kumparan
search-gray
Food & Travel25 Juni 2019 11:26

Nyobain 5 Makanan ala Crazy Rich Asians

Konten Redaksi kumparan
5 Makanan di Newton Food Centre
5 Makanan di Newton Food Centre Foto: Mela Nurhidayati/kumparan
Film Crazy Rich Asians terbilang sukses di dunia. Film yang diadaptasi dari novel bestseller karya Kevin Kwan itu mengisahkan budaya dan keglamoran gaya hidup kaum jetset Tionghoa di Asia.
ADVERTISEMENT
Selain jalan ceritanya yang romantis, lucu, dan penuh intrik drama, film yang pertama kali dirilis pada 7 Agustus 2018 itu juga mengenalkan kekayaan kuliner Singapura.
Salah satu adegan menarik adalah saat Nicholas Young (Henry Golding), Rachel Chu (Constance Wu), serta dua temannya berburu kuliner di Newton Food Centre.
Bagi kamu yang belum familier, Newton Food Centre adalah pusat kuliner populer di Singapura yang menjual aneka seafood dan juga kuliner lokal. Pertama kali dibuka pada 1971, Newton Food Centre kini memiliki 83 kios makanan.
Dan betul saja, saat kunjungan kumparan pada Sabtu (15/6) lalu, kami melihat sederet kios makanan yang menjual aneka makanan dan minuman yang menggiurkan. Terbawa penasaran, kami pun memesan 5 makanan yang ada dalam film Crazy Rich Asians. Kira-kira inilah 5 makanan yang kami pesan di sana:
ADVERTISEMENT
1. Oyster omelette - HENG Stall 28
Yang pertama kami coba adalah oyster omelette atau omelete tiram di kios HENG, Stall 28. Omelete tiram tersebut hadir dalam 3 ukuran; small (5 SGD atau Rp 52 ribu), medium (8 SGD atau Rp 83 ribu), dan large (10 SGD atau Rp 104 ribu).
Sesuai namanya, hidangan ini sejatinya berupa telur dadar yang dicampur dengan tiram segar dan daun bawang. Tekstur telur dadarnya lembut, berminyak, serta renyah di bagian ujungnya. Sedangkan, tiramnya hadir dengan ukuran yang cukup besar, lembut, dan berair.
Hidangan ini akan semakin lezat jika dicocol dengan sambal cabai racikan. Rasanya pedas dan juga segar. Nendang!
2. Fried hokkien prawn noodle - Newton 51
Fried Hokkien Prawn Noodle - Newton 51
Fried Hokkien Prawn Noodle - Newton 51 Foto: Mela Nurhidayati/kumparan
Selanjutnya kami mencoba fried hokkien prawn noodle di kios Newton 51. Sama seperti oyster omelette, hidangan ini juga hadir dalam 3 ukuran. Ada small (5 SGD atau Rp 52 ribu), medium (8 SGD atau Rp 83 ribu), dan large (10 SGD atau Rp 104 ribu).
ADVERTISEMENT
Hokkien prawn mee atau yang juga dikenal sebagai mi hokkian adalah hidangan mi goreng khas Singapura. Biasanya, terdiri dari mi kuning dan bihun tebal yang diberi potongan udang, cumi, perut babi, serta telur yang disiram kaldu aromatik (terbuat dari tulang babi dan kepala udang).
Mi hokkian yang dijual kios Newton 51 juga disajikan dengan sambal cabai dan perasan jeruk nipis yang memperkuat cita rasanya. Sambalnya hadir dengan rasa yang super pedas, dan berhasil membuat cita rasa mi-nya semakin menonjol.
3. Satay chicken - TKR Satay
Satay Chicken - TKR Satay
Satay Chicken - TKR Satay Foto: Mela Nurhidayati/kumparan
Berkunjung ke Newton Food Centre belum lengkap jika belum mencoba sate ayam yang dijual kios TKR Satay. Kabarnya, kios sate tersebut adalah kios yang dipesan Nick Young bersama teman-temannya di film Crazy Rich Asians.
ADVERTISEMENT
Kami memesan satu porsi sate ayam yang terdiri dari 10 tusuk dengan tambahan ketupat (7 SGD atau Rp 73 ribu). Ukuran daging ayamnya cukup besar, dengan tekstur daging yang empuk dan lembut. Sedangkan, bumbu kacangnya menurut kami terlalu manis, namun tidak menutupi rasa dagingnya.
Jika bosan dengan daging ayam, di sana kamu juga bisa memesan menu lain; seperti sate babi, domba, sapi, hingga udang.
4. Fried rice - Alliance Seafood
Bagi masyarakat Indonesia, makan belum lengkap jika belum mengkonsumsi nasi, betul? Kami sarankan untuk mencoba nasi goreng yang dijual kios Alliance Seafood, di Stall 27.
Nasi goreng ala restoran Michelin Star itu tampil tanpa kecap. Karena itu, warnanya putih dan mengkilat. Sedangkan, isiannya terdiri dari; nasi, telur, kacang hijau Prancis, potongan udang, dan crab stick.
ADVERTISEMENT
Meski tak segurih nasi goreng yang dijual di Indonesia, nasi goreng ini cukup mengenyangkan. Tekstur nasinya padat dan tidak terlalu berminyak.
Tertarik mencoba? Kamu bisa memesan nasi goreng ini dengan 3 pilihan ukuran. Ada small (5 SGD atau Rp 62 ribu), medium (10 SGD atau Rp 104 ribu), dan large (15 SGD atau Rp 156 ribu).
5. Cereal butter prawn - Alliance Seafood
Cereal Butter Prawn - Alliance Seafood
Cereal Butter Prawn - Alliance Seafood Foto: Mela Nurhidayati/kumparan
Masih di kios yang sama, kami juga memesan cereal butter prawn ukuran small (24 SGD atau Rp 250 ribu).
Hidangan ini sejatinya terdiri dari udang goreng yang diselimuti remahan sereal kuning keemasan dan daun kari. Ukuran udangnya cukup besar, dengan didominasi rasa gurih karena digoreng menggunakan butter. Sedangkan, remahan serealnya renyah dan juga manis.
ADVERTISEMENT
Kami sangat menyukai hidangan ini. Apalagi, saat menyantapnya bersamaan dengan saus Thailand yang pedas-asam-manis. Rasanya semakin kaya dan bikin nagih!
Itulah 5 makanan ala Crazy Rich Asians yang kami coba di Newton Food Centre, Singapura. Dari kelimanya, mana yang paling ingin kamu coba?
Newton Food Centre
Alamat: 500 Clemenceau Ave N, #01-27 Circus Food Centre, Singapura 229495.
Jam buka: Setiap hari (12.00 - 02.00 waktu Singapura).
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white