kumparan
6 Juli 2019 11:45

Semua Serba-Boba

KONTEN SPESIAL, Minuman Kekinian Boba, Boba, COVER STORY
Ilustrasi Varian Boba Drink. Foto: Getty Images
Kamu sering liat minuman bubble atau boba di instagram? Ya, minuman berisikan mutiara tapioka hitam ini sedang mencuri perhatian. Bukan hanya karena rasanya yang menyegarkan, minuman ini juga kian menunjukkan inovasinya yang beragam.
ADVERTISEMENT
Awalnya minuman yang memiliki banyak sebutan ini berasal dari Taiwan. Di negara Naga Kecil Asia, minuman boba dianggap sebagai minuman tradisional laiknya cendol di Indonesia. Apalagi saat ini, minuman boba dengan campuran brown sugar kian diminati.
Makin mirip bukan dengan es cendol? Meskipun begitu, rasa mutiara tapioka hitamnya lebih kenyal dan padat sehingga menghasilkan sensasi mengunyah yang lebih berkesan di mulut.
Minuman yang sudah berusia 32 tahun ini sejatinya terbuat dari tepung tapioka dan ekstrak singkong dari Amerika Selatan. Tanaman ini masuk ke Taiwan dari Brasil melalui Asia Tenggara. Tepatnya pada periode pemerintahan Jepang antara tahun 1895-1945.
Pembuatnya, Tu Tsong-he, merebusnya dalam tong besar dan disiram sirup karamel manis selama berjam-jam hingga berubah warna menjadi hitam. Tapi, saat ini ada juga mutiara tapioka yang keemasan atau dengan rasa buah-buahan.
ADVERTISEMENT
Keunikan sajian dari minuman boba ini membuatnya semakin hits di media sosial. Bukan hanya rasa, tampilannya yang cantik mampu membuat laman Instagram kian menarik. Tak hanya minuman, sekarang semua serba boba. Penasaran bagaimana perkembangan boba dengan segala inovasinya? Nonton video berikut, yuk!
Video
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan