Omija, Buah Unik Asal Korea Selatan dengan Lima Cita Rasa

10 Juli 2019 11:01 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
com-Buah omija Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
com-Buah omija Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Berbicara tentang Korea Selatan, pikiran kamu pasti akan langsung tertuju ke K-Pop, K-Drama, dan berbagai hal di dunia entertainment-nya yang mendunia. Namun nyatanya, tidak melulu soal entertainment, Negeri Ginseng ini juga dikenal dengan berbagai hasil pertaniannya.
ADVERTISEMENT
Menteri Urusan Pertanian, Pangan, dan Pedesaan Korea, bersama Korea Argo-Fisheries & Food Trade Corp (aT), terus melakukan ekspansi ke pasar ekspor dan memudahkan masyarakat Indonesia untuk mendapatkan dan mengkonsumsi produk makanan Korea. Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan menghadirkan rangkaian video dari YouTuber Indonesia yang datang dan merasakan langsung beberapa olahan hasil pertanian Korea.
Lewat rangkaian video ini, aT mengajak masyarakat Indonesia untuk mengenal lebih dalam tentang hasil bumi Korea Selatan, dan berbagai cara untuk mengolahnya menjadi makanan ataupun minuman nan lezat. Dan di episode pertama, kamu akan disajikan salah satu buah khas yang mungkin akan jarang ditemukan di negara lain. Buah tersebut bernama Omija.
com-Korea Argo-Fisheries & Food Trade Corp (aT) memperkenalkan Omija Foto: Dok. Korea Argo-Fisheries & Food Trade Corp (aT)
Di Korea Selatan, buah omija dapat dengan mudahnya kamu temukan di daerah Mungyeong. Terdapat sebuah tempat rekreasi bernama Mungyeong Omija Chehomchon atau Mungyeong Omija Valley, di mana kamu dapat melakukan berbagai aktivitas menarik sekaligus mengetahui lebih banyak soal buah omija.
ADVERTISEMENT
Omija merupakan buah berbentuk seperti berry yang memiliki lima kombinasi rasa. “O” berarti lima, “mi” berarti rasa, dan “ja” berarti buah, yang berarti dalam satu buah omija kamu dapat merasakan lima rasa; manis, asin, pahit, asam, dan pedas.
Berkat lima kombinasi rasanya, buah omija juga lazim diolah menjadi beberapa minuman, serta menjadi campuran untuk berbagai hidangan hangat. Seperti apa olahan omija yang dapat kamu nikmat? Simak ulasannya berikut ini:
Omija-cha (Teh Omija)
com-Omija-cha atau teh omija Foto: Shutterstock
Berbeda dari teh pada umumnya, omija-cha dibuat dari buah omija yang sudah dikeringkan. Buah kering tersebut kemudian direbus bersama air dengan temperatur panas rendah hingga berubah warna. Setelah selesai, omija-cha bisa langsung disajikan secara hangat. omija-cha juga bisa disajikan secara dingin. Caranya mudah, cukup campurkan buah omija kering dengan air dingin, dan tambahkan gula atau madu sesuai selera.
ADVERTISEMENT
Omija Hwachae (Sari Buah Omija)
Omija hwachae atau sari buah omija dibuat dengan merendam buah omija. Lambat laun air rendaman tersebut akan berubah menjadi merah. Untuk penyajiannya, rendaman buah omija akan disaring, hingga menghasilkan omija hwachae. Sama seperti omija-cha, kamu juga dapat mencampur sari buah omija dengan gula atau madu untuk menambahkan rasa sesuai selera.
Omija dan Berbagai Hidangan Hangat
com-Ilustrasi bibimbap Foto: Shutterstock
Tidak hanya sebagai minuman, buah omija nyatanya juga bisa dicampur dengan berbagai makanan hangat khas Korea. Sebut saja mul kimchi, kimchi berkuah dengan cita rasa asam, manis, dan segar. Ada juga dakgalbi, ayam tumis dengan cita rasa manis dan pedas, tteokbokki, kue beras khas Korea, hingga bibimbap, nasi campur ala Korea yang dilengkapi dengan omija gochujang. Semua hidangan hangat tersebut bisa disajikan dengan mencampurkan buah omija yang akan menambah rasa dan juga menjadikannya lebih sehat.
ADVERTISEMENT
Omija Dicampur dengan Berbagai Minuman
Salah satu hasil olahan omija dari pabrik yang bisa kamu temukan adalah sirup omija. Nah, sirup ini bisa dinikmati dengan cara biasa — mencampurkannya dengan air — atau dicampur dengan minuman lainnya seperti susu, soda, soju, bahkan yoghurt. Cita rasa yang dihasilkan dari masing-masing campuran memiliki cita rasa yang berbeda. Tinggal pilih, mana campuran yang paling cocok untuk kamu.
Omija merupakan salah satu hasil pertanian unggulan dari Korea Selatan. Rasanya yang unik membuat buah ataupun olahan omija diekspor ke berbagai belahan dunia. Namun selain omija, pemerintah Korea Selatan melalui Korea Argo-Fisheries & Food Trade Corp juga memiliki produk unggulan lainnya seperti kimchi, jamur, ginseng merah, dan stroberi.
ADVERTISEMENT
Ingin tahu lebih banyak tentang produk makanan dan minuman unggulan dari Korea Selatan? Yuk, langsung saja kunjungi laman Facebook dan Instagram Taste of Love K-Food sekarang juga!
Story ini merupakan bentuk kerja sama dengan Korea Argo-Fisheries & Food Trade Corp.