kumparan
29 Agustus 2019 15:17

Sop Buntut Ma ‘Emun, Gurih, Mewah, Nyaman di Kantong

Sop Buntut Ma 'Emun.
Sop Buntut Ma 'Emun di Jl. Salak, Bogor. Foto: Prameshwari Sugiri/kumparan
Dingin dan sejuk. Dua kata ini memang sangat lekat dengan Kota Bogor. Tak heran, banyak sekali kuliner hangat berkuah untuk teman makan enak di Bogor. Salah satunya adalah sop buntut.
ADVERTISEMENT
Nah, bila ingin coba, kamu patut mampir ke Sop Buntut Ma ‘Emun. Nama warung sop buntut ini memang sudah terkenal lama. Diambilnya dari nama pemilik; Siti Maemunah. Almarhumah berjualan sop buntut sejak 1970-an.
Kini usaha ini diteruskan cucu-cucunya. Sudah ada empat warung sop buntut dengan nama Ma ’Emun. Setiap keluarganya, diperbolehkan untuk menggunakan nama Ma ‘Emun untuk berjualan sop buntut.
kumparan mampir ke Sop Buntut Ma ‘Emun di Jl. Salak. Untuk sebuah tempat makan legendaris, warung ini sangat sederhana; bahkan lebih mirip kantin.
Kami memesan seporsi sop buntut. Harganya Rp 45 ribu saja. Tentu bila dibandingkan dengan sop buntut lain yang harganya berkisar di Rp 60, Sop Buntut Ma ‘Emun sangat terjangkau.
Sop Buntut Ma 'Emun.
Sop Buntut Ma 'Emun. Foto: Prameshwari Sugiri/kumparan
Seporsi sop buntut datang dalam wadah stainless besar dan tahan panas. Setidaknya, kita jadi tak perlu takut memegang wadahnya meski sup ini datang dalam keadaan panas. Kepulan asap beraroma khas daging pun menyeruak. Bikin ingin cepat makan enak!
ADVERTISEMENT
Sementara itu, porsinya tidak main-main. Ada empat potong buntut berukuran besar. Dagingnya pun begitu lembut hingga mudah lepas dari tulangnya. Selain itu, sop buntutnya juga dilengkapi potongan wortel besar, daun bawang, seledri, dan bawang goreng.
Sop Buntut Ma 'Emun.
Sop Buntut Ma 'Emun. Foto: Prameshwari Sugiri/kumparan
Tambah sambal tentu sedap. Warna pink dari dagingnpun bikin menggugah siapa saja yang menyantapnya. Kuahnya gurih, enak sekali bila disiram ke nasi putih.
Jadi, bila ingin cari yang hangat-hangat di Bogor, Sop Buntut Ma ‘Emun bisa jadi pilihan tempat makan enak. Hati-hati iketagihan. Slurrppp!
Sop Buntut Ma ‘Emun (Bogor)
Jl. Jend. Sudirman No.48 A
Jl. Salak No.1, Bogor Tengah
Jl. Jend. Sudirman No.60A
Jl. Bangbarung Raya No.1
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan