kumparan
13 Desember 2018 11:21

Selain Diminum, Coca-Cola Juga Bisa untuk Masak Hingga Bersihkan Karat

coca cola
coca cola (Foto: dok.pixabay.com)
Siapa yang tak tergiur dengan kesegaran Coca-Cola? Ya, jenama minuman bersoda ini memang memiliki banyak penggemar yang bahkan tersebar ke seluruh dunia. Rasanya yang segar, manis ditambah sensasi sengatan sodanya membuat mata jadi melek. Tak heran jika minuman ini kerap dikonsumsi saat kumpul bersama teman ataupun nonton seru bareng keluarga.
ADVERTISEMENT
Ternyata selain diminum, Coca-Cola juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain, lho. Misalnya saja untuk marinasi suatu bahan masakan yang memunculkan rasa baru sehingga hidangan yang dimasak terasa lebih nikmat. Penasaran? Yuk, simak fungsi unik lain dari Coca-Cola berikut ini seperti dilansir Insider.
1. Marinasi daging steak
Memanggang steak.
Memanggang steak. (Foto: Thinkstock)
Jika biasanya Coca-cola disajikan sebagai minuman peneman saat acara barbecue, kamu juga bisa memanfaatkan stok minuman soda tersebut untuk marinasi daging steak yang akan dimasak. Keasaman dan rasa soda yang terkandung di dalam minuman asal Amerika Serikat tersebut dapat berfungsi sebagai pelunak daging, lho.
Caranya cukup rendam daging dengan Coca-Cola beberapa menit lalu buang airnya. Kemudian bubuhi garam, merica dan minyak zaitun sebagai penambah cita rasa, diamkan beberapa menit. Selanjutnya, kamu bisa langsung memanggang daging steak dengan tingkat kematangan sesuai selera.
ADVERTISEMENT
2. Menghilangkan lemak di peralatan masak
Ilustrasi lemak di alat masak
Ilustrasi lemak di alat masak (Foto: dok.pixabay.com)
Menghilangkan lemak pada peralatan masak memang terkadang sulit. Minyak-minyak yang menempel membuat kita perlu mencuci berkali-kali hingga peralatan masak tidak lagi licin dan lengket. Namun, tak perlu khawatir karena Coca-Cola dapat dengan mudah menghilangkan lemak membandel.
Caranya, cukup siram peralatan masak dengan Coca-Cola dan diamkan selama 30 menit. Perlahan lemak-lemak yang menempel akan hilang dan peralatan masakmu bisa kembali bersih. Tapi jangan lupa untuk mencucinya kembali dengan sabun, ya agar semakin bersih dan wangi.
3. Menghilangkan karat pada peralatan masak
Ilustrasi peralatan masak karatan
Ilustrasi peralatan masak karatan (Foto: dok.pixabay.com)
Selain menghilangkan lemak yang menempel, Coca-cola juga bisa membersihkan karat, lho. Alat masak yang sudah jarang dipakai biasanya akan timbul karat. Nah, jika sudah seperti ini peralatan tersebut akan dibuang begitu saja. Eits tunggu dulu, jangan dibuang, karena peralatan masak seperti panci, wajan, atau pisau yang karatan bisa kembali kinclong, kok.
ADVERTISEMENT
Caranya cukup tuangkan satu kaleng Coca-Cola atau seperlunya ke dalam mangkuk atau wadah baskom. Celupkan barang yang berkarat ke dalam wadah dan diamkan beberapa menit. Soda pada Coca-Cola akan meluruhkan karat pada peralatan masakmu sehingga tampak bersih kembali.
4. Sajian ayam Coca-Cola
Ilustrasi sajian ayam cola
Ilustrasi sajian ayam cola. (Foto: Instagram/@sosmedcafe)
Sajian satu ini bisa dibilang makanan nostalgia, soalnya zaman dahulu makanan ini cukup populer karena keunikan citarasanya. Rasa dari ayam Coca-Cola ini sendiri mirip dengan sajian ayam mentega yakni didominasi rasa manis dan gurih.
Untuk membuat sajian ini juga tidak sulit, kok. Kamu hanya perlu memarinasi ayam dengan cacahan bawang putih, garam, merica dan segelas Coca-Cola selama beberapa menit. Lalu, memasaknya bersama tumisan bumbu (bawang merah, bawang putih, cabai, daun salam dan jahe) dan tuangkan kembali sisa Coca-Cola untuk sausnya.
ADVERTISEMENT
5. Coca-Cola cake
Ilustrasi kue cokelat
Ilustrasi kue cokelat (Foto: Thinkstock)
Selain daging dan ayam, Coca-Cola juga bisa kamu gunakan sebagai campuran dalam kue, lho. Mengutip Emlii, campuran minuman berwarna kehitaman ini bisa membuat sajian chocolate cake buatanmu terasa lembut, empuk dan tentunya nikmat.
Dari sejumlah penggunaan Coca-Cola di atas, mana yang pernah kamu coba?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan