Food & Travel
·
2 Juni 2019 20:27

Selain Rendang, Ini Olahan Daging Sapi untuk Sajian Idul Fitri

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Selain Rendang, Ini Olahan Daging Sapi untuk Sajian Idul Fitri  (13480)
Ilustrasi rendang Foto: dok.flickr/kalaimanickam
Ada beberapa makanan yang kerap disajikan saat Idul Fitri, salah satunya rendang. Olahan daging sapi khas Minangkabau ini jadi hidangan paling populer di berbagai daerah.
ADVERTISEMENT
Cita rasa rendang yang kaya rempah memang cocok disajikan bersama ketupat dan opor ayam. Selain rendang, ada beberapa olahan daging sapi khas Nusantara yang punya cita rasa tak kalah menggoda.
Rasa rempah yang kuat khas sajian Indonesia sangat pas disantap bersama hidangan Idul Fitri lainnya. Berikut pilihan menu serba daging sapi yang bisa kamu coba:
1. Semur daging
Selain Rendang, Ini Olahan Daging Sapi untuk Sajian Idul Fitri  (13481)
Ilustrasi semur daging sapi Foto: Instagram @sukmawati_rs dan @ocha_chupid
Semur daging merupakan salah satu sajian yang populer di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Rasa legit dari gula merah dan rempah-rempah yang kuat jadi ciri khas olahan daging sapi ini.
Tak hanya menggunakan daging sapi, semur daging sering dikombinasikan dengan bahan lain. Seperti kentang, telur, atau tahu. Proses masak semur daging juga lebih cepat sehingga cocok untuk kamu yang tak punya banyak waktu menyiapkan sajian lebaran.
ADVERTISEMENT
2. Sup Iga
Selain Rendang, Ini Olahan Daging Sapi untuk Sajian Idul Fitri  (13482)
Sop iga Foto: Shutterstock
Sup iga sapi bisa jadi pilihan bila ingin menyajikan sajian yang segar saat momen Idul Fitri. Sajian ini punya rasa segar dan gurih yang kuat dari perpaduan rempah dan kuah kaldu sapinya. Daging iga yang empuk juga menambah kelezatan sup iga.
Selain itu, sup iga yang hangat diyakini bisa menjaga kebugaran tubuh. Jadi cocok untuk penyegar badan setelah seharian bersilahturahmi dengan keluarga dan kerabat.
3. Krengsengan daging
Selain Rendang, Ini Olahan Daging Sapi untuk Sajian Idul Fitri  (13483)
Ilustrasi krengsengan daging. Foto: Retno Wulandhari Handini/kumparan
Krengsengan sapi merupakan hidangan yang mudah dijumpai di Jawa Timur dan sebagian wilayah Jawa Tengah. Ciri khas krengsengan sapi terletak pada penambahan petis sebagai bumbu utaanya.
Tambahan petis menghasilkan cita rasa yang kaya, yaitu perpaduan rasa manis, gurih, dan sedikit pedas. Proses masa krengsengan sapi juga terbilang cepat, sehingga bisa dilakukan di sela-sela kesibukan mempersiapkan keperluan Idul Fitri.
ADVERTISEMENT
4. Dendeng balado
Selain Rendang, Ini Olahan Daging Sapi untuk Sajian Idul Fitri  (13484)
Dendeng Ragi Foto: Joseph Pradipta/kumparan
Dendeng balado bisa jadi pilihan untuk kamu yang suka hidangan bercita rasa pedas. Masakan khas Sumatera Barat ini terbuat dari irisan tipis daging sapi berbumbu yang digoreng hingga kering.
Setelah itu siram irisan daging dengan bumbu balado yang terdiri dari cabai merah, bawang, dan tomat giling. Gurih dan pedasnya dendeng balado sangat cocok disantap dengan nasi putih hangat.
5. Empal gentong
Selain Rendang, Ini Olahan Daging Sapi untuk Sajian Idul Fitri  (13485)
Ilustrasi Empal Gentong Foto: Instagram @berrykitchen
Empal gentong merupakan olahan daging berkuah dari Cirebon yang cocok untuk sajian Idul Fitri. Sekilas empal gentong punya tampilan mirip gulai, lengkap dengan kuahnya yang kuning kental.
Daging yang lembut karena dimasak dalam waktu lama, ditambah kuahnya yang gurih membuat cita rasa empal gentong semakin menggugah. Selain menggunakan daging, empal gentong juga menggunakan jeroan sapi sebagai bahan utamanya.
ADVERTISEMENT
6. Tongseng
Selain Rendang, Ini Olahan Daging Sapi untuk Sajian Idul Fitri  (13486)
Tongseng di Sate Kambing Sor Talok Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Tongseng tak hanya bisa dibuat dengan daging kambing. Tapi daging sapi pun bisa diolah jadi tongseng yang tak kalah lezatnya. Aromanya juga lebih lembut dibandingkan tongseng berbahan utama daging kambing.
Tak jauh berbeda dari tongseng daging kambing, tongseng sapi terbuat dari irisan daging yang dimasak dengan tumisan bumbu, santan, dan tambahan kecap. Perpaduan rasa manis dan sedikit pedas dari tongseng cocok disantap dengan nasi putih yang masih mengepul.
7. Bakso
Selain Rendang, Ini Olahan Daging Sapi untuk Sajian Idul Fitri  (13487)
Bakso Telur Rusuk-Bakso Rusuk Samanhudi Foto: Mela Nurhidayati/kumparan
Bosan dengan menu serba santan saat lebaran? Bakso bisa jadi menu alternatifnya. Bakso memang bisa disantap dalam berbagai kesempatan, tak terkecuali saat kumpul keluarga.
Kuah hangatnya Hangatnya kuah bakso juga bisa menyegarkan badan yang lelah. Selain itu, ternyata sajian segar ini juga cocok disantap bersama potongan ketupat. Sedap!
ADVERTISEMENT