kumparan
14 Februari 2020 20:29

Valrhona, Cokelat Berkualitas Premium Primadona Para Chef

Cokelat Valrhona
Cokelat Valrhona Foto: Instagram/ @valrhonafrance
Valrhona adalah cokelat kesayangan para pastry chef, yang telah digunakan untuk menyajikan dessert sejak puluhan tahun silam. Bisa dibilang, inilah cokelat dengan kualitas paling top dan cita rasa premium.
ADVERTISEMENT
Apa yang membuatnya begitu populer, dan bagaimana awal mula terciptanya sajian manis ini? Sejatinya, Walrhona telah diproduksi sejak tahun 1922 di sebuah desa kecil bernama Tain L'Hermitage, Prancis.
Sang pendiri perusahaan, Pastry Chef Albéric Guironnet telah berkomitmen untuk menciptakan kreasi yang unik, kualitas cokelat artisan dengan cita rasa nan kompleks, seimbang, dan konsisten.
Karena itulah, sedari awal dibuatnya resep cokelat ini, Monsieur Guironnet selalu mencari biji kakao yang paling menonjol. Misi untuk meracik cokelat terbaik membuat cita rasa dan kualitasnya tetap konsisten dari waktu ke waktu.
Bahkan, menurut keterangan dari situs resmi Valrhona, selama satu abad, mereka telah menciptakan serangkaian cokelat dengan karakter aromatik yang unik. Caranya, dengan menyempurnakan teknik untuk melipatgandakan rasa dari biji kakao langka, yang ditanam di lahan terpilih.
Cokelat Valrhona
Cokelat Valrhona Foto: Instagram/ @valrhonafrance
Bukan hanya memproduksi cokelat berharga tinggi, mereka juga menerapkan seni membuatnya secara handmade, termasuk mengawasi segala prosesnya. Dari proses penanaman, sampai cokelat selesai diproduksi.
ADVERTISEMENT
Tak tanggung-tanggung, Valrhona bahkan membuka dan mengoperasikan perkebunan kakao mereka sendiri. Dimulai dari Venezuela, lalu Republik Dominika. Para pembuat cokelat dari Valrhona ini turun tangan langsung sebagai penanam untuk belajar lebih banyak tentang kakao, meningkatkan kualitasnya, dan menjamin seluruh aspek perbaikannya.
Kini, cokelat yang sarat akan passion sang peraciknya dan dibuat dengan sepenuh hati ini jadi andalan para pastry chef di seluruh dunia. Alasannya, tentu karena kualitas yang dimiliki,
Menurut Chef Yuda Bustara, cita rasa asli cokelat Valrhona sudah nikmat, sehingga jarang diolah kembali jadi hidangan baru. Biasanya, hanya dilelehkan, dan dibentuk ulang saja.
"Valrhona itu biasanya dilelehkan, terus dijadikan cokelat praline, atau cokelat batangan," ungkapnya saat ditemui kumparan dalam acara peluncuran varian es krim terbaru di Jakarta, Jumat (14/2).
Cokelat Valrhona
Cokelat Valrhona Foto: Instagram/ @valrhonafrance
Diperkirakan oleh Chef Putri Miranti, Valrhona mulai umum dan mudah didapatkan di Indonesia pada tahun 2015-an. Ia juga menambahkan, sejauh ini, cita rasanya belum ada yang mampu menandingi.
ADVERTISEMENT
Senada dengan Chef Yuda, Chef Putri Miranti juga lebih sering mengolahnya menjadi cokelat praline.
"Paling kalau untuk mengolahnya, cuma perlu menjaga suhu dan temperatur masaknya," terang celebrity chef ini saat dihubungi kumparan melalui pesan elektronik.
Memang benar, apapun yang dibuat dengan sepenuh hati dan konsisten, akan menciptakan cita rasa yang tak akan tergantikan. Seperti Valrhona, yang tak cuma meraih predikat sebagai cokelat paling top di dunia, tapi juga berhasil mengukuhkannya sepanjang masa.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan