Food & Travel
·
13 Mei 2020 15:03

Tips Memasak dan Membalik Telur Mata Sapi agar Kuningnya Tak Pecah

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tips Memasak dan Membalik Telur Mata Sapi agar Kuningnya Tak Pecah (756978)
Menggoreng telur mata sapi Foto: Shutter Stock
Telur menjadi bahan makanan murah-meriah yang enak disajikan dengan cara apa pun. Direbus atau diceplok telur dimakan sama kecap dan nasi hangat saja sudah nikmat, bukan?
ADVERTISEMENT
Sayangnya, memasak telur dengan tampilan yang sempurna dianggap susah-susah gampang. Apalagi telur mata sapi, salah membalik kuningnya malah akan pecah lalu luber ke mana-mana.
Enggak perlu putus asa, dilansir dari Metro, semua orang sebenarnya bisa membuat telur mata sapi laiknya seseorang yang pro. Kuncinya gunakanlah wajan atau teflon yang kecil, lalu masak telur dengan api sedang.
Saat ingin membalikkannya, goyang perlahan teflon hingga telur mengarah ke bagian ujung terjauh dari gagangnya. Lalu goyang ke arah depan, lempar telur ke atas, dan tangkap dengan cepat.
Melemparnya tak perlu tinggi-tinggi, ya supaya kuningnya tak terhajar permukaan teflon terlalu keras. Pastikan telur mendarat dengan lembut.
Tips Memasak dan Membalik Telur Mata Sapi agar Kuningnya Tak Pecah (756979)
Ilustrasi ceplok telur Foto: dok.shutterstock
Selanjutnya, goyang kembali teflon hingga telur kembali berada di bagian tengah. Kamu pun bisa memasaknya hingga tingkat kematangan yang diinginkan.
ADVERTISEMENT
Memang cara ini tak bisa kamu lakukan langsung sempurna dalam satu kali percobaan. Kamu memerlukan banyak latihan hingga bisa membalikkan telur tanpa membuat kuningnya luber.

Membuat telur mata sapi sempurna tanpa perlu dibalik

Tips Memasak dan Membalik Telur Mata Sapi agar Kuningnya Tak Pecah (756980)
Ilustrasi ceplok telur Foto: dok.shutterstock
Bagi kamu yang masih belum bisa juga membalikkan telur mata sapi tanpa memecahkan kuningnya, ada tips lain yang lebih mudah --saya juga suka mempraktikkannya, lho.
Caranya, pecahkan telur tepat di tengah teflon, masak dengan api kecil, dan tutup. Dengan menutup teflon sirkulasi panas di dalamnya akan lebih rata sehingga telur bisa matang sempurna di semua bagian.
Masaklah telur hingga tingkat kematangan sesuai seleramu. Dengan cara ini kamu juga bisa membuat telur mata sapi setengah matang yang tampak menggiurkan.
ADVERTISEMENT
Nah, jadi cara mana yang akan kamu praktikkan, atau kamu punya cara lain? Kalau iya, share yuk tips memasak kamu di kolom komentar!
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
***
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.