kumparan
16 Juli 2019 18:31

Popolo Coffee Sentul: Tempat Ngopi Unik Berkonsep Rumah Kaca

Menu kopi di Popolo Coffee
Menu kopi di Popolo Coffee Foto: Safira Maharani/ kumparan
Menyesap secangkir kopi sambil ditemani semilir angin di tengah teduhnya hutan, tampaknya bisa jadi pelepas penat yang sempurna. Harum aroma kopi yang menguar dari espresso machine membuat tiap tegukan kopi makin terasa nikmat.
ADVERTISEMENT
Perpaduan tersebut bisa kamu dapatkan di gerai Popolo Coffee yang berlokasi di Sentul, Bogor. Terletak di dalam Taman Budaya Sentul, tempat ngopi ini punya interior yang unik. Sebagian besar bangunannya didominasi oleh kaca bening, selayaknya rumah kaca.
Beberapa bagian atapnya pun menggunakan kaca, menciptakan pencahayaan alami dari sinar matahari. Di bagian luarnya, terdapat teras yang dipenuhi tanaman-tanaman hias, menambah kesan asri.
Suasana Popolo Coffee
Suasana Popolo Coffee Foto: Safira Maharani/ kumparan
Menurut salah satu pegawainya, Febby, konsep Popolo Coffee Sentul memang diciptakan bak ngopi di tengah hutan. Tak hanya itu, sang pemilik juga ingin membawa identitas tropis Indonesia. Hal ini dituangkan lewat berbagai furniturnya yang terbuat dari bambu dan rotan.
Telah berdiri sejak tahun 2018, Popolo Coffee menawarkan aneka pilihan minuman kopi, baik beans lokal maupun mancanegara. Tak hanya manual brew, tersedia pula kreasi-kreasi kopi nan unik.
Suasana Popolo Coffee
Suasana Popolo Coffee Foto: Safira Maharani/ kumparan
Caffe cubo (Rp 30 ribu), salah satunya. Signature drink ini terdiri dari kopi yang dibekukan menjadi es batu, lalu disajikan bersama susu dan sirup karamel.
ADVERTISEMENT
Espressonya menggunakan houseblend Brazil, Ethiopia, dan Dolok Sanggul. Karena menggunakan kopi arabika, cita rasanya lebih dominan asam, dengan notes nutty dan dark chocolate yang cukup kuat.
Meski telah dicampur dengan susu, cita rasa kopinya masih tetap tercecap. Intensitasnya pun cukup ringan, sehingga bisa dinikmati oleh mereka yang baru mulai minum kopi sekalipun.
Suasana Popolo Coffee
Caffe Cubo Popolo Coffee Foto: Safira Maharani/ kumparan
Campuran sirup karamel hadir sebagai pelengkap minuman. Alih-alih merusak rasa, ia justru membuat notes earthy dan nutty dari kopi makin kuat.
Espresso yang dibekukan menjadi es batu mencegah rasanya jadi hambar meski sudah meleleh. Sungguh nikmat!
Bagi yang kurang suka kopi, ada pilihan menu non kopi yang tak kalah unik, yakni ice Baileys latte (Rp 28 ribu). Tenang saja, meski ada embel-embel Baileys, minuman ini bebas alkohol, kok. Mereka menggunakan perisa untuk menciptakan aroma dan rasa khas Baileys.
Menu Popolo Coffee
Ice Baileys Latte Popolo Coffee Foto: Safira Maharani/ kumparan
Dicampur bersama susu segar, rasa manis khas Baileys langsung terasa begitu ia disesap. Pengunjung juga bisa menambah beberapa shot espresso bila menginginkan sentuhan rasa kopi.
ADVERTISEMENT
Ingin ngemil? Tenang saja, ada menu pastry serta kue manis seperti brownies dan cheesecake siap menemani sesi ngopimu.
Oh ya, selain di Sentul, Popolo Coffee juga punya dua gerai lain yang berlokasi di Baranangsiang dan Yasmin. Siap dimanjakan dengan rindangnya pepohonan dan wangi aroma kopi di tengah hutan?
Popolo Coffee Sentul
Taman Budaya Sentul, Jl. Siliwangi No. 1, Sentul, Bogor
Jam buka: Senin - Sabtu, (09.00 - 18.00 WIB)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan