Food & Travel
·
18 Agustus 2018 16:59

Pizza Sambal Matah, Kombinasi Unik Pizza Mi dari Popolama

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Pizza Sambal Matah, Kombinasi Unik Pizza Mi dari Popolama (88670)
Pizza Sambal Matah (Foto: Safira Maharani/ kumparan)
Apa jadinya bila sajian pizza khas Italia dipadukan dengan mi instan dan ditambahkan sentuhan masakan khas Nusantara?
ADVERTISEMENT
Dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia, salah satu restoran dengan spesialisasi masakan Italia, yakni Popolama mencoba mengkombinasikan ketiganya menjadi sebuah kreasi hidangan yang unik. Ya, bila biasanya pizza disajikan dengan topping keju dan daging pepperoni serta jamur, berbeda halnya dengan menu keluaran terbaru mereka.
Menu terbaru tersebut memadukan mi instan goreng dan sambal matah menjadi sebuah hidangan pizza. Meski terdengar tak biasa, namun cita rasa dari kombinasi unik itu justru terasa nikmat di lidah. kumparanFOOD pun berkesempatan untuk mencicipi beberapa menu andalan yang khusus mereka persiapkan sebagai hidangan spesial menyambut hari jadi Republik Indonesia.
Hidangan pertama yang kami coba adalah Pizza Sambal Matah (Rp 50 ribu). Terdiri dari kulit pizza tipis nan renyah yang diberi topping mi instan goreng, lalu ditaburi lagi dengan sambal matah segar. Porsinya pun cukup besar, berdiameter kurang lebih 20 sentimeter, Pizza Sambal Matah bisa dipotong menjadi 8 bagian.
Pizza Sambal Matah, Kombinasi Unik Pizza Mi dari Popolama (88671)
Pizza Sambal Matah (Foto: Dok. Popolamama Indonesia)
Pinggiran kulit pizzanya terasa renyah, dengan roti yang empuk. Sekilas, mi instan yang disajikan tampak kering, namun begitu digigit, ternyata tekstur dari mi-nya masih terasa begitu lembut, layaknya mi instan yang biasa disajikan.
ADVERTISEMENT
Selain itu, sambal matah yang terdiri dari potongan bawang merah, cabai, serta bumbu lainnya terasa sedikit menggigit, namun tingkat kepedasannya masih cukup, apalagi bila disantap oleh mereka yang kurang suka pedas. Rasa gurih pedas nan segar langsung terasa begitu pizza disantap. Yummy!
Rasa sambal matah yang begitu terasa ternyata tak hanya berasal dari taburan sambal segar di atasnya saja, namun juga karena menggunakan mi instan rasa sambal matah.
“Mi instan yang digunakan dalam pizza ini adalah Indomie rasa sambal matah agar rasanya lebih menyatu dengan sambal matah segar yang ditabur di atasnya,” ujar Farah, General Manager Popolama Indonesia kepada kumparanFOOD pada Rabu (15/8).
Dan, ternyata, pembuatan pizza sambal matah juga tak semudah yang terlihat. Menurut Farah, perlu dilakukan beberapa tahap pengolahan untuk menghasilkan tekstur mi instan yang tetap lembut saat disajikan.
Pizza Sambal Matah, Kombinasi Unik Pizza Mi dari Popolama (88672)
Pizza Sambal Matah (Foto: Safira Maharani/ kumparan)
Adonan kulit pizza dipanggang terlebih dahulu, kemudian mi instan dimasak selama dua menit. Setelahnya, mi instan tak bisa langsung disajikan sebagai topping, melainkan harus didiamkan terlebih dahulu selama kurang lebih lima menit agar teksturnya tak terlalu lembek saat disajikan.
ADVERTISEMENT
Setelah agak dingin, mi instan kemudian ditaburkan di atas permukaan kulit pizza sebagai topping. Taburan keju pun ditambahkan di atas permukaan mi untuk membuat cita rasanya semakin nikmat. Lalu, pizza dipanggang kembali selama beberapa menit untuk membuat ketiganya menyatu dengan sempurna. Nah, sambal matah segar sendiri baru akan ditambahkan saat pizza hendak disajikan.
Bila masih merasa kurang pedas, para pengunjung juga bisa meminta untuk menambahkan taburan sambal matahnya. Atau, mereka juga bisa meminta seberapa banyak sambal matah yang ingin ditaburkan sesuai dengan selera masing-masing.
Karena menggunakan mi instan sebagai salah satu bahan utamanya, Pizza Sambal Matah hanya bisa bertahan selama kurang lebih 25 menit sebelum teksturnya menjadi semakin kering. Namun, bila ingin disantap lagi, sajian pizza ini dapat langsung dinikmati tanpa harus dihangatkan kembali, dengan cita rasa yang masih sama saat baru dihidangkan.
Pizza Sambal Matah, Kombinasi Unik Pizza Mi dari Popolama (88673)
Corned Pasta Aglio Olio (Foto: Safira Maharani/ kumparan)
Selain Pizza Sambal Matah, kami juga mencoba beberapa menu pasta andalan Popolamama. Salah satu hidangan pasta yang paling menarik perhatian adalah Corned Beef Aglio Olio (Rp 65 ribu). Disajikan bersama potongan kornet sebagai toppingnya, hidangan itu memiliki cita rasa yang gurih dan pedas, karena dicampur dengan ulekan cabai.
ADVERTISEMENT
Saat pertama disantap, rasa gurih masih terasa mendominasi, namun, setelah beberapa saat, sensasi pedas baru terasa, dan makin lama makin terasa pedas. Potongan kornetnya pun cukup melimpah, dan telah bercampur bersama saus pedas ala Popolamama.
Pizza Sambal Matah, Kombinasi Unik Pizza Mi dari Popolama (88674)
Promo Pasta (Foto: Dok. Popolamama Indonesia)
Sayangnya, menu PIzza Sambal Matah hanya dapat dinikmati dalam jangka waktu yang singkat, yakni mulai dari tanggal 16 hingga 22 Agustus 2018 saja. Selain meluncurkan kreasi baru pizzanya, Popolama juga menawarkan promo lainnya yang terdiri dari paket 2 porsi pasta, 1 mini pizza, dan 3 gelas es teh untuk makan di tempat seharga Rp 170 ribu, dan bisa dinikmati oleh dua hingga tiga orang.
Restoran Popolama Indonesia sendiri memiliki beberapa cabang lokasi yang bisa disambangi, yakni di Sudirman Plaza, Mall Taman Anggrek, Grand Indonesia, AEON Mall BSD City, Cilandak Town Square, dan AEON Mall Jakarta Garden City.
ADVERTISEMENT
Tertarik mencoba sajian pizza spesial tersebut?