kumparan
19 Februari 2019 8:04

Resep Masakan: Sayur Gulai Pakis ala Rumah Makan Padang

(COVER) Gulai pakis
Gulai pakis. Foto: Instagram @cheche_kitchen & @bundadeasy
Resep masakan khas Padang menjadi salah satu yang paling diburu. Bagaimana tidak? Masakah khas Minang memiliki cita rasa rempah yang kuat, bumbu yang kental, gurih, dan pedas. Tak heran, jika rumah makan Padang menjamur di mana-mana. Bahkan tak sedikit juga yang mencoba untuk menyajikan masakan-masakan ala rumah makan Padang di rumah.
ADVERTISEMENT
Bukan hanya rendang, menu Padang lainnya seperti telur dadar, aneka balado, hingga aneka gulai sering juga disajikan sebagai santapan di rumah. Apalagi bagi mereka pecinta masakan Padang, jika disuguhkan makanan kesukaan pasti akan menyantapnya dengan lahap.
Nah, selain beberapa menu yang populer tadi, rumah makan Padang biasanya juga menyediakan sate, soto atau ketupat sayur. Uniknya, hanya ketupat sayur Padang yang menggunakan sayur gulai pakis atau yang juga dikenal dengan gulai paku.
Kalau berbicara soal gulai pakis ini sudah menjadi ciri khasnya ketupat sayur ala Padang. Sayurnya yang renyah, bertekstur kesat, dengan campuran kuah gulai kaya rempah nan gurih memang bisa membuat sajian ketupat sayur menjadi semakin nikmat.
ADVERTISEMENT
Penasaran dengan resep masakan gulai pakis ala rumah makan Padang? Yuk, simak resepnya dan praktikan di rumah, ya.
Bahan-bahan:
-1 atau 2 ikat daun pakis yang banyak daun dan masih muda
- 1/4 santan cair
-3 sampai 5 lembar daun jeruk purut
-1 lembar daun kunyit
-1 batang serai, digeprek
-2 buah asam kandis
-garam, gula, dan merica sesuai selera
Bumbu halus:
-4 buah bawang merah
-3 siung bawang putih
-10 buah cabai rawit
-1 cm kunyit
-2 cm lengkuas
-2 cm jahe
Cara membuat gulai pakis:
  1. Bersihkan daun pakis. Potong-potong pakis 4 cm, cuci bersih, dan sisihkan.
  2. Campur santan, bersama bumbu halus, daun jeruk, serai, dan daun kunyit hingga mendidih dan harum. Sesekali aduk perlahan agar santan tidak pecah.
  3. Masukkan daun pakis, asam kandis, garam, sedikit gula, dan merica. Masak dengan api sedang hingga pakis lunak dan matang. Angkat, sajikan selagi hangat.
ADVERTISEMENT
Agar semakin nikmat kamu bisa menyajikannya bersama potongan ketupat atau nasi, sebutir telur balado, dan taburan bawang goreng. Selamat mencoba resep masakan gulai pakis ala rumah makan Padang ini!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan