kumparan
11 Oktober 2019 18:24

Praktis dan Bikin Kenyang, 6 Rekomendasi Rice Bowl Enak di Jakarta

Rice bowl Ceng Li!
Rice bowl Ceng Li! Foto: Safira Maharani/ kumparan
Bingung ingin makan apa, sedangkan deadline kerjaan masih menumpuk? Rice bowl bisa menjadi pilihan hidangan tepat saat kamu sedang dilanda kesibukan.
ADVERTISEMENT
Tak cuma praktis, rice bowl juga bisa mengenyangkan perut dan memuaskan lidahmu. Apalagi, topping dan isiannya begitu beragam, bisa dipilih sesuai selera.
Sekarang pun, banyak di antaranya yang menyuguhkan cita rasa baru nan unik. Nah, berikut telah kumparan rangkum enam rice bowl enak yang bisa jadi rekomendasi menu makan siangmu. Apa saja, sih?
1. Bansan
Rice bowl Bansan
Rice bowl Bansan Foto: Dok. Chubbytraveler
Berlokasi di wilayah Cipete Raya, kedai yang satu ini menyajikan rice bowl ala Jepang dengan sentuhan budaya Barat, atau dikenal sebagai yoshoku food. Yang membuat cita rasanya makin terasa nikmat, nasinya sudah diberi taburan furikake --bumbu kering ala Jepang terlebih dahulu. Baru, di atasnya ditambahkan berbagai tumpukan topping.
Untuk menu makan siang praktis di kantor, kamu bisa memesan menu OG chicken nanban dan fire nanban yang terdiri dari daging ayam berbalut saus mentai. Pada menu fire nanban, saus yang digunakan lebih merah, dan bercita rasa lebih pedas.
ADVERTISEMENT
Kalau bosan makan ayam, coba pesan triple sauce roast beef yang memadukan lembaran tenderloin, dan tiga racikan saus khas Nanban. Light sauce, white sauce, dan truffle brown sauce. Sedaaap!
Bansan
Jl. Cipete Raya No.65, RT.6/RW.4, Cipete Sel., Kec. Cilandak, Jakarta Selatan
Jam buka: Setiap hari, (pukul 10.00 - 21.00 WIB)
2. Truffle Belly
Rice bowl Truffle Belly
Rice bowl Truffle Belly Foto: Azalia Amadea/ kumparan
Beda dari rice bowl lainnya, saus yang digunakan oleh Truffle Belly ini menggunakan truffle oil. Campuran truffle oil tersebut membuat aromanya lebih harum, dengan rasa yang lebih gurih.
Ada tiga variasi menu yang dibalut dengan truffle oil; truffle chicken mushroom sauce, truffle chicken cheese sauce, dan truffle chicken cajun spice.
Salah satu rekomendasi kumparan adalah menu truffle chicken mushroom sauce. Tekstur ayamnya renyah, dengan lapisan tepung yang cukup tebal. Saus jamurnya terasa creamy, dengan campuran potongan jamur kancing berukuran besar.
ADVERTISEMENT
Di akhir cecapannya, terasa aroma semprotan minyak truffle yang khas. Tak lupa, telur mata sapi lembut yang makin membuat kenyang. Mantap!
Truffle Belly
Alamat: Ampera Garden, Jl. Ampera Raya No. 199, Cilandak, Jakarta
Jam buka: Setiap hari, (10.00 - 22.00 WIB)
3. Ceng Li!
Rice bowl Ceng Li!
Rice bowl Ceng Li! Foto: Azalia Amadea/ kumparan
Nah, kalau kamu ingin menjajal cita rasa rice bowl yang tak biasa, kedai Ceng Li! yang ada di Kemang Timur dan Pasar Santa bisa jadi pilihan, nih. Baru dibuka di tahun 2019, kedai Ceng Li! menyuguhkan hidangan berkonsep urban-Chinese cuisine.
Menu-menunya punya perpaduan rasa yang sangat unik. Misalnya, butter cereal chicken yang terdiri dari ayam goreng tepung dengan taburan sereal sebagai topping, dan telur mata sapi. Lalu, ada uncle Chang’s orange chicken yang memadukan saus jeruk dengan ayam goreng tepung nan gurih.
ADVERTISEMENT
Tak kalah menarik, ada juga menu char siu chicken, hidangan ayam panggang yang disajikan bersama saus hoisin khas China. Terdengar menarik, kan?
Ceng Li!
Alamat: Jl. Kemang Timur Raya no. 98, Jakarta Selatan
Jam buka: Setiap hari, (10.30 - 20.30 WIB)
4. Eatlah
Rice bowl Eatlah
Rice bowl Eatlah Foto: Toshiko/ kumparan
Nama Eatlah tentu sudah tak asing lagi buatmu, bukan? Kepopuleran ricebox yang satu ini sempat meledak berkat salted egg chicken ala Singapuranya. Potongan ayam yang cukup tebal, dengan saus salted egg yang gurih dan creamy, dijamin mampu memuaskan lidah dan perutmu yang kelaparan.
Selain menu salted egg, Eatlah juga menyediakan menu lain; seperti brown butter chicken rice, dori sambal rice, hingga camilan seperti keripik saus telur asin.
ADVERTISEMENT
Eatlah
Alamat: Jl. Cipete Raya No. 55H, Fatmawati, Jakarta
Jam bukaa: Setiap hari, (pukul 10.00 - 22.00 WIB
5. Pig Me Up!
Pig Me Up!.
Pig Me Up!. Foto: Toshiko/kumparan
Sesuai dengan namanya, Pig Me Up! menyajikan rice bowl dengan topping daging babi. Menariknya, mereka menggunakan metode Japanese slow cooked style untuk memanggang sajian babinya-- daging babi dipanggang selama 10 jam, baru diiris tipis-tipis.
Pilihan menunya ada dua, yakni; ricebowl atau mi. Sementara, untuk pilihan dagingnya ada cha siu, crispy pork, atau curry cha siu.
Bila ingin coba cha siu dan crispy pork dalam satu sajian, mereka juga menawarkan menu combo. Nah, bila ingin rasanya makin nendang, kamu bisa memesan topping tambahan seperti nori dan sambal matah.
ADVERTISEMENT
Pig Me Up!
Alamat: Gandaria City, Lantai Upper Ground, Jl. Sultan Iskandar Muda, Gandaria, Jakarta Selatan
Jam buka: Setiap hari, (pukul 10.00 - 22.00 WIB)
6. Mangkok Ku
Brisket spicy sauce Mangkok Ku
Brisket spicy sauce Mangkok Ku Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Dikelola oleh chef Arnold dan kedua putra Presiden Joko Widodo; Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep, gerai Mangkok Ku menawarkan hidangan rice bowl dengan cita rasa lokal. Misalnya, mangkok ox-tongue dabu yang terdiri dari irisan tipis lidah sapi dengan topping sambal dabu pedas nan segar.
Bila kurang suka dengan lidah, tenang saja, ada menu-menu lainnya seperti mangkok brisket spicy sauce, mangkok brisket onion sauce with onsen egg, mangkok crispy chicken, mangkok fire fried chicken, serta mangkok omu egg (soft scrambled) sausage mayo.
ADVERTISEMENT
Mangkok Ku
Alamat: Jl. Tanjung Duren Raya No.359c, Jakarta Barat
Jam buka: Setiap hari, (pukul 11.00 - 22.00 WIB)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan