Food & Travel
·
9 Februari 2020 16:31

Sejarah Pizza yang Diklaim Berasal dari Italia

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Sejarah Pizza yang Diklaim Berasal dari Italia (6716)
Prawn Pizza. Foto: Toshiko/kumparan
Sebuah pizza bisa jadi sangat unik, tentu saja karena pilihan topping-nya. Meski makanan ini sangat mudah jadi favorit banyak orang, perihal pilihan topping belum tentu. Misalnya saja soal penggunaan nanas, belum tentu semua menyukainya. Begitu pula dengan penggunaan paprika.
ADVERTISEMENT
Namun, topping yang mampu mengikuti selera pemakannya bikin makanan khas Italia ini bisa beradaptasi dengan banyak selera.
Sebenarnya, Italia hanya jadi yang pertama mengukuhkan pizza sebagai makanan khas mereka. Padahal, pizza juga ada yang berasal dari Amerika. Bahkan, bangsa Yunani sampai Mesir pun punya pizza-nya masing-masing.
Namun, walau belum ada ketuk palu soal sejarah pizza, makanan ini dulunya merupakan makanan rakyat. Bahan-bahannya saja sangat murah. Cuma di kita (di Indonesia) saja harganya jadi menguras dompet.

Mengapa pizza jadi identik dengan Italia?

Sejarah Pizza yang Diklaim Berasal dari Italia (6717)
Menu pizza di Alfredo's Foto: Dok. Princess Cruises
Dikutip Altohartley, pizza diduga berasal dari sebuah restoran pizza pertama di Kota Naples, Italia; tepatnya tahun 1738. Nama restoran tersebut adalah Antica Pizzeria Port’Alba.
Saat itu, Naples merupakan kota wisata sering dikunjungi turis asing. Akhirnya, penyebaran pizza pun jadi lebih mudah. Mereka yang pulang ke negaranya, membawa cerita soal nikmatnya pizza. Namun, saat itu, pizza dibuat sederhana, tanpa topping.
ADVERTISEMENT
Di tahun 1889, seorang juru masak dan pemilik resto di Naples, Raffaele Esposito membuat pizza modern. Bapak Pizza Modern ini membuat pizza dengan topping di atasnya; seperti saus tomat, mozarella, dan daun basil. Paduan ketiga warna ini terlihat seperti bendera Italia.
Esposito lalu memberikan pizza kreasinya pada Margherita of Savoy, Ratu Italia saat itu. Lalu, pizza itu diberi nama Pizza Margherita.

Masuknya pizza ke Indonesia

Sejarah Pizza yang Diklaim Berasal dari Italia (6718)
menu di Pizza Hut Foto: Kartika Pamujiningtyas/kumparan
Masyarakat Indonesia pertama kali menjajal sensasi makan pizza enak dari Pizza Hut. Restoran ini memang jadi salah satu gerai pertama yang khusus menyajikan menu pizza di Tanah Air.
Dibangun pertama kali di Gedung Djakarta Theatre, gerai asal Amerika ini buka pertama di tahun 1984. Menariknya, ada satu menu lawas Pizza Hut yang hingga kini masih jadi idola, lho. Dikenal dengan nama pan pizza, menu ini merupakan menu pizza pertama di Pizza Hut Indonesia.
ADVERTISEMENT
"Pan pizza itu adalah pizza yang pertama kali dikenalkan. Setelah pan pizza, berkembang ada thin crust, sampai yang sekarang black pizza. Tapi basic-nya Pizza Hut itu adalah pan pizza," ujar General Manager Pizza Hut Indonesia, Jeo Sasanto, saat ditemui di Pizza Hut Menara Cakrawala, Jakarta Pusat .
Pizza Hut membawa pizza khas Amerika, bukan Italia. Menu pertama mereka merupakan menu andalan Pizza Hut Amerika. Sesuai namanya, pizza ini juga disajikan dalam keadaan panas langsung dengan pan atau wajan pemanggangnya.
Isiannya pun tak 'semeriah' topping pizza masa kini. Dalam satu loyang pizza, topping yang digunakan terbilang klasik dan sederhana, yakni hanya berupa potongan sosis sapi dan ayam, smoked beef, dan lelehan keju lumer di atasnya.
ADVERTISEMENT
Baca dulu soal beda pizza Amerika dan Italia di bawah ini ya:
Ya, pizza Amerika ini memang lumayan berbeda dengan pizza khas Italia. Bentuknya lebih tebal, dimakannya pun pakai garpu dan pisau. Sementara itu, pizza khas Italia lebih tipis, dan dimakannya mending pakai tangan.
Nah, jadi bingung kan? Sebenarnya dari mana sih pizza ini?
Terlepas dari belum ada yang mematenkan pizza itu sebenarnya dari mana, kelekatan hidangan ini dengan Italia memang begitu kuat. Tak heran kalau Italia akhirnya dikenal sebagai Negeri Pizza.
Namun, tak hanya memuaskan lidah orang Italia. Pizza kini jadi teman dekat penyuka makan di seluruh dunia. Di Indonesia saja sudah banyak kreasi pizza unik yang kami coba; mulai dari pizza rendang hingga sate ayam. Saking banyak penyuka pizza, ada lho, Hari Pizza Sedunia; tepatnya setiap 9 Februari.
ADVERTISEMENT
Jadi, sudah makan pizza hari ini?