kumparan
18 September 2019 22:53

Tips Mudah Membiasakan Diri Makan Sehat

Ilustrasi makan siang sehat. Foto: Shutter stock
Menerapkan kebiasaan makan sehat menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian orang. Apalagi, kalau sudah terbiasa menyantap makanan sesuka hati dan baru akan memulainya.
ADVERTISEMENT
Belum lagi dengan anggapan, kalau makanan sehat punya cita rasa yang tak nikmat. Semangat untuk mengubah pola makan pun jadi makin turun.
Eits, tenang saja, memulai makan sehat tak se-menyeramkan itu, kok. Kita bisa memulainya secara bertahap, dan menerapkan beberapa trik tertentu. Berikut telah kumparan rangkum tips untuk membiasakan diri makan sehat:
1. Lacak asupan makanan sehari-hari
Ilustrasi food journal Foto: Shutter Stock
Dilansir Huffington Post, penelitian menunjukkan kalau melacak apapun yang kita makan sejatinya membuat kita makin semangat untuk makan lebih sedikit kalori. Dalam sebuah studi, hampir 1.700 partisipan mengalami penurunan berat badan dua kali lipat lebih banyak ketika membuat food diary.
Dengan terus melacak makananmu sehari-hari, kita dapat melihat ke belakang dan mengatur kembali pola makan kita. Kesadaran kita untuk memperhatikan asupan makanan pun akan meningkat.
ADVERTISEMENT
2. Kelola stres dan emosi
Ilustrasi stres Foto: Unsplash
Bila kamu sering merasa lapar karena kondisi emosional dan menjadikan makanan sebagai pelampiasan emosi, fokuslah terhadap pengelolaan emosi. Lakukan olahraga atau meditasi secara rutin.
Kita juga harus benar-benar tahu, apakah rasa lapar tersebut memang kebutuhan tubuh, atau hanya karena emosi sesaat. Rasa lapar fisik akan terbangun secara bertahap usai kita makan terakhir kali, sedangkan rasa lapar emosional akan langsung membuatmu ingin segera makan sesuatu.
3. Makan tanpa gangguan
ilustrasi wanita makan di restoran Foto: Shutterstock
Setiap kali kita mengonsumsi makanan, cobalah untuk fokus dan tak melakukan kegiatan lainnya. Pasalnya, saat kita makan sambil multitasking, jumlah makanan yang kita santap akan jadi 20 persen lebih banyak. Dengan makan perlahan dan benar-benar menikmati tiap kunyahan, kita akan lebih cepat kenyang dan puas.
ADVERTISEMENT
4. Coba makan dengan mata tertutup
Ilustrasi mindful eating Foto: Shutterstock
Menurut Peta Stapleton, associate professor di Sekolah Psikologi Universitas Bond mengungkapan, salah satu cara untuk mulai membiasakan diri makan sehat dan tak berlebihan adalah dengan menutup mata. Teknik ini, akan membuat kita bisa lebih merasakan sensasi kenyang dan cukup.
Beberapa pasiennya bahkan mengatakan ketika menyantap makanan dengan mata tertutup --atau menggunakan penutup mata--, mereka akan berhenti makan dengan sendirinya. Dan ketika membuka mata, ternyata makanannya masih tersisa banyak. Artinya, makanan yang disantap pun jadi lebih sedikit.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan