kumparan
3 Januari 2018 16:24

Resep Hari Ini: Homemade Japanese Takoyaki

 Homemade Japanese Takoyaki
Homemade Japanese Takoyaki (Foto: Pixabay)
Takoyaki merupakan salah satu makanan khas Jepang yang memiliki banyak penggemar. Terdiri dari adonan tepung, telur, dan dashi atau kaldu Jepang yang diisi potongan tako atau gurita rebus. Kudapan ini semakin menggugah selera karena adanya tambahan saus khas Jepang dan katsuobushi atau ikan cakalang kering yang diserut tipis.
ADVERTISEMENT
Di Jepang sendiri, gerai atau food truck yang menjajakan takoyaki dapat dengan mudah ditemukan di pinggir-pinggir jalan. Takoyaki ini menjadi jajanan favorit pelajar dan anak muda di Jepang, karena harganya yang relatif murah, namun mengenyangkan serta bercitarasa lezat.
Tidak hanya warga Jepang, wisatawan mancanegara pun sangat menyukai kudapan yang terbuat dari campuran tepung dan takoyaki, dengan tambahan mayones melimpah ini. Kepopuleran kudapan asal Osaka, Jepang, ini bahkan juga merambah Indonesia. Dibuktikan dengan menjamurnya gerai takoyaki yang banyak ditemukan di berbagai pusat perbelanjaan di kota-kota besar Indonesia.
Sedikit berbeda dengan takoyaki Jepang, takoyaki yang dijajakan di Indonesia mengalami sedikit modifikasi, baik dari segi bahan dan penyajian, agar lebih ramah di lidah orang Indonesia serta dapat dikonsumsi oleh berbagai kalangan.
ADVERTISEMENT
Daripada harus mengantri lama hanya untuk mendapatkan satu porsi takoyaki. Yuk, buat homemade takoyaki yang tidak kalah lezat dan pastinya lebih terjamin kebersihannya. Bahan-bahannya juga mudah didapatkan di pusat perbelanjaan modern yang ada di berbagai kota.
Ini dia resep Homemade Japanese Takoyaki yang dilansir kokiku.tv :
Bahan adonan Takoyaki :
100 gram tepung terigu
150 gram gurita yang telah direbus dan dipotong dadu
340 ml air dingin
1 butir telur ayam
1 sdt kaldu dashi
1 sdm kecap asin
Garam secukupnya
1 batang daun bawang, diiris tipis
Katsuobushi secukupnya untuk taburan
Bahan saus :
14 sdm saus tomat
2 sdm kecap inggris
1 sdt kecap asin
ADVERTISEMENT
2 sdt gula
Mayonaise
Cara membuat :
1. Untuk membuat adonan takoyaki, campur tepung terigu, telur, kaldu dashi, kecap asin, garam, serta air, kemudian aduk-aduk hingga semua adonan tercampur rata. Usahakan tidak ada adonan yang menggumpal, karena akan membuat citarasa takoyaki berkurang.
2. Tuang setengah adonan ke dalam wajan takoyaki atau poffertjes pan yang telah diolesi dengan sedikit minyak.
3. Tambahkan potongan gurita dan daun bawang di atas adonan. Tutup lagi dengan sisa adonan takoyaki.
4. Agar dapat dibentuk bulat sempurna, tunggu sampai adonan agak matang namun masih basah, kemudian rapikan menggunakan dua buah tusuk sate.
5. Bolak-balik sampai adonan berbentuk seperti bola pingpong. Agar tidak cepat gosong, gunakan api kecil untuk memanggang adonan.
ADVERTISEMENT
6. Untuk saus, masak semua adonan kecuali mayonaise menggunakan api kecil. Aduk-aduk hingga campuran saus mendidih.
6. Sajikan takoyaki dengan olesan saus dan mayonaise. Taburkan katsuobushi diatas takoyaki. Agar semakin nikmat, takoyaki bisa ditambahkan dengan taburan rumput laut sehingga rasanya akan semakin gurih.
Selamat mencoba!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan