Tips Merawat Wajan Anti Lengket, Cara Mencuci sampai Menyimpan agar Tidak Rusak

22 Maret 2024 10:13 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Peralatan masak dan tips merawat wajan anti lengket dalam acara buka bersama ACE di restoran DION, Jakarta (19/3/2024). Foto: ACE
zoom-in-whitePerbesar
Peralatan masak dan tips merawat wajan anti lengket dalam acara buka bersama ACE di restoran DION, Jakarta (19/3/2024). Foto: ACE
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Tips merawat peralatan memasak mungkin sudah sering kamu temukan di internet, tapi tidak semua cocok dengan jenis peralatan dapur yang kamu punya. Beda bahan, maka beda pula cara merawatnya, seperti wajan atau pan anti lengket.
ADVERTISEMENT
Menurut Sous Chef Hades VIP, Rachmat Hidayat, merawat pan atau wajan dengan lapisan anti lengket layaknya teflon membutuhkan perhatian khusus. Mulai dari cara mencuci hingga menyimpannya harus dilakukan dengan tepat.
"Kelebihan pan antibacterial ini lebih aman. Bedanya dengan teflon biasa yang hitam, kan mudah terkelupas, kalau yang ini bisa digunakan dalam waktu lebih lama, tapi dengan perawatan yang tepat," ujarnya saat kumparanFOOD temui usai acara ACE Ngabuburit & Buka Puasa Bersama Media, pada Selasa (19/3).
Lebih lanjut, pan yang Chef Rachmat maksud adalah jenis pan berlapisan anti lengket dan anti bakterial layaknya, Kris Edesia Wajan dari ACE. Wajan berwarna putih ini memang memiliki lapisan anti lengket yang halus dan terbuat dari material food-grade.
ADVERTISEMENT
Lebih lanjut, Chef Rachmat mengatakan bahwa pan tersebut umumnya digunakan di kompor induksi, namun juga bisa digunakan di kompor gas biasa. Meski begitu, ada beberapa hal terutama dalam segi perawatan yang harus diperhatikan agar pan bisa awet dan tidak mudah rusak.
Bagaimana tips selengkapnya? Yuk, simak saran dari Chef Rachmat berikut ini!

1. Tips mencuci wajan anti lengket

Ilustrasi mencuci wajan. Foto: New Africa/Shutterstock
Menurut Chef Rachmat, untuk mencuci wajan atau pan anti lengket sebaiknya menggunakan bagian spons yang lembut. "Kan sabut itu ada tapas dengan spons, nah yang kita pakai itu sponsnya yang lembut bukan tapasnya yang kasar," katanya.
Sementara itu, Chef Rachmat melanjutkan, jika wajan hanya ada bekas gosong sedikit, maka cukup dilap menggunakan tisu dan tidak perlu mencucinya.
ADVERTISEMENT

2. Suhu kompor

Peralatan masak dan tips merawat wajan anti lengket dalam acara buka bersama ACE di restoran DION, Jakarta (19/3/2024). Foto: ACE
Jika menggunakan kompor induksi, maka sebaiknya pan sejenis ini jangan digunakan di atas suhu panas tinggi. "Kalau kompor induksi suhu panasnya bisa diangka 180-200, atau kalau masak pakai kompor gas biasa, bisa panaskan dulu baru kecilkan api dan masukkan bahan masakan," tambah Chef Rachmat.

3. Gunakan spatula yang cocok

Ilustrasi spatula karet. Foto: Shutterstock
Spatula yang cocok untuk memasak menggunakan pan anti lengket, adalah yang berbahan karet atau kayu. Bahan spatula seperti ini tidak akan membuat baret dan merusak lapisan anti lengketnya.
"Nah, kalau spatula rubber (karet) di rumah enggak ada kompor induksi, jangan taruh di pinggiran pan panas karena akan meleleh. Usahakan taruh sejajar dengan gagang pan," sarannya.

4. Cara menyimpan yang benar

Ilustrasi menggantung pan. Foto: dok.shutterstock
Kemudian, usai pan atau wajan dicuci, untuk mengeringkannya tidak perlu dilap menggunakan tisu atau kain. Cukup letakkan dengan cara digantung atau simpan dalam keadaan bagian permukaan pan menghadap ke atas.
ADVERTISEMENT