Tips Buat Meal Preparation Satu Minggu, Yuk Tiru Biar Makin Hemat!

7 Maret 2022 15:27
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tips Buat Meal Preparation Satu Minggu, Yuk Tiru Biar Makin Hemat! (71561)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi ibu dan anak sedang memasak. Dok. Polytron.
Sejak pandemi, istilah meal preparation (meal prep) jadi populer. Sejatinya, istilah ini merujuk pada konsep menyiapkan menu makanan untuk beberapa hari ke depan. Dimulai dari perencanaan menu makanan, berbelanja, hingga menyimpannya.
Metode meal prep sangat cocok diterapkan untuk kamu yang tidak punya banyak waktu untuk memasak. Selain sangat praktis, meal prep juga bisa menghemat belanja bulanan.
Bonusnya, kamu juga bisa menerapkan zero food waste alias tidak akan membuang sisa bahan makanan. Itu artinya, menerapkan meal prep turut menjaga lingkungan.
Tertarik untuk mencoba konsep ini? Yuk, coba untuk seminggu saja dulu!

Buat rencana menu masakan untuk seminggu

Tips Buat Meal Preparation Satu Minggu, Yuk Tiru Biar Makin Hemat! (71562)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi membuat rencana menu masakan dalam seminggu. Foto: Shutterstock.
Langkah pertama yang kamu perlu lakukan untuk meal prep adalah membuat rencana menu masakan dalam seminggu. Misalnya, di hari senin, kamu ingin membuat sayur asam, ayam goreng, sambal, dan tempe goreng. Lalu, di hari selasa, kamu ingin membuat soto, sambal, dan tahu goreng.
Buatlah sesuai dengan keinginanmu dan keluarga. Biar seru, ajak dan libatkan mereka dalam membuat rencana menu agar menemukan menu masakan yang disukai seluruh anggota keluarga.

Detailkan bahan-bahan yang diperlukan

Tips Buat Meal Preparation Satu Minggu, Yuk Tiru Biar Makin Hemat! (71563)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi belanja sayuran. Foto: Shutterstock.
Setelah menentukan menu masakan, langkah selanjutnya adalah mendetailkan bahan-bahan yang diperlukan. Misalnya, di hari senin bahan-bahan yang diperlukan ada ayam, tempe, cabai, dan aneka bumbu dapur. Detailkan juga bahan makanan yang diperlukan di hari selasa dan seterusnya.
Cara ini memudahkan kita untuk menentukan berapa banyak bahan yang diperlukan. Mendetailkan bahan-bahan yang diperlukan juga dapat menghemat pengeluaran karena kamu tidak akan berbelanja secara berlebihan karena semuanya sudah ditentukan dari awal.

Bersihkan dan pisahkan bahan makanan sesuai menu per hari-nya

Tips Buat Meal Preparation Satu Minggu, Yuk Tiru Biar Makin Hemat! (71564)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi menyimpan makanan di dalam kulkas. Foto: Shutterstock.
Sebelum disimpan, baiknya pisahkan bahan makanan sesuai menu yang akan dibuat per harinya. Siapkan bahan makanan sesuai menunya di dalam wadah yang berkualitas.
Kamu bisa pilih wadah yang terbuat dari kaca atau stainless steel. Pasalnya, kedua bahan ini cenderung tidak menyerap bau dan dapat digunakan untuk menyimpan makanan dingin atau panas. Kemudian, pastikan juga wadah yang kamu gunakan memang terbuat dari bahan yang aman untuk menyimpan makanan.
Setelah itu, jangan lupa untuk berikan label dan tulisan nama menu dan tanggal akan dibuat. Misalnya, “Sayur Asem untuk Hari Senin”. Tujuannya agar kamu tidak repot saat ingin memasak. Jadi praktis, bukan?

Simpan bahan makanan di kulkas dengan cara yang tepat

Tips Buat Meal Preparation Satu Minggu, Yuk Tiru Biar Makin Hemat! (71565)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi menyimpan makanan di dalam kulkas. Foto: Shutterstock
Meski tidak ada aturan tertulis, ternyata meletakkan bahan makanan atau olahan dalam tempat yang salah bisa menyebabkan rasa maupun aromanya berubah, lho. Belum lagi jika terjadi kontaminasi silang yang bisa membuat bakteri dalam satu makanan berpindah ke makanan lain.
Suhu kulkas memang dingin, tapi tak semua bagian memiliki temperatur yang sama. Seperti rak paling bawah memiliki suhu paling dingin, bagian laci paling lembab, hingga pintu memiliki suhu paling hangat. Karena perbedaan temperatur itulah, jenis-jenis makanan dan olahan harus disimpan di tempat yang benar.
Namun hal itu tidak perlu dipikirkan bila kamu menggunakan Polytron Belleza yang memiliki teknologi Vacuum Compartment. Teknologi itu dapat mengurangi kadar oksigen dalam ruangan sehingga pertumbuhan bakteri dan jamur pada makanan akan terhambat.
Selain itu, adanya Vacuum Compartment membuat buah dan sayuran tetap segar hingga 21 hari dibandingkan kulkas biasa, teknologi ini juga dapat mencegah pembusukan bahan makanan. Kesegaran dan nutrisinya pun tetap terjaga, sehingga keluarga dapat menjadi lebih sehat.
Tips Buat Meal Preparation Satu Minggu, Yuk Tiru Biar Makin Hemat! (71566)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi menyimpan sayur dan buah di Vacuum Compartment Polytron Belleza. Dok. Polytron.
Soal suhu kulkas, Polytron Belleza memiliki pengatur suhu yang dapat mengontrol kelembaban udara dan deodorizer pencegah timbulnya bau. Teknologi inverter yang ada di dalamnya juga akan membuat konsumsi listrik jauh lebih rendah dan hemat.
Tips Buat Meal Preparation Satu Minggu, Yuk Tiru Biar Makin Hemat! (71567)
zoom-in-whitePerbesar
Polytron Belleza kini hadir dengan Varia series yang terinspirasi dari alam. Dok. Polytron.
Bila membeli banyak bahan makanan untuk meal prep, kulkas ini juga dapat diandalkan karena memiliki kapasitas besar yang mampu menyimpan persediaan makanan yang dibutuhkan keluarga selama beberapa pekan.
Menariknya, Polytron Belleza kini hadir dengan Varia series yang terinspirasi dari alam, menghadirkan desain bunga yang memberikan warna di interior rumahmu. Hadir dengan Tempered Glass Door, kulkas ini lebih kuat dan awet dari pintu biasa.
Tips Buat Meal Preparation Satu Minggu, Yuk Tiru Biar Makin Hemat! (71568)
zoom-in-whitePerbesar
Polytron Belleza Varia. Dok. Polytron.
Tertarik untuk menerapkan meal prep dengan Polytron Belleza Varia? Klik tautan ini untuk info lengkapnya.
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Polytron
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020