kumparan
5 Maret 2019 11:08

Tips Unik Membuat Telur Mata Sapi Bulat Sempurna

telur mata sapi Foto: Shutterstock
Bagi sebagian besar orang, memasak telur mata sapi mungkin bukanlah perkara besar. Cukup memasaknya dengan sedikit minyak dan taburan garam atau merica, seporsi telur goreng nan gurih sudah siap disantap.
ADVERTISEMENT
Namun, beda lagi ceritanya bila ingin membuat telur mata sapi yang cantik layaknya hidangan di restoran. Tentunya perlu latihan berkali-kali agar telur mata sapi terlihat cantik dan bulat sempurna.
Tapi bila kamu tak punya banyak waktu, ternyata ada beberapa trik unik yang bisa dilakukan untuk membuat telur mata sapi yang bulat sempurna. Tak perlu bahan mahal, berikut lima tips mudahnya:
1. Masak telur dengan bawang bombay
Video
Tak menyangka, kan, kalau bawang bombay bisa digunakan untuk alat pencetak telur mata sapi. Irisan bawangnya yang berbentuk lingkaran memang cocok digunakan untuk mencetak telur agar tak melebar dan membuat bentuknya berantakan.
Caranya, iris bawang bombay lalu ambil lapisan terluar yang memiliki diameter paling lebar. Kemudian panaskan minyak dan pecahkan telur di dalam lingkaran bawang bombay. Selain membuat bentuknya lebih rapi, bawang bombay juga akan menambah rasa gurih dan aroma harum khas pada telur mata sapi buatanmu.
ADVERTISEMENT
2. Gunakan irisan paprika
Video
Bentuk paprika mungkin memang tidak bulat sempurna. Namun, irisan paprika yang digunakan sebagai alat cetak dadakan ini akan membuat hasil jadi telur mata sapi lebih rapi dan tidak meluber.
Cara menggunakannya tak jauh berbeda dari cetakan telur mata sapi bawang bombay. Iris paprika hingga membentuk lingkaran-lingkaran berdiameter sedang lalu bersihkan biji pada bagian dalamnya. Setelah itu, masak telur mata sapi menggunakan alat cetak paprika ini dengan api kecil hingga mencapai kematangan yang diinginkan.
3. Manfaatkan tutup selai
Video
Ingin membuat telur mata sapi bulat dengan lapisan telur yang lebih tebal? Kamu bisa memanfaatkan tutup selai bekas yang sudah tak terpakai lagi. Selain bentuknya lebih rapi dan tebal, penggunaan cetakan tutup selai tentu tak akan merusak rasa asli telur mata sapi.
ADVERTISEMENT
Caranya, pecahkan telur di atas tutup stoples lalu masak dengan cara digoreng atau dikukus hingga matang. Jangan lupa untuk mengoleskan minyak di seluruh permukaan tutup selai agar telur tak lengket saat diangkat.
4. Gunakan cetakan kue kering
Video
Cetakan kue kering juga bisa menjadi alat yang tepat untuk membuat telur mata sapi berbentuk bulat. Bentuknya yang lebih keras dan kokoh juga dapat menahan telur keluar dari cetakan dan meluber ke pinggiran wajan.
Sebaiknya pilih cetakan kue kering yang terbuat dari silikon. Cetakan dari silikon tak akan membuat telur mata sapi lengket, serta lebih mudah dibersihkan setelah digunakan.
5. Buat cetakan telur menggunakan alumunium foil
Video
Bila ingin membuat telur mata sapi dengan diameter yang lebih lebar, kamu bisa memanfaatkan alumunium foil. Tekstur alumunium foil yang lentur bisa dibentuk menjadi alat cetak 'darurat'.
ADVERTISEMENT
Cara menggunakannya, lipat alumunium membentuk lingkaran lalu oles dengan sedikit minyak sebelum dipanaskan. Setelah itu masukkan telur ayam ke dalam cetakan alumunium foil dan masak hingga tingkat kematangan yang diinginkan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan