Food & Travel
·
19 Januari 2017 19:25

Sejarah Unik Tentang Burger, Tidak Ada yang Tahu Siapa Penemunya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Sejarah Unik Tentang Burger, Tidak Ada yang Tahu Siapa Penemunya (284718)
Burger, makanan lezat kesukaan semua orang. (Foto: abwaba.com)
Roti yang lembut dengan pinggiran yang renyah,  daging sapi yang empuk dan kaya rasa, disajikan bersama selada dan tomat yang segar dan manis. Hmmm... Membayangkannya saja sudah membuat kamu menitikkan air liur.
ADVERTISEMENT
Roti bundar yang merupakan makanan khas Amerika ini memang tak pernah gagal memuaskan isi perut yang menjerit kelaparan. Meski makanan tradisional Indonesia tak kalah lezat, namun burger memiliki pesona tersendiri yang tak bisa dilewatkan begitu saja.
Di balik kenikmatan dan berbagai variasi burger yang dengan mudah bisa kita jumpai di mana saja saat ini, ternyata burger menyimpan sejarah cukup panjang yang masih menyisakan tanda tanya hingga saat ini: Siapa penemu burger yang sebenarnya?
Ada banyak versi yang berseliweran mengenai hal yang satu ini. Banyak yang mengatakan bahwa burger ditemukan pertama kali di kota Hamburg, Jerman, yang menjadi asal nama Hamburger yang kita kenal saat ini.
Sejarah Unik Tentang Burger, Tidak Ada yang Tahu Siapa Penemunya (284719)
Burger Popcorn karya Nolita Cantina. (Foto: Instagram/@fatsmeupannie)
Sekelompok imigran asal Jerman tiba di Amerika pada abad ke-19 dan membuka restoran di kota besar seperti Chicago dan New York. Pada awalnya, diketahui menu awal bernama Hamburg Steak. Hamburg Steak disajikan dengan bawang bombai dan mentega. Makanan ini disukai oleh semua pengunjung yang mencicipi.
ADVERTISEMENT
Seiring waktu berjalan, muncul sebuah perubahan pada menu yang satu ini. Daging sapi tersebut disajikan dengan dua potong roti seperti yang kita kenal saat ini. Louis Lassen disebut-sebut sebagai penemu ide diletakkannya daging hamburg di antara dua potong roti pada 1900.
Hamburger menjadi amat terkenal dan disukai oleh semua orang. Hal ini sedikit banyak dipengaruhi oleh pekerja pabrik yang menginginkan makanan praktis yang bisa dipesan cepat lewat jendela dan dimakan sambil berjalan. Kepraktisan tampilan hamburger menjawab kebutuhan banyak orang yang sibuk dan serba tergesa-gesa pada saat itu.
Namun ada juga yang mengatakan bahwa yang memulai tren hamburger adalah Charlie Nagreen pada 1895. Charlie diketahui berjualan bakso di daerah Seymour, Wisconsin. Namun karena tak terlalu laku, ia memutuskan untuk membuat perubahan pada bakso dengan menjadikannya lebih pipih, dan meletakkannya pada dua potong roti.
ADVERTISEMENT
Sejarah Unik Tentang Burger, Tidak Ada yang Tahu Siapa Penemunya (284720)
Tim kumparan mencoba burger. (Foto: Resnu Dwi Andika/kumparan)
Kisah lain menuturkan bahwa burger ditemukan oleh Charles dan Frank Menches di New York. Dijelaskan bahwa pada awalnya mereka berjualan sosis. Pada suatu hari mereka kehabisan stok, sehingga memaksa mereka untuk menggunakan daging sapi yang dihancurkan. Saat itu, jenis ini dikenal dengan nama declassé.
Sejarah hanya berhasil mencatat sebatas ini saja. Hingga kini, tak diketahui pasti siapa orang yang pertama kali meletakkan daging Hamburg pada dua potong roti. Namun siapapun orangnya, dia adalah orang yang jenius dan amat berjasa bagi dunia kuliner.
Menurut kamu, siapakah penemu burger yang sebenarnya? Apakah Louis Lassen, Charlie Nagreen, atau Menches bersaudara?