kumparan
26 Juli 2018 13:08

Rekomendasi kumparan: 5 Restoran Padang Legendaris untuk Santap Siang

Rumah Makan Padang
Penyajian Masakan Padang Untuk dibawa pulang (Foto: Aditia Noviansyah)
Sajian kuliner khas Padang memang terkenal akan cita rasanya yang menggugah selera. Sebut saja rendang, dendeng, gulai, hingga soto Padang, yang memiliki perpaduan rasa gurih, pedas, dan aroma yang khas menjadi daya tariknya.
ADVERTISEMENT
Ditambah porsinya yang cukup melimpah, sajian khas ibu kota provinsi Sumatera Barat ini sangat cocok disajikan sebagai alternatif menu makan siang yang mengenyangkan. Saking populernya, tak heran tempat makan yang khusus menyajikan menu-menu khas Padang sangat mudah dijumpai.
Tapi bagi kamu yang ingin mencoba sajian Padang bercita rasa asli dan autentik, berikut kumparanFOOD rangkum tujuh rumah makan Padang legendaris yang dapat kamu sambangi di Jakarta. Apa saja?
1. RM Pondok Djaja
Telah berdiri sejak 1969 silam, RM Pondok Djaja merupakan salah satu rumah makan Padang tertua yang ada di Jakarta. Namun tak seperti rumah makan Padang lainnya, bukan rendang atau gulainya yang menjadi primadona, RM Pondok Djaja lebih terkenal dengan sajian ayam gorengnya yang menggugah selera.
ADVERTISEMENT
Menggunakan ayam kampung sebagai bahan utama, ayam goreng RM Pondok Djaja memiliki tekstur sangat renyah bahkan hingga ke tulangnya. Sajian ini semakin sedap karena adanya serundeng gurih dan sambal petai pedas sebagai pelengkapnya.
Selain ayam goreng andalannya, RM Pondok Djaja juga menyediakan menu lain mulai dari gulai, gulai ayam, rendang, dan lauk-pauk khas Padang lainnya.
RM Pondok Djaja
Alamat: Jalan Hasyim Ashari No.13B, Gambir, Jakarta Pusat
Buka: 11.00-16.00 WIB
2. RM Sepakat
RM Sepakat juga termasuk rumah makan Padang tertua yang telah berdiri sejak 1960-an silam. Berlokasi di area Blok M, rumah makan legendaris ini menyediakan aneka lauk nasi Padang yang menggugah selera seperti ayam bakar, gulai, telur dadar, paru goreng, rendang, dan beragam lauk lainnya.
ADVERTISEMENT
Selain itu, saat berkunjung ke RM Sepakat, jangan lupa untuk mencicipi gulai gajebo yang melegenda. Jarang ditemukan di rumah makan khas Padang lainnya, gulai gajebo terbuat dari daging sandung lamur bertekstur kenyal yang dimasak dengan aneka rempah hingga empuk. Di tambah rasanya yang gurih pedas, menu ini sangat cocok disajikan dengan sepiring nasi hangat yang masih mengepul.
RM Sepakat
Alamat: Pasar Blok M, Jalan Melawai IX no.165, Jakarta Selatan
Buka: 08.30-17.30 WIB
3. RM Padang Raya
Bagi kamu yang berdomisili di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, tak ada salahnya untuk menyambangi RM Padang Raya. Telah berdiri sejak 1980-an silam, rasa yang ditawarkan rumah makan Padang ini benar-benar autentik, dengan bumbu yang cukup 'medok' pada setiap masakannya.
ADVERTISEMENT
Di sini, tersedia ragam sajian yang dapat kamu temukan di restoran Padang pada umumnya. Mulai dari rendang, gulai kikil, ayam bakar, udang, dan menu-menu lainnya.
RM Padang Raya
Alamat: Jalan Boulevard Raya Blok WB2 No.17, Kelapa Gading, Kota Jakarta Utara
Buka: 10.00-22.00 WIB
4. RM Surya
Ini dia salah satu restoran legendaris dan termasuk restoran Padang paling populer di Jakarta. Bahkan saking populernya, chef selebriti terkenal asal Amerika, Anthony Bourdain, pun pernah mencicipi kelezatan sajian di rumah makan Padang di daerah Bendungan Hilir ini.
Serupa dengan rumah makan Padang lainnya, ada beragam sajian khas yang dapat kamu cicipi mulai dari rendang, gulai, ayam bakar, kalio, dendeng, hingga telur dadar khas Padang yang lezat. Dengan sajiannya yang lezat dan bumbu melimpah, tak heran rumah makan ini selalu dibanjiri pengunjung setiap harinya.
ADVERTISEMENT
RM Surya
Alamat: Jalan Bendungan Hilir No. 5, Bendungan Hilir, Tanah Abang, Jakarta Pusat
Buka: 07.00-21.00 WIB
5. Sari Bundo
Sari Bundo yang berada di Jakarta Pusat juga dapat kamu sambangi bila ingin mencicipi aneka sajian khas Padang bercita rasa auntentik. Telah berdiri sejak 1967, restoran ini terkenal akan sajian ayam pop nya yang melegenda. Perpaduan cita rasa ayam yang gurih agak manis dengan sambalnya yang pedas segar menambah kelezatan sajian andalan ini.
Selain itu, jangan lupa untuk mencicipi soto Padangnya yang segar. Tak hanya segar, perpaduan gurihnya kaldu dan aneka rempah menghasilkan cita rasa yang semakin menggugah selera. Tak heran, rumah makan legendaris ini kini bahkan telah memiliki cabang yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Sari Bundo
Alamat: Jalan Ir Juanda No. 27, Gambir, Jakarta Pusat
Buka: 08.00-22.00 WIB
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan