kumparan
search-gray
Food & Travel1 Agustus 2020 16:10

Nenek 89 Tahun Ini Ungkap Konsumsi Bawang Putih Jadi Kuncinya Bisa Panjang Umur

Konten Redaksi kumparan
Nenek 89 Tahun Ini Ungkap Konsumsi Bawang Putih Jadi Kuncinya Bisa Panjang Umur (1287019)
Ilustrasi bawang putih Foto: Shutter Stock
Bawang putih merupakan bumbu dasar yang hadir dalam hampir semua masakan. Bukan hanya membuat suatu hidangan terasa lebih menggugah selera, melainkan bumbu dengan nama ilmiah Allium sativum itu juga bermanfaat baik untuk kesehatan kita.
ADVERTISEMENT
Hal ini sudah dibuktikan oleh seorang nenek bernama Virginia, warga negara Pennsylvania. Dilansir Today, nenek berusia 89 tahun itu mengaku gemar makan orak-arik telur dengan siraman bubuk bawang putih.
Enggak tanggung-tanggung, terlihat dalam sebuah video yang diunggah cucu Viginia melalui akun Instagram @eddiepdoyle, tampak ia membubuhkan sangat banyak bubuk bawang putih ke atas telur yang jadi menu sarapannya.
Eddie Doyle sang cucu pun sampai bingung, namun sang nenek meyakinkan bahwa bubuk bawang putih yang dikonsumsinya telah membuatnya panjang umur.
Doyle mengaku, memang sudah sejak lama neneknya mengonsumsi bawang putih. Terutama di tengah pandemi ini, ia mengungkapkan kalau neneknya menjadi semakin sering mengonsumsi bawang putih.
"Bawang putih selalu menjadi makanan pokok, dan saya dengar dia menambah asupan sejak COVID-19 karena itu antivirus dan antibakteri," katanya dikutip dari TODAY Food.
Nenek 89 Tahun Ini Ungkap Konsumsi Bawang Putih Jadi Kuncinya Bisa Panjang Umur (1287020)
Pestisida disemprotkan agar tidak diserang hama Foto: Dok.Pixabay

Manfaat makan bawang putih sudah diketahui dalam banyak penelitian

Memang manfaat makan bawang putih sudah diketahui sejak lama. Terlebih bagi para lansia bawang putih juga memiliki manfaat memperkuat daya ingat.
ADVERTISEMENT
Jyortirmaya Behera, PhD dari Universitas Louisville, yang memimpin sebuah penelitian terkait manfaat bawang putih tersebut menemukan, bahwa senyawa allyl sulfide di dalamnya dapat meningkatkan kesehatan kognitif pada lansia.
Tak hanya itu, bawang putih juga bermanfaat dalam meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah penyakit jantung, menurunkan kolesterol, mencegah flu, hingga menjaga kesehatan kulit.
Hmm, bagaimana dengan kamu, sudahkah merasakan manfaat kesehatan dari mengonsumsi si rempah gurih satu ini? Kalau iya, share ceritamu dikolom komentar, ya siapa tahu bisa menginspirasi pembaca lainnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white