kumparan
Food & Travel16 Maret 2020 9:29

Sesuaikan Jenisnya, Ini Tips Memanaskan Makanan Sisa

Konten Redaksi kumparan
Menyimpan makanan sisa
Menyimpan makanan sisa Foto: Shutter Stock
Makanan sisa kerap dibuang karena dianggap tak bisa lagi dikonsumsi. Padahal, makanan tersebut bisa jadi amunisi kala lapar menyerang, atau saat bahan makanan sudah habis, kamu bisa memanfaatkannya kembali dengan memanaskan ulang.
ADVERTISEMENT
Tapi perlu diingat, dikutip The Kitchn, makanan sisa yang hendak dikonsumsi kembali setidaknya dipanaskan dengan 74 derajat Celcius. Lebih lanjut, makanan yang kerap dipanaskan berulang kali kualitas dan rasanya bisa menurun. Makanya kamu hanya disarankan memanaskan ulang makanan sebanyak empat kali.
Lantas, bagaimana cara memanaskan makanan yang tepat? Sebab tak semua jenis makanan bisa dipanaskan dengan cara yang sama. Yuk, intip tips memanaskan makanan sisa sesuai dengan jenisnya berikut ini.

1. Pizza

Pizza Menu Baru
Pizza Menu Baru Foto: Thinkstock
Memanaskan pizza bukan hanya dengan cara memanggangnya kembali menggunakan oven. Buat kamu yang enggak punya oven jangan khawatir, gunakanlah teflon anti lengket.
Letakkan sisa pizza dalam teflon, lalu tutup. Panaskan sebentar hingga pinggirannya kembali garing dan keju meleleh.
ADVERTISEMENT

2. Nasi, pasta, dan mi

pasta
pasta Foto: dok.pixabay.com
Memanaskan makanan pokok seperti nasi, pasta, atau mi juga enggak boleh asal. Main memanaskan begitu saja bisa membuat teksturnya jadi kering dan keras.
Untuk itu, cara terbaik memanaskan ketiga jenis makanan ini adalah dengan menambahkan air, kuah, atau saus sesuai dengan yang digunakan. Misalnya, kalau kamu memanaskan kembali mac and cheese, baiknya tambahkan sedikit susu agar tidak kering.

3. Makanan goreng-gorengan

Kentang Goreng
Kentang Goreng Foto: thinkstock
Makanan goreng-gorengan yang dimaksud, adalah seperti kentang goreng, takoyaki, atau gorengan lainnya. Tentu saat memanaskannya kembali kamu ingin makanan tersebut jadi terasa renyah lagi, bukan?
Jangan khawatir, caranya gampang, letakkan makanan dalam wadah piring atau mangkuk, lalu siapkan gelas, dan isi dengan air matang; cukup setengah saja. Panaskan keduanya dalam microwave hingga hangat.
ADVERTISEMENT

4. Daging

Memanggang steak.
Memanggang steak. Foto: Dok. Pixabay
Kalau steak dagingmu masih sisa jarang buru-buru dibuang, ya sayang. Simpan dan panaskanlah kembali keesokan harinya. Untuk memanaskan jenis makanan daging seperti steak, kamu bisa menggunakan teflon atau wajan besi.
Pastikan wajannya sudah panas terlebih dahulu baru masukkan daging, dan bolak-balik hingga panasnya merata.

5. Dimsum

Dimsum memiliki aturan makannya sendiri
Dimsum memiliki aturan makannya sendiri Foto: Pixabay
Cara terbaik memanaskan ulang dimsum, ya dengan mengukusnya. Jadi, kalau dimsum favoritmu enggak habis, simpan dalam kulkas lalu kukus kembali esok harinya.
Tips mengukus makanan yang tepat, yakni pastikan kukusan sudah panas terlebih dahulu baru masukkan makanannya. Hal ini untuk menghindari makanan menjadi terlalu lembap atau lembek.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan