kumparan
7 Januari 2018 13:18

Resep Hari Ini: Baked Eggs Benedict Cups

Benedict egg
Benedict egg (Foto: Pixabay)
Telur seringkali disajikan sebagai menu sarapan yang praktis karena tidak membutuhkan waktu lama untuk membuatnya. Biasanya telur hanya disajikan dengan cara diceplok atau didadar.
ADVERTISEMENT
Untuk membuatnya berbeda, tak jarang ada orang yang bekreasi dengan telur. Olahan telur yang ditambahkan daging, sosis, dan aneka sayuran juga sering dibuat oleh mereka yang bosan dengan sajian telur yang itu-itu saja.
Bagi yang ingin membuat sajian telur yang berbeda, yuk buat olahan telur yang praktis seperti egg benedict. Perpaduan antara roti, daging asap, poached egg, dengan saus khas egg benedict, Hollandaise akan membuat kudapan asal Amerika ini mengenyangkan dan kaya gizi.
Nikmatnya sajian egg benedict akan membuat siapapun ketagihan dengan olahan telur yang satu ini. Rasa creamy, gurih, dan sedikit pedas dari merica yang berpadu dalam satu gigitan juga akan membuat nafsu makan di pagi hari bertambah.
ADVERTISEMENT
Langsung saja, ini dia resep Baked Eggs Benedict Cups yang lezat dari Tasty.
Video
Bahan-bahan:
6 butir telur
6 lembar smoked beef
3 butir telur ambil bagian kuningnya saja
3 buah english muffin dibelah dua. Jika tidak ada, dapat diganti dengan 6 buah roti baguette
1/2 sdt cuka
115 gram mentega, dicairkan
4 sdm perasan jeruk lemon
Garam dan merica secukupnya untuk perasa
Cara membuat:
1. Siapkan loyang muffin yang telah diolesi sedikit mentega. Masukkan satu lembar smoked beef dan telur pada tiap cetakan muffin lalu panggang selama 8-10 menit dengan suhu 175˚C.
Untuk hasil telur yang lembut dan tidak gosong, tutup cetakan muffin dengan alumunium foil sehingga uap dan panas tidak akan keluar.
ADVERTISEMENT
2. Untuk membuat saus Hollandaise yang lezat, campur kuning telur dengan cuka kemudian masak dengan teknik au bain marie di atas air mendidih sambil diaduk-aduk. Tambahkan mentega cair sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga mengental.
Cara memasak dengan teknik ini akan membuat telur tidak cepat matang dan menghasilkan tekstur telur yang kental seperti mayonnaise.
3. Angkat adonan telur yang telah mengental, tambahkan perasan air jeruk lemon, garam, dan merica untuk menambahkan rasa agar saus tidak hambar.
4. Susun telur panggang yang telah matang di atas English muffin atau roti baguette kemudian siram dengan saus Hollandaise yang kental. Agar lebih menggugah selera, roti baguette dapat dipanggang sebentar dengan menggunakan sedikit mentega untuk menambahkan rasa gurih dan tekstur renyah pada kudapan egg benedict.
ADVERTISEMENT
5. Sajikan sebagai menu sarapan praktis dan sehat.
Selamat mencoba!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan