kumparan
search-gray
Food & Travel12 Mei 2020 21:03

Puff Pastry Berusia 25 Tahun Ditemukan di Freezer dan Sang Pemilik Mengolahnya

Konten Redaksi kumparan
Menu di Say Something Coffee
Ilustrasi pastry. Foto: Safira Maharani/ kumparan
Sebagian orang mungkin baru belajar menyetok makanan saat masa pandemi COVID-19, namun ada juga yang memang terbiasa untuk menyimpan makanan dalam jumlah banyak. Biasanya, orang-orang ini cenderung menumpuk makanan mereka di freezer ukuran besar; kadang jadi lupa memakannya.
ADVERTISEMENT
Seharusnya ketika kita menyetok makanan baru, makanan lama harus dinaikkan ke atas sehingga dihabiskan terlebih dahulu sebelum memakan apa yang baru kita beli. Namun, kadang ada juga yang terlewat sehingga ada beberapa makanan yang jadinya enggak kemakan.
Nah, ketika masa pandemi ini, ada sebuah kejadian unik. Seorang laki-laki asal Irlandia membagikan sebuah foto puff pastry siap saji yang ia dapatkan dari freezer ibunya. Tanggal kedaluwarsa puff pastry itu adalah Maret 1995.
Michael Patrick membagikan gambar puff pastry dari freezer-nya lewat akun Twitter. Kicauannya pun ramai dikomentari dan disebarkan netizen. Enggak cuma difoto, mereka benar-benar memasak dan mencoba untuk menyantapnya.
Mereka mengolahnya menjadi pastry apel --dengan puff pastry berusia 25 tahun sebagai dasarnya. Hmmm, menurut ibunya dalam video yang dibagikan, rasanya sih, masih enak.
ADVERTISEMENT
Memang, makanan beku itu tahan lama, tapi kalau usianya 25 tahun, hmmm mungkin hanya Michael dan ibunya yang berani menyantapnya.
Walaupun yang tertera dalam kemasan itu adalah waktu best before, bukan kedaluwarsa; 25 tahun bukanlah umur yang singkat untuk sebuah makanan. Apalagi, biasanya makanan yang mencantumkan tanggal best before adalah makanan segar dan cepat basi; seperti roti, daging, dan susu kemasan.
Perlu diketahui bahwa best before adalah waktu yang menunjukkan kualitas terbaik suatu makanan atau minuman untuk dikonsumsi. Saat produk melewati batas best before atau waktu terbaik dikonsumsi, artinya kualitas makanan atau minuman tersebut telah menurun; tapi tidak basi atau tidak menimbulkan masalah kesehatan.
Sementara itu, tanggal kedaluwarsa (expired) adalah waktu yang menunjukkan batas aman suatu produk untuk dikonsumsi.
ADVERTISEMENT
Jika suatu produk telah melewati waktu kedaluwarsa yang dicantumkan, maka ia sudah tidak layak dan tidak boleh dikonsumsi lagi karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan hingga keracunan.
The Canadian Food Inspection Agency menyebutkan ada beberapa makanan yang wajib mencantumkan tanggal kedaluwarsa pada kemasannya. Produk makanan seperti susu formula, suplemen kesehatan, makanan instan, dan obat-obatan harus mencantumkan harus mencantumkan batas waktu produk untuk dikonsumsi atau digunakan.
Jadi, supaya enggak salah, pastikan kamu menyetok makanan dengan efisien. Salah satunya adalah dengan selalu meletakkan makanan baru di bawah, sehingga yang kamu habiskan pertama adalah yang sudah disimpan lebih lama.
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
***
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white