsumsi air setidaknya 30 menit sebelum menyantap menu makanan agar nafsu makan kita kembali meningkat.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020