Food & Travel
·
14 Desember 2017 15:02

Panduan untuk Kamu yang Ingin Cari Makanan Halal di Jepang

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Panduan untuk Kamu yang Ingin Cari Makanan Halal di Jepang (131576)
searchPerbesar
Ilustrasi logo halal (Foto: Thinkstock)
Bagi wisatawan muslim yang ingin berkunjung ke sebuah negara yang dihuni oleh penduduk dengan mayoritas non-muslim, tentu memiliki banyak pertimbangan untuk menyambangi negara tersebut. Misalnya saja, negara Jepang yang lebih banyak dihuni oleh penganut Shinto atau Buddha.
ADVERTISEMENT
Kesulitan dalam mencari tempat makan menjadi permasalahan utama bagi turis muslim yang ingin berkunjung ke Jepang. Meskipun saat ini telah banyak restoran yang menyuguhkan hidangan halal, namun ada baiknya bagi para wisatawan Muslim untuk memperhatikan beberapa hal terkait mencari makanan halal saat berada di negeri matahari terbit tersebut.
Lantas, apa saja hal yang perlu diketahui agar turis Muslim tak salah langkah dalam memilih makanan halal yang ada di Jepang?
kumparan (kumparan.com) telah merangkum sederet tips jitu yang bisa diterapkan wisatawan Muslim untuk memilah makanan halal di Jepang, berikut informasinya:
1. Temukan Logo Halal
Panduan untuk Kamu yang Ingin Cari Makanan Halal di Jepang (131577)
searchPerbesar
Ilustrasi logo halal. (Foto: Thinkstock)
Seiring dengan berjalannya waktu, produk makanan berlabel halal yang ada di negara asal bunga Sakura tersebut telah meningkat. Dan beberapa toko yang menjual produk halal telah banyak bermunculan di beberapa wilayah yang ada di Jepang.
ADVERTISEMENT
Sebut saja Toko-Indonesia yang menjual aneka produk makanan Indonesia yang dijamin halal 100 persen. Lalu, ada Ninomiya Japan, yang menjual daging halal, termasuk daging impor yang dijamin kehalalannya.
Tak hanya dua itu saja, toko lainnya seperti Halal Bakery Liaison, Halal corner di LAOX-Akihabara, dan Gyomu Super turut menawarkan produk makanan halal lainnya.
2. Mencari Restoran Halal di Internet
Panduan untuk Kamu yang Ingin Cari Makanan Halal di Jepang (131578)
searchPerbesar
Mencari restoran halal di internet (Foto: Thinkstock)
Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan mencari beberapa rekomendasi restoran halal yang ada di Internet. Banyaknya pilihan restoran halal yang ada di Jepang bisa menjadi pertimbangan wisatawan muslim untuk berkunjung ke restoran tersebut.
Agar lebih mudah menemukan daftar restoran halal saat sedang berada di Jepang, cara ini bisa dilakukan saat sebelum keberangkatan.
ADVERTISEMENT
3. Mempelajari Cara Membaca Komposisi Makanan dalam Bahasa Jepang
Panduan untuk Kamu yang Ingin Cari Makanan Halal di Jepang (131579)
searchPerbesar
Mempelajari bahasa Jepang (Foto: Thinkstock)
Selain mengenal beberapa produk halal dan mencari rekomendasi restoran halal, wisatawan Muslim yang ingin berkunjung ke Jepang bisa mempelajari sedikit bahasa Jepang, terutama huruf hiragana.
Mengahafal beberapa kosakata dalam bahasa Jepang terkait komposisi makanan adalah hal selanjutnya yang harus dilakukan. Contohnya, menghafal nama-nama bahan makanan non halal, seperti gelatin, minyak babi, dan alkohol.
4. Membaca Review Makanan
Panduan untuk Kamu yang Ingin Cari Makanan Halal di Jepang (131580)
searchPerbesar
Membaca review makanan (Foto: Thinkstock)
Jika tak ingin repot menghafal, para turis Muslim bisa mencari review makanan yang ingin mereka makan di jejaring sosial. Kata kunci seperti 'halal food', 'halal food in Japan', 'Halal in Japan' dan 'Halal Media Japan' bisa digunakan untuk mengetahui ulasan makanan halal di Jepang.
ADVERTISEMENT
Bahkan, ada salah satu aplikasi yang khusus dibuat untuk mencari makanan halal di Jepang. Adalah 'Halal Navi', aplikasi yang bisa diunggah oleh para turis Muslim melalui smartphone.
5. Menelepon Service Center Restoran yang Ingin Dituju
Panduan untuk Kamu yang Ingin Cari Makanan Halal di Jepang (131581)
searchPerbesar
Menelepon service center restoran (Foto: thinkstock)
Mungkin ini menjadi opsi terakhir yang bisa dipilih saat ingin mencari makanan halal yang ada di Jepang. Para wisatawan Muslim bisa menelepon atau bahkan mengirim email kepada service center restoran yang ingin mereka tuju.
Namun sayangnya, cara ini hanya bisa diterapkan oleh mereka yang bisa berbahasa Jepang, mengingat service center ini hanya melayani bahasa Jepang saja.
Panduan untuk Kamu yang Ingin Cari Makanan Halal di Jepang (131582)
searchPerbesar
Tips mencari makan halal di Jepang (Foto: Muhammad Faisal Nu'man/kumparan)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020