kumparan
23 Februari 2018 8:42

Serombotan, Pecel khas Bali yang Pedas Menggoda

Kuliner Serombotan. (Foto: Instagram/@platemapsbali)
Berkunjung ke Bali tak lengkap rasanya bila tak mencoba kulinernya. Kelezatan makanannya selalu menjadi daya tarik tersendiri.
ADVERTISEMENT
Mulai dari nasi campur, sate plecing, bebek betutu, sate lilit hingga nasi jenggo adalah sederet contoh kuliner Bali yang menjadi favorit wisatawan. Disajikan secara sederhana dan tradisional, ragam makanan asal Pulau Seribu Pura dikenal dengan cita rasanya yang gurih nan menggoda.
Selain makanan tersebut, rupanya ada sajian lokal lainnya yang juga digemari wisatawan. Adalah serombotan, pecel khas Bali yang berasal dari daerah Klungkung.
Loading Instagram...
Terdiri dari berbagai variasi sayuran dan disiram dengan bumbu kacang, sepintas masakan ini mirip dengan hidangan pecel asal Jawa Timur. Namun, cita rasa dari bumbu serombotan lebih pedas karena menggunakan sambal dan bumbu rempah lainnya.
Variasi sayuran yang digunakan juga lebih beragam seperti kangkung, terong bulat, tauge, kacang panjang, bayam dan pare. Tak ketinggalan, kacang hijau goreng dan parutan kelapa sangrai pun turut digunakan untuk taburan serombotan.
ADVERTISEMENT
Loading Instagram...
Keistimewaan dari serombotan sendiri terletak pada bumbunya yang terdiri dari 3 jenis, yaitu Sambal Nyuh, bumbu kacang, dan Unyah Sere Limo.
Sambal Nyuh sendiri merupakan sambal yang dibuat dari bawang putih, cabai, terasi, dan gula Bali yang ditumbuk halus, lalu dicampur dengan parutan kelapa tua yang telah dibakar sebelumnya. Sedangkan, Unyah Sere Limo terbuat dari campuran cabai, garam, terasi, dan perasan jeruk purut.
Loading Instagram...
Kedua sambal tersebut kemudian dicampur dengan bumbu kacang yang terdiri dari kacang tanah tumbuk, bawang putih, cabai, garam, terasi, dan gula bali yang digoreng dengan sedikit minyak.
Kombinasi berbagai bumbu dan topping parutan kelapa menghasilkan cita rasa pedas dan gurih. Ditambah dengan tekstur renyah dari taburan kacang hijau goreng semakin menambah nikmatnya masakan khas Bali ini. Serombotan juga biasanya disajikan bersama dengan nasi atau tipat (ketupat). Lezat!
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan