Ragusa dan Zangrandi Masuk 100 Rekomendasi Toko Es Krim Ikonik di Dunia

25 Juli 2023 18:13 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Es Krim di Ragusa Foto: Ela Nurlaela/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Es Krim di Ragusa Foto: Ela Nurlaela/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Hampir di setiap negara di dunia memang memiliki sajian es krim khas. Ya, es krim bukan hanya berasal dari Italia, lho. Di Indonesia misalnya, ada beberapa toko es krim favorit dan legendaris yang sudah berdiri sejak 90 tahun lalu.
ADVERTISEMENT
Website yang kerap membuat ulasan dan peringkat berdasarkan voting pembacanya, Taste Atlas kali ini meluncurkan daftar "100 Most Iconic Ice Cream" beberapa hari lalu (21/7).
Dalam 100 daftar menu dan nama toko es krim versi pembaca Taste Atlas, ada nama Ragusa dan Zangrandi yang merupakan dua toko es krim legendaris di Indonesia.
Mengutip website resmi Taste Atlas, menuliskan, "Ragusa Es Italia adalah kedai es krim ikonik di Jakarta, didirikan pada tahun 1932 oleh bersaudara (asal) Italia Luigi dan Vicenzo Ragusa, menjadikannya salah satu merek es krim tertua di negara ini."
Es krim spaghetti ala Ragusa disebut sebagai menu ikonik; yang memadukan es krim vanila, cokelat, stroberi, atau durian dalam satu kali sajian "ditekan" menggunakan alat pencetak khusus sehingga menghasilkan bentuk es krim layaknya spaghetti. Es krim ini dilengkapi topping saus cokelat, cacahan kacang, dan manisan bak permen warna-warni.
ADVERTISEMENT
Selain Ragusa, toko es krim Zangrandi asal Surabaya juga masuk dalam daftar ini. Toko es krim ini bahkan sudah berdiri lebih dulu, yaitu pada tahun 1930.
"Zangrandi Ice Cream adalah toko es krim yang mapan dan sangat dihormati, menampilkan arsitektur art deco yang berasal dari zaman kolonial Belanda."
Untuk menu paling ikonik di toko es krim ini adalah varian tutti frutti. Es krim potong dengan paduan rasa buah-buahan, es krim vanila dan stroberi.
Selain Indonesia, Italia menjadi negara dengan varian es krim ikonik terbanyak yang masuk dalam daftar Taste Atlas. Sementara negara kedua terbanyak adalah Amerika Serikat.