Food & Travel
·
22 Maret 2018 13:14

Tak Hanya Wangi, Ini 7 Manfaat Kesehatan Daun Pandan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tak Hanya Wangi, Ini 7 Manfaat Kesehatan Daun Pandan (90753)
Manfaat pandan bagi kesehatan. (Foto: Flickr/ diana ali)
Sering dijumpai di tepi sungai, tepi rawa, dan tempat-tempat lain yang agak lembab, pandan wangi menjadi salah satu tumbuhan yang umum dimanfaatkan sebagai bahan masakan. Aromanya yang wangi kerap ditambahkan dalam berbagai makanan maupun minuman manis seperti aneka kue dan sajian kolak. Tak hanya itu, daun pandan juga dapat berfungsi sebagai pewarna hijau alami.
ADVERTISEMENT
Ternyata, daun pandan tak hanya berfungsi sebagai bahan masakan saja, namun juga memiliki berbagai manfaat yang baik bagi kesehatan. Kandungan minyak esensial seperti tanin, glikosida, dan alkaloid serta komponen laksatif pada daun pandan dapat membantu menambah stamina hingga menyembuhkan insomnia
Dilansir The Benefits, berikut tujuh manfaat kesehatan yang dimiliki oleh daun pandan:
1. Menurunkan demam
Tak Hanya Wangi, Ini 7 Manfaat Kesehatan Daun Pandan (90754)
Daun pandan dan olahannya (Foto: Thinkstock)
Gejala demam biasanya muncul saat tubuh kita sedang melawan infeksi. Saat demam, suhu tubuh akan meningkat dan membuat tidak nyaman.
Kandungan minyak tanin, glikosida, dan alkaloid pada daun pandan dapat menyembuhkan demam. Konsumsi air rebusan pandan agar suhu tubuh dapat turun secara perlahan.
2. Menambah stamina
Tak Hanya Wangi, Ini 7 Manfaat Kesehatan Daun Pandan (90755)
Manfaat pandan bagi kesehatan. (Foto: Wikimedia Commons)
Ternyata, mengkonsumsi daun pandan juga mampu meningkatkan stamina dan menjaga tubuh tetap berenergi. Rebus daun pandan bersama tiga gelas air, lalu dinginkan air rebusan tersebut.
ADVERTISEMENT
Tambahkan air lemon dan minum setiap dua hari sekali. Konsumsi air rebusan daun pandan secara rutin akan membuat tubuhmu tetap sehat dan bugar.
3. Meringankan sakit kepala
Tak Hanya Wangi, Ini 7 Manfaat Kesehatan Daun Pandan (90756)
Sakit kepala (Foto: Thinkstock)
Bila sering mengalami sakit kepala, cobalah untuk mengkonsumsi air rebusan pandan. Kandungan laksatif di dalamnya mampu meringankan gejala sakit kepala. Selain itu, bahan alami ini tentunya lebih aman dan tidak memiliki efek samping dibandingkan obat-obatan lainnya.
4. Mengatasi sembelit
Tak Hanya Wangi, Ini 7 Manfaat Kesehatan Daun Pandan (90757)
Manfaat pandan bagi kesehatan. (Foto: Wikimedia Commons)
Memiliki kandungan serat, daun pandan juga berfungsi untuk mengatasi sembelit. Rebusan air pandan yang dikonsumsi setiap hari akan membantu melancarkan pencernaan dan menyembuhkan sembelit.
5. Menyembuhkan insomnia
Tak Hanya Wangi, Ini 7 Manfaat Kesehatan Daun Pandan (90758)
Insomnia (Foto: Thinkstock )
Daun pandan mengandung komponen alkanoid yang memberikan efek menenangkan bagi tubuh. Konsumsi pandan akan membuatmu lebih rileks dan lebih mudah untuk tidur. Cukup rebus pandan dengan air, lalu tambahkan satu sendok madu dan minum selagi hangat.
ADVERTISEMENT
6. Meningkatkan nafsu makan
Tak Hanya Wangi, Ini 7 Manfaat Kesehatan Daun Pandan (90759)
Vitamin B1 dapat meningkatan nafsu makan. (Foto: Pixabay )
Selera makan yang menurun tentunya akan membuat kita kekurangan nutrisi dan energi karena tidak adanya makanan yang dikonsumsi. Saat nafsu makan mulai menurun, cobalah untuk meminum air rebusan pandan dua kali sehari, yakni saat pagi dan malam hari. Aromanya yang wangi dan berbagai kandungan di dalamnya dapat membantu meningkatkan nafsu makan.
7. Menghilangkan ketombe
Tak Hanya Wangi, Ini 7 Manfaat Kesehatan Daun Pandan (90760)
rambut sehat (Foto: dok.Thinkstock)
Tak hanya memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan, daun pandan ternyata juga dapat membantu menghilangkan dan mencegah munculnya ketombe pada kulit kepala. Caranya cukup mudah, hanya dengan menghaluskan sepuluh lembar daun pandan, lalu tambahkan air secukupnya hingga berbentuk pasta.
Kemudian, ratakan pasta pandan ke kulit kepala sambil memijatnya. Tak hanya menghilangkan ketombe, namun melakukannya secara rutin juga dapat membantu menyuburkan rambut.
ADVERTISEMENT