kumparan
23 Maret 2019 9:01

Review Makanan: Menjajal Kuliner Khas Serambi Mekkah di Jambo Kupi

Mi Aceh Jambo Kupi
Mi Aceh Jambo Kupi Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Keindahan wisata Aceh memang sudah tak perlu diragukan lagi. Selain itu, kulinernya yang khas bercita rasa rempah juga tak kalah menarik untuk diulik. Maka tak heran, jika akhirnya banyak warung makan yang menjual makanan khas kota yang dijuluki Serambi Mekkah itu.
ADVERTISEMENT
Saat berada di Jalan Kemang Raya, kumparan juga sempat mampir ke salah satu restoran Aceh yang terkenal di Jakarta yakni Jambo Kupi. Tempat makan ini memang sudah cukup lama dikenal, bahkan beberapa cabangnya selalu tampak ramai.
Terlihat lebih modern
Jambo Kupi Kemang
Jambo Kupi Kemang Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Cabang barunya yang berlokasi di Kemang itu juga terlihat ramai. Sekilas, restoran yang baru buka pada akhir tahun lalu itu tampak lebih besar dan modern, jika dibandingkan dengan cabang Jambo Kupi lainnya. Terdiri dari dua lantai, gedung kaca tersebut tampak kokoh dengan tembok bernuansa batu bata dan pilar besi hitam.
Dilengkapi pintu kaca, ruangan restoran Jambo Kupi terasa luas, dan nyaman. Sempat berkeliling sambil memilih tempat duduk yang nyaman, kami melihat beberapa jajaran piring bertanda tangankan tokoh hingga artis Indonesia yang pernah berkunjung ke sini. Rupanya, bukan hanya digemari masyarakat biasa, sejumlah artis; seperti Iis Dahlia, Ibnu Jamil, Ricky Harun, Jane Shalimar, dan masih banyak lagi pernah mampir ke sini.
Jambo Kupi Kemang
Jambo Kupi Kemang Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Setelah memilih tempat duduk, kami pun langsung memesan makanan. Menunya cukup beragam; mulai dari makanan pembuka, utama hingga kudapan khas Aceh dihadirkan oleh Jambo Kupi ke Jakarta. Seperti apa review dari kami? Berikut ulasannya untuk kamu para pecinta makanan khas Aceh.
ADVERTISEMENT
Hampir semua makanan khas Aceh tersedia di sini
Martabak di Jambo Kupi
Martabak di Jambo Kupi Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Saat hendak memesan makanan, kami disuguhkan sepiring kudapan tradisional yang salah satunya adalah timpan. Ya, kue tradisional khas Aceh ini cukup langka dan sulit ditemui. Nah, bagi kamu yang suka dan kesulitan mencarinya, Jambo Kupi menyediakannya dengan harga Rp 6.000 per buahnya.
Timpannya memiliki tekstur kenyal, dengan cita rasa manis dan sedikit berminyak. Kue ini bisa dimakan sebagai makanan pembuka maupun penutup untuk pencuci mulut. Selain timpan terdapat juga kue lainnya; seperti pulut panggang, pastel, ketan kuning, dan lain-lain.
Setelah menikmati timpan sebagai makanan pembukanya, kami lanjut menyantap martabak daging yang dihargai Rp 35 ribu. Martabaknya memiliki rasa asin, dan gurih dengan lapisan telur yang tebal ditambah irisan daging sapi yang cukup besar. Di dalamnya pun terdapat irisan cabai merah sehingga ketika digigit menambah sensasi pedas di mulut. Dimakannya pun bersama acar bawang merah serta rawit hijau agar terasa segar.
Mi Aceh Jambo Kupi
Mi Aceh Jambo Kupi Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Selanjutnya, kami tak mau ketinggalan untuk menikmat mie aceh special-nya (Rp 50 ribu). Seporsi mi tumis yang kami pilih tampak meriah dengan warna kuah kemerahan nan kental yang terasa kuat rempahnya. Pedas, asin, dan gurih bercampur jadi satu.
ADVERTISEMENT
Mi aceh ini pun jadi lebih nikmat dengan irisan daging sapi dan udang. Sama dengan martabaknya, menyantap mi aceh ini juga didampingi acar bawang merah, rawit hijau, potongan timun segar, dan emping.
Roti canai di Jambo Kupi
Roti canai di Jambo Kupi Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Sebagai makanan penutupnya, kami memesan roti canai cokelat keju susu yang dibanderol Rp 37 ribu. Roti canainya dimasak dengan mentega terlebih dahulu sehingga terasa garing namun lembut di bagian dalamnya. Untuk taburan cokelat meises, parutan keju, serta lumuran kental manisnya memperkaya rasa dari canai yang sedikit hambar.
Nah, bagi kamu para pecinta makanan khas Aceh tak ada salahnya untuk berkunjung ke Jambo Kupi cabang Kemang ini. Selain makanannya yang lezat, tempatnya juga masih baru sehingga lebih nyaman untuk berlama-lama.
ADVERTISEMENT
Jambo Kupi
Alamat: Jl. Kemang Raya No. 130, Kemang, Jakarta Selatan.
Jam buka: 08.30 - 24.00 WIB.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan