kumparan
search-gray
Food & Travel22 Februari 2020 13:20

Tips Wisata Kuliner ala Lokal, Biar Bisa Nyicipin Makanan Daerahnya

Konten Redaksi kumparan
Ramainya Antrean Street Food di Jepang
Ramainya Antrean Street Food di Jepang Foto: Shutter Stock
Kalau lagi liburan apa, sih yang kamu cari? Tempat wisata, belanja, atau kulinernya? Nah, buat kamu tukang makan sejati pasti enggak mau ketinggalan untuk berwisata kuliner di daerah yang sedang kamu kunjungi. Soalnya sayang, kan? Kalau sudah pergi jauh-jauh tapi enggak mencicipi makanan khasnya.
ADVERTISEMENT
Apalagi, kalau kamu tahu di daerah tempat kamu berlibur punya banyak makanan enak. Seperti kalau pergi ke Jogja, belum lengkap rasanya kalau enggak makan gudeg. Atau, pergi ke Palembang tapi belum makan pempeknya. Belum afdol, kalau kata orang.
Untuk itu, buat kamu yang berencana liburan dan wisata kuliner, yuk simak tipsnya dulu di bawah ini.

1. Cari referensi sebanyak-banyaknya

com-Ilustrasi membuat to-do-list.
com-Ilustrasi membuat to-do-list. Foto: Shutterstock
Tips pertama adalah cari rekomendasi kuliner daerah sebanyak-banyaknya. Ini bisa kamu lakukan dengan menanyakan teman atau keluarga, yang sudah pernah datang ke daerah tersebut. Kombinasikan referensi yang kamu dapat dengan hasil pencarianmu di mesin pencari.
Kamu bisa memasukkan keyword-keyword seperti 'makanan enak di Bogor,' 'tempat makan enak di Yogyakarta,' atau 'pempek legendaris di Palembang.'
ADVERTISEMENT
Carilah informasi sebanyak-banyaknya dari orang terdekat, dan pastikan sesuai dengan seleramu agar pas dateng rasanya sesuai ekspektasi. Jangan lupa follow akun kumparanFOOD di aplikasi kumparan kamu.

2. Tanya staf hotel

Ilustrasi Resepsionis Hotel
Ilustrasi Resepsionis Hotel Foto: Flickr / Louis Allen
Jangan sungkan-sungkan untuk menanyakan tempat makan enak sekitar penginapanmu kepada staf hotel. Misalnya, kalau kamu pengin sarapan di luar tanyakanlah kepada resepsionis tempat makan yang buka dari pagi. Kamu juga bisa menanyakan lokasi food court, pasar, atau pusat kuliner lain yang berdekatan dengan hotelmu.
Jadi, kamu enggak perlu ongkos untuk sekadar mencari makanan enak dekat situ. Tinggal jalan kaki jadi lebih hemat, bukan?

3. Jangan serakah!

com-Tik Tok, ilustrasi kuliner khas Indonesia
Ilustrasi kuliner khas Indonesia Foto: Shutterstock
Mengutip Asia One, buat kamu yang memang memiliki tujuan pergi untuk wisata kuliner, pastikan perutmu cukup untuk menampung semua list makanan yang hendak kamu santap.
ADVERTISEMENT
Caranya, pesanlah makanan dengan porsi kecil, ingat jangan serakah. Soalnya, bisa saja ketika usai di satu tempat makan, lalu kamu jalan sedikit dan menemukan makanan enak; jadi kamu tetap bisa mencicipinya lagi.

4. Cari tempat makan yang paling ramai

Ilustrasi suasana kota Kamboja Aditia Noviansyah, Tempat makan di Kamboja
Tempat makan di Kamboja. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Selanjutnya, kalau kamu sedang berada di satu pusat kuliner, pasti kamu bingung mau mencoba yang mana. Triknya, kamu bisa mencari restoran atau tempat makan yang paling ramai terlebih dahulu. Lihatlah menu dan cocokkan dengan seleramu. Meskipun ramai, bisa saja tempat makan tersebut tak sesuai selera.
Cara ini juga bisa dilakukan oleh mereka traveller muslim untuk menghindari tempat makan non-halal. Jangan malu untuk bertanya atau melihat menu serta tempatnya terlebih dahulu.
ADVERTISEMENT

5. Jangan takut mencoba

Olahan enbal makanan khas Maluku
Bahan-bahan segar dari Kepulauan Kei Foto: Safira Maharani/ kumparan
Tips terakhir tentunya jangan takut mencoba cita rasa baru. Kalau kamu mau wisata kuliner, ya tentunya harus mencoba makanan baru. Meski asing di lidah, tak ada salahnya, kok untuk mencicipinya sedikit agar khasanah cita rasa pada lidahmu semakin kaya.
Selamat kulineran!