kumparan
26 September 2018 11:08

Sedang Dikunjungi Rachel Vennya, Ini 5 Kuliner Tradisional Khas Kenya

Ilustrasi Kuliner Tradisional Khas Kenya
Ilustrasi kuliner tradisional khas Kenya (Foto: Dok. Instagram @verda.stepa_ & @tamutamufood)
Selebgram ternama, Rachel Vennya, sedang melancong ke sebuah negara yang terletak di kawasan Afrika Timur, Kenya. Bersama dengan suami dan anak pertamanya, Xabiru Oshe Al Hakim, liburannya pun dijadikan momen perayaan ulang tahun yang ke-23.
ADVERTISEMENT
Melalui unggahan di akun Instagram pribadinya, Rachel terlihat sangat menikmati liburan bersama keluarga kecilnya itu. Ia juga mengunjungi sebuah padang savanna di Samburu Country dan menginap di sebuah resort mewah bernama Saruni Lodges. Bahkan, di kamar tempat menginapnya, ia bisa melihat padang rumput, bebatuan gersang, dan hewan-hewan khas Afrika yang sedang berlalu-lalang.
Tak hanya terkenal dengan pemandangan indah dan kehidupan satwa liar khas Afrika, ternyata Kenya juga terkenal dengan beberapa kulinernya. Dikutip dari Delishably, kuliner tradisional khas Kenya sangat beragam dan merupakan campuran dari beragam etnis dan tradisi. Ingin tahu kuliner tradisional khas Kenya? Yuk, simak informasinya berikut ini:
1. Ugali
Loading Instagram...
Kuliner pertama yang wajib kamu coba saat mengunjungi Kenya adalah Ugali. Ugali merupakan makanan pokok Kenya yang terbuat dari tepung jagung, yang dimasak dengan air hingga mencapai kondisi seperti adonan tepung atau bubur. Biasanya, ugali dimakan dengan tangan dengan dicelupkan ke dalam saus dan disantap bersama dengan sayuran atau daging.
ADVERTISEMENT
Di Amerika Serikat, hidangan ini mirip dengan polenta atau bubur jagung.
2. Githeri
Loading Instagram...
Sebelum menjadi kuliner khas Kenya, hidangan ini awalnya dimakan oleh Suku Kikuyu (suku terbesar di Kenya). Terdiri dari jagung dan kacangan-kacangan yang direbus bersama, hidangan ini biasanya dimakan polos atau dengan bawang, tomat, dan bumbu lain. Hidangan ini juga mudah dibuat dan menjadi salah satu makanan pokok Kenya.
3. Nyama Choma
Loading Instagram...
Dalam bahasa Kenya, Nyama Choma berarti daging panggang dan menjadi salah satu hidangan yang paling favorit di Kenya. Biasanya, hidangan ini disajikan dengan salad kachumbari dan ugali, serta disantap menggunakan tangan.
4. Kachumbari
Loading Instagram...
Kachumbari ini adalah salah satu hidangan unik dari Kenya. Memiliki nama lain salad Afrika, hidangan ini terdiri dari potongan bawang, cabai, tomat segar, dan beberapa sayuran lain seperti kubis.
ADVERTISEMENT
Orang Kenya biasanya menyantap hidangan ini sebagai hiasan, dan sebagai pendamping dari hidangan lain seperti Nyama Choma.
5. Mandazi
Loading Instagram...
Terakhir adalah Mandazi. Mandazi adalah donat Afrika yang memiliki bentuk persegi, seperti kue bantal. Hidangan penutup ini juga memiliki rasa yang tidak terlalu manis, dan biasanya dibuat dengan campuran santan. Dalam membuat hidangan ini, biasanya orang-orang Kenya mempersiapkan semalam sebelumnya, lalu adonan digoreng dan disajikan bersama dengan saus dan tambahan buah.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan