kumparan
12 Maret 2018 14:25

Tak Hanya Rendang, Ini 7 Makanan Khas Padang yang Patut Kamu Coba

Makanan khas Padang
Makanan khas Padang. (Foto: Instagram @bhawna_sj & @godzillatummy)
Saat berkunjung ke Padang, mencicipi masakan khasnya merupakan salah satu kegiatan wajib yang sayang untuk dilewatkan. Karena terdapat sederet makanan lezat yang bisa kamu temui, mulai dari rendang yang pedas gurih, hingga palai bada yang asin pedas.
ADVERTISEMENT
Meski mudah ditemui di Jakarta, namun menikmati sajian khas Padang di kota aslinya dapat menciptakan pengalaman yang tak terlupakan. Lantas, makanan khas apa saja yang bisa kamu cicipi? Berikut kumparan (kumparan.com) rangkum tujuh sajian khas Padang:
1. Rendang
Siapa yang tak mengenal rendang? Makanan pedas yang terbuat dari daging sapi yang dimasak bersama kuah rempah ini merupakan salah satu masakan khas Padang yang disukai oleh hampir semua orang. Bahkan, rendang pun telah mendapat predikat sebagai makanan terlezat di dunia versi CNN.
Tekstur dagingnya yang empuk dan rasa rempahnya yang kuat dijamin akan membuat siapa pun yang menyantapnya merasa ketagihan. Lezat!
2. Dendeng Balado
Selain dendeng, Kota Padang juga mempunyai makanan khas lain yang tak kalah nikmatnya. Adalah dendeng balado, masakan yang terbuat dari daging sapi yang telah diiris tipis lalu dibumbui bersama sambal balado pedas.
ADVERTISEMENT
Agar semakin nikmat, sebelum daging dendeng dicampur dengan bumbu, dendeng akan ditumbuk sebentar agar bumbu semakin meresap ke dalam serat-serat daging.
3. Gulai Tunjang
Gulai tunjang merupakan masakan khas Kota Jam Gadang yang terbuat dari kulit kaki sapi yang dimasak bersama kuah santan pedas. Untuk memperkuat aromanya, daun serai dan daun jeruk kerap ditambahkan dalam sajian ini.
Di kota asalnya, gulai tunjang umumnya akan disajikan bersama rendang, nasi hangat, lengkap dengan daun singkong, dan sambal hijau. Nikmat!
4. Pangek Masin
Jika bosan menyantap daging, maka kamu bisa mencicipi pangek masin. Pangek masin merupakan masakan yang terbuat dari ikan tongkol segar yang dipadukan dengan aneka rempah seperti cabai, bawang merah, jahe, kunyit, kemiri dan lada. Lembutnya ikan tongkol dan gurihnya kuah kunyit pangek masin menghasilkan cita rasa lezat yang memanjakan lidah.
ADVERTISEMENT
5. Kalio Dagiang
Kalio dagiang adalah sebutan untuk masakan rendang yang masih setengah matang atau belum jadi. Umumnya, kalio dagiang akan berwarna kecoklatan dan bertekstur lengket dengan aroma rempah yang kuat. Selain daging, kalio dagiang juga kerap menggunakan ayam, limpa, hati sapi, dan kentang sebagai bahan utamanya.
6. Gulai Cancang
Gulai cancang atau gulai cincang terbuat dari daging sapi cincang yang dimasak bersama kuah gulai pedas. Sekilas, sajian ini akan terlihat seperti gulai tunjang. Bedanya, gulai cancang akan menambahkan kapulaga saat proses memasak.
7. Palai Bada
Palai Bada merupakan kuliner yang terbuat dari ikan teri basah yang dimasak dengan daun kemangi dan bumbu kuning, lalu dibungkus dengan daun pisang hingga menyerupai pepes. Setelah itu, palai pada akan di bakar di atas bara api hingga matang. Masyarakat Padang biasanya akan menyantap palai bada bersama nasi hangat dan sambal hijau.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan