kumparan
23 Nov 2018 13:36 WIB

Tips Menyimpan Buah Mangga agar Tak Cepat Busuk

Tidak dianjurkan makan buat saat buka puasa (Foto: Thinkstock)
Saat ini, musim buah mangga tengah berlangsung. Memasuki puncak musim panennya, jumlah mangga yang dijual di pasaran pun semakin melimpah ruah. Sampai-sampai, banyak penjual mangga yang mematok harga miring, memungkinkan kita untuk membelinya dengan harga lebih murah, dan tentunya, dalam jumlah yang lebih banyak.
ADVERTISEMENT
Harga murah, dengan rasa manis nan menyegarkan, tentu membuat kita tergiur untuk memborongnya, lalu menyimpannya sebagai persediaan atau stok buah-buahan di rumah. Kendati demikian, perlu diingat bahwa buah mangga sejatinya mudah matang dan busuk, apalagi bila kita sudah membelinya dalam kondisi sudah matang.
Bila tak langsung disantap, sebaiknya perhatikan cara penyimpanannya, agar stok buah mangga yang sudah kita beli tak terbuang percuma karena membusuk atau terlalu matang. Bagaimana caranya? Yuk, simak tips menyimpan buah mangga sesuai tingkat kematangannya yang telah kumparanFOOD rangkum berikut ini:
1. Mangga yang belum matang
Ilustrasi menyimpan mangga (Foto: Shutter Stock)
Bila kamu membeli buah mangga yang masih belum matang, simpan buah tropis tersebut di suhu ruangan, seperti di meja dapur atau ruang makan. Jangan masukkan buah mangga yang masih mentah ke dalam kulkas, karena suhu dingin pada kulkas akan membuatnya lebih lama matang.
ADVERTISEMENT
Cek buah mangga selama dua hari sekali untuk mendapatkan tingkat kematangan yang diinginkan. Atau, bila ingin mangga matang lebih cepat, cobalah untuk menyimpannya ke dalam kantong kertas, dan simpan di suhu ruangan.
2. Mangga yang sudah matang
Ilustrasi menyimpan mangga (Foto: Shutter Stock)
Suhu dingin pada kulkas dapat mempertahankan tingkat kematangan yang dimiliki oleh mangga. Karenanya, bila buah mangga yang kamu beli sudah dalam keadaan masak, lebih baik simpan di dalam kulkas.
Buah mangga matang yang di simpan di lemari es dapat bertahan setidaknya enam hari lamanya. Namun, perlu diingat, suhu penyimpanan di kulkas harus sekitar 4 derajat celsius untuk membuatnya tetap awet.
3. Menyimpan mangga dalam waktu sangat lama
Ilustrasi menyimpan mangga (Foto: Shutter Stock)
Ingin mengkonsumsi mangga dalam jangka waktu yang lebih lama, bahkan hingga musim panennya sudah berakhir? Kamu bisa membekukannya di dalam freezer.
ADVERTISEMENT
Caranya, potong-potong buah mangga menjadi seukuran dadu (jangan lupa untuk membuang bijinya), lalu masukkan ke dalam kantong plastik atau zipper bag. Setelahnya, simpan kantong tersebut di dalam freezer bersuhu di bawah 18 derajat celsius.
Usahakan untuk menyimpannya dalam posisi horizontal atau ‘tidur’ agar seluruh potongan buah mangga dapat membeku secara merata. Saat ingin menyantapnya, kamu hanya perlu memindahkannya ke dalam kulkas beberapa saat hingga esnya mencair dan teksturnya menjadi lembut kembali. Buah mangga beku tersebut dapat bertahan sampai kurang lebih enam bulan lamanya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan