kumparan
20 Sep 2019 9:18 WIB

Tak Hanya Bisa Mengobati Diare, Ini 5 Manfaat Daun Jambu Biji

Ilustrasi daun jambu biji Foto: Shutter Stock
Selama ini, daun jambu biji dipercaya sebagai obat tradisional untuk meredakan diare atau masalah perut lainnya. Ya, tak hanya buahnya saja yang kaya akan serat dan vitamin C, bagian daunnya juga mengandung berbagai nutrisi serta antioksidan.
ADVERTISEMENT
Bahkan, ia juga mengandung beberapa komponen yang dapat mencegah penyakit kanker. Nah, kira-kira, manfaat apa lagi, sih yang bisa kita dapatkan dari daun jambu biji? Simak ulasannya berikut ini, yuk!
1. Menurunkan kolesterol
Ilustrasi daun jambu biji Foto: Shutter Stock
Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Nutrition and Metabolism pada tahun 2010 menemukan, konsumsi daun jambu biji secara rutin dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dan triglycerid pada tubuh.
Dalam studi tersebut, para partisipan yang rutin minum teh daun jambu biji mengalami penurunan kadar kolesterol setelah delapan minggu. Itu artinya, kita akan terhindar dari risiko terkena penyakit jantung, stroke, dan kardiovaskular lainnya.
2. Mengontrol gula darah
Ilustrasi teh daun jambu biji Foto: Shutter Stock
Rupanya, daun jambu biji juga bisa membantu mencegah diabetes, lho. Komponen di dalam teh daun jambu biji akan membantu mengontrol gula darah dengan cara menyerap dua jenis gula --sukrosa dan maltosa.
ADVERTISEMENT
Dilansir Food NDTV, teh daun jambu biji menghambat beberapa enzim yang memproduksi glukosa, sehingga proses penyerapan ke dalam darah pun jadi lebih lambat.
3. Dapat mengobati kanker pencernaan
Ilustrasi daun jambu biji Foto: Shutter Stock
Ekstrak daun jambu biji berpotensi untuk mengobati pasien yang memiliki penyakit kanker pencernaan. Daun ini mengandung beberapa komponen antikanker dan antitumor seperti lycopene, quercetin, dan vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan.
Sederet antioksidan tersebut dapat menetralisir kerusakan akibat radikal bebas pada tubuh. Sebuah studi di tahun 2011 yang dipublikasikan dalam jurnal Food Chemistry menemukan, konsumsi ekstrak daun jambu biji akan menimbulkan apitosis --kematian dari sel kanker.
4. Menyembuhkan diare
Ilustrasi daun jambu biji Foto: Shutter Stock
Mengonsumsi daun jambu biji dalam bentuk teh, kapsul, atau mencampurkan beberapa tetes minyak ekstrak jambu biji dengan secangkir air hangat bisa membantu melonggarkan usus untuk mengobati diare.
ADVERTISEMENT
Penelitian pada tahun 2008 yang dipublikasikan dalam Journal of Smooth Muscle Research, peneliti menguji sifat anti-diare daun jambu biji pada tikus. Ekstrak tersebut rupanya dapat mengurangi frekuensi buang air besar dan mengurangi keparahan diare pada tikus.
Studi lainnya yang dipublikasikan dalam Revista do Instituto de Medicina Tropical de Sao Paulo juga menunjukkan, ekstrak daun jambu dapat menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus yang jadi penyebab umum diare.
5. Membantu menurunkan berat badan
Ilustrasi teh daun jambu biji Foto: Shutter Stock
Buatmu yang sedang diet, menyesap secangkir teh dari daun jambu biji bisa membantumu menurunkan berat badan, lho. Daun tersebut menghambat perubahan karbohidrat kompleks menjadi gula.
Biasanya, gula akan melewati proses metabolisme pada hati, lalu diubah menjadi lemak yang dikeluarkan ke dalam darah. Imbasnya, berat badan akan meningkat.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan