kumparan
25 September 2018 9:44

Tips Membersihkan Peralatan Dapur dari Kayu agar Bebas Kuman

Ilustrasi peralatan masak dari kayu
Ilustrasi peralatan masak dari kayu (Foto: Pixabay)
Tak menimbulkan goresan pada wajan dan tidak meubah cita rasa masakan, peralatan memasak yang terbuat dari kayu memang memiliki beberapa kelebihan ketimbang alat masak besi atau stainless steel. Selain itu, alat masak dari kayu juga dianggap lebih awet dan aman karena terbebas dari munculnya karat serta lebih tahan banting.
ADVERTISEMENT
Kendati demikian, peralatan kayu ini tak bisa dibersihkan sekadarnya saja, karena peluang menempelnya jamur dan bakteri jauh lebih besar. Tak cuma itu, bila disimpan dalam keadaan yang masih lembab, dapat menimbulkan bercak dan noda hitam yang merusak tampilanya.
Untuk itulah, perlu dilakukan cara khusus dalam membersihkan peralatan memasak dari kayu agar tetap terlihat bersih dan baru, serta yang terpenting, bebas bakteri atau jamur. Apa saja caranya? Yuk, simak tipsnya seperti dilansir Cooking Light berikut ini:
1. Gosok dengan garam
Garam
Garam (Foto: Pixabay)
Garam memiliki kandungan anti bakteri yang dapat membersihkan kuman pada peralatan kayu, terutama bila telah digunakan untuk mengolah daging atau ikan mentah. Caranya, cuci terlebih dahulu menggunakan air panas yang dicampur sabun hingga bersih. Setelahnya, taburi permukaan spatula atau sendok kayu dengan garam, lalu gosok menggunakan lemon hingga garamnya tersapu bersih.
ADVERTISEMENT
Kombinasi garam dan lemon tersebut tak hanya dapat menghilangkan bau tak sedap, namun juga membersihkan noda yang menempel diperalatan kayu. Jangan lupa untuk membilasnya kembali dengan air dingin dan jemur di bawah sinar matahari hingga kering.
2. Rendam dalam cuka
Cuka
Cuka (Foto: Doc. Pexels)
Sendok atau spatula kayu mengeluarkan bau tak sedap? Coba rendam di dalam campuran cuka putih dan air semalaman. Cairan cuka dan air akan membantu menghilangkan bau membandel pada peralatan kayu, dan membunuh bakteri yang menempel. Usai direndam, bilas dengan air dan jemur hingga kering.
3. Bersihkan peralatan kayu setiap kali selesai digunakan
Ilustrasi sendok kayu
Ilustrasi sendok kayu (Foto: Pixabay)
Agar bau bekas masakan tak menempel pada sendok atau spatula kayu, sebaiknya langsung bersihkan peralatan tersebut usai digunakan. Campurkan satu tetes sabun cuci piring dengan semangkuk air hangat dan rendam peralatan kayu selama beberapa saat sebelum membilasnya.
ADVERTISEMENT
4. Desinfeksi peralatan kayu secara rutin
Ilustrasi sendok kayu
Ilustrasi sendok kayu (Foto: Pixabay)
Bahan utamanya yang terbuat dari kayu yang mudah lembab membuatnya rentan terkontaminasi oleh kuman dan bakteri. Untuk itu, lakukan desinfeksi secara rutin dengan merendamnya dalam cairan hydrogen peroxide selama kurang lebih lima belas menit setelah mencucinya dengan sabun. Usai direndam, bilas kembali menggunakan air bersih, lalu gantung hingga kering.
5. Balur dengan minyak
Ilustrasi minyak mineral
Ilustrasi minyak mineral (Foto: Pexels)
Untuk menjaga tampilannya agar tetap terlihat seperti baru, oles spatula atau sendok kayu menggunakan minyak mineral yang kerap digunakan sebagai campuran makanan, atau jenis minyak lain yang direkomendasikan untuk peralatan memasak. Olesan minyak tersebut akan membuat peralatan kayu menjadi lebih awet dan tahan lama. Usai membalurnya, gantung terlebih dahulu hingga benar-benar kering baru memakainya kembali.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan