kumparan
16 Jan 2019 20:46 WIB

Tips Merebus Jagung Supaya Empuk dan Juicy

Ilustrasi jagung sebagai MPASI (Foto: Pexels)
Saat memasak jagung dengan cara direbus, tentu kita menginginkan tekstur yang empuk dan juicy. Tak ketinggalan, cecapan rasa manis yang terasa saat menyantapnya.
ADVERTISEMENT
Selain dipengaruhi oleh jenis dan tingkat kesegarannya, tekstur empuk dari jagung tersebut juga bisa dihasilkan dari teknik merebusnya, lho. Ternyata tiap-tiap jenis jagung memerlukan lama waktu merebus yang berbeda juga. Misalnya, jagung yang dibeli dalam keadaan segar, dengan jagung yang sudah dikemas dan dijual di pasaran, keduanya membutuhkan lama waktu merebus yang berbeda.
Supaya jagung rebus buatanmu punya tekstur yang empuk dan juicy, berikut tips merebusnya seperti dilansir Bon Appetit:
1. Jagung segar
Ilustrasi jagung (Foto: Pixabay)
Bila jagung yang kita beli masih dalam keadaan segar, tekstur yang dimiliki pun masih empuk dengan sentuhan rasa manis alami. Tentunya, kita menginginkan cita rasa dan teksturnya tetap terjaga seperti itu walau sudah dimasak sekalipun.
ADVERTISEMENT
Untuk itu, jagung yang dibeli dalam keadaan masih segar sebaiknya tak dimasak terlalu lama. Yang perlu kita lakukan hanyalah menghangatkan biji jagung tersebut, dan membuat cita rasanya semakin kaya, namun masih memiliki tekstur yang juicy. Cukup rebus jagung segar selama dua hingga tiga menit saja, dan sajikan bersama olesan mentega atau bumbu lain sesuai selera.
2. Jagung yang dijual dalam kemasan
Ilustrasi jagung beku (Foto: Shutter Stock)
Jagung yang telah dijual di supermarket dalam bentuk kemasan biasanya kondisinya tak sesegar jagung yang kita beli di pasar. Karena itulah, metode merebusnya juga berbeda.
Jagung yang telah dipanen dan disimpan dalam suhu ruangan--terutama bila sudah dikupas, kandungan gula alami di dalamnya akan berubah menjadi pati. Kandungan pati tersebut membuat tekstur biji jagung semakin keras dan berkurang kadar manisnya.
ADVERTISEMENT
Karenanya, dibutuhkan paparan panas dalam jangka waktu yang lebih lama untuk membuat teksturnya jadi lebih empuk dan juicy. Setidaknya, rebus jagung selama lima hingga delapan menit, tergantung seberapa lama jagung tersebut tersimpan di supermarket.
Bila tak bisa menentukan berapa lama waktu penyimpanannya setelah dipanen, kamu juga bisa sesekali mengecek teksturnya saat sedang direbus. Dengan begitu kamu bisa menyesuaikan lama waktu merebusnya dengan tingkat kematangan yang kamu mau, ya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan