Food & Travel
·
11 September 2020 12:01

Virgo Season! 10 Rekomendasi Makanan yang Cegah Kamu Overthinking

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Virgo Season! 10 Rekomendasi Makanan yang Cegah Kamu Overthinking (5890)
ilustrasi wanita cemas, stres atau depresi Foto: Shutterstock
Awal bulan September jadi waktu yang cukup berat nih bagi para Virgo. Kerjaan dan deadline yang menumpuk cepat membuat Virgo, si overthinking, semakin cemas.
ADVERTISEMENT
Namun, kecemasan yang berlebih tidak baik, lho. Terlalu cemas dapat membuyarkan fokus saat bekerja, mengganggu tidur, hingga menurunkan mood sehingga mudah emosi.
Menurut jurnal berjudul 'The Influence of Positive Mood on Different Aspects of Cognitive Control' yang diterbitkan tahun 2011, suasana hati bisa memengaruhi kemampuan seseorang dalam mengingat dan menyelesaikan sebuah masalah. Untuk menjaga kesehatan fisik dan kesehatan mental tetap baik, pilihlah asupan makan yang tepat.
Beberapa makanan terutama yang mengandung gula dan garam tinggi justru akan mengakibatkan datangnya mood swing, atau perubahan suasana hati secara drastis. Maka itu, kamu perlu memilih makanan bukan hanya untuk mengurangi rasa stres akibat overthinking, tetapi juga meningkatkan kualitas tidur, dan mood sehari-hari. Apa saja?
ADVERTISEMENT

1. Kacang almond

Virgo Season! 10 Rekomendasi Makanan yang Cegah Kamu Overthinking (5891)
Ilustrasi kacang almond. Foto: Shutter Stock
Kacang almond mengandung banyak protein, serat, vitamin E, dan magnesium yang baik bagi tubuh. Magnesium berguna untuk membantu meningkatkan kualitas tidur.
Menurut studi yang berjudul Dietary Sources and Bioactivities of Melatonin, per satu ons almond kira-kira mengandung 19 persen dari kebutuhan magnesium harian tubuh. Dengan mengonsumsi almond, kamu dapat meningkatkan kualitas istirahat setelah seharian bekerja.

2. Madu

Virgo Season! 10 Rekomendasi Makanan yang Cegah Kamu Overthinking (5892)
Ilustrasi clover honey Foto: Dok.Shutterstock
Jika mengonsumsi almond belum cukup untuk membuatmu mengantuk, dilansir Boldsky, maka cobalah minum satu hingga dua sendok madu sebelum tidur bisa bikin kamu lelap.
Madu merangsang pelepasan tryptophan —asam amino penyusun protein di otak. Tryptophan kemudian akan diubah menjadi serotonin yang bikin rileks sehingga meningkatkan kualitas tidur. Tidur lebih baik akan membuat hari-harimu lebih rileks juga.
ADVERTISEMENT

3. Cokelat

Virgo Season! 10 Rekomendasi Makanan yang Cegah Kamu Overthinking (5893)
Ilustrasi makan cokelat Foto: Shutter Stock
Menurut penelitian jurnal US National Library of Medicine, bubuk kakao mengandung antioksidan bernama flavanol yang berfungsi meningkatkan pembentukan hormon serotonin. Hormon ini dapat membantu meringankan rasa cemas bahkan gejala depresi.
Cokelat yang paling baik untuk dikonsumsi sendiri adalah dark chocolate. Jadi, kamu bisa jadikan cokelat sebagai camilan enak untuk mengurangi kecemasan saat overthinking.

4. Buah tinggi vitamin C

Virgo Season! 10 Rekomendasi Makanan yang Cegah Kamu Overthinking (5894)
buah jeruk Foto: Shutterstock
Makan buah menjadi pilihan yang baik saat stres, karena untuk mencegah stres dan gangguan kecemasan kamu perlu meminimalisir oksidasi di dalam tubuh. Vitamin C merupakan antioksidan yang bisa mencegah oksidasi akibat paparan sinar matahari hingga asupan makanan yang tidak sehat.
Jadi, buah-buahan yang kaya akan vitamin C seperti jeruk atau jambu bisa menjadi kudapan sehat kala stres.
ADVERTISEMENT

5. Kacang mede

Virgo Season! 10 Rekomendasi Makanan yang Cegah Kamu Overthinking (5895)
Susu kacang mede Foto: Shutter Stock
Masih berkutat dengan rasa stres, kandungan zinc dalam mede bisa memengaruhi respons otak untuk berpikir, mengingat, bahkan mengatasi rasa stres itu sendiri. Zinc juga sangat penting untuk memaksimalkan metabolisme serta menjaga imunitas.
Dilansir dari US Department of Agriculture (USDA), setiap 28 gram mede terdapat 1,6 miligram zinc. Selain mengandung zinc, mede juga mengandung vitamin C yang bisa menjaga kebugaran tubuh.

6. Kuaci

Virgo Season! 10 Rekomendasi Makanan yang Cegah Kamu Overthinking (5896)
Kuaci Foto: Pixabay
Camilan lain yang dapat mengurangi stres yaitu kuaci. Sama seperti mede, camilan dari biji bunga matahari ini juga memiliki kandungan zinc untuk mencegah stres saat bekerja, lho.
Kandungan lain dari kuaci yang dapat membantu para Virgo yaitu sumber magnesium, zat yang bisa menurunkan tekanan darah sehingga tubuh lebih rileks.
ADVERTISEMENT

7. Pisang

Virgo Season! 10 Rekomendasi Makanan yang Cegah Kamu Overthinking (5897)
Pisang disebut bisa jadi alternatif antivirus untuk menghambat penyebaran corona. Foto: Unsplash/ @dorner
Buah satu ini memiliki kandungan magnesium dan dopamin yang dapat memperbaiki bad mood. Buah ini memiliki banyak sekali manfaat, bahkan asupan vitamin B dan kaliumnya juga berfungsi menenangkan tubuh serta pikiran. Konsumsi rutin pasti akan membuat hari-harimu lebih baik dan emosi lebih terjaga.

8. Salmon

Virgo Season! 10 Rekomendasi Makanan yang Cegah Kamu Overthinking (5898)
Sate Salmon. Foto: Shutter Stock
Salmon mengandung jumlah omega-3 yang tinggi, nutrisi ini berfungsi untuk meningkatkan kesehatan otak, memperbaiki dan mengembangkan sel-sel dalam saraf.
Omega-3 dalam salmon juga dapat mengurangi stres, menenangkan pikiran bahkan meredakan depresi. Bahkan hal ini telah diteliti oleh Stephen Ilardi, PhD, penulis buku The Depression Cure.

9. Telur

Virgo Season! 10 Rekomendasi Makanan yang Cegah Kamu Overthinking (5899)
Telur ceplok Foto: Shutterstock
Telur yang bisa dibilang adalah makanan sehari-hari masyarakat Indonesia ternyata dapat menjaga suasana hati dan emosi. Telur mengandung dua senyawa baik yaitu tirosin dan fenilalanin. Menurut studi berjudul Tyrosine, phenylalanine, and catecholamine synthesis and function in the brain, asupan tirosin dan fenilalanin inilah yang dapat meningkatkan hormon dopamin pada otak.
ADVERTISEMENT

10. Sayuran hijau

Virgo Season! 10 Rekomendasi Makanan yang Cegah Kamu Overthinking (5900)
Ilustrasi sayuran selada air Foto: dok.Shutterstock
Sayuran bisa jadi pilihan makanan sehat saat kamu lagi overthinking akibat banyak pekerjaan. Beberapa sayur hijau seperti bayam, pakcoy, hingga selada merupakan sumber vitamin B folat yang bisa menurunkan rasa stres dan rasa tertekan.
Menurut jurnal dari Journal of Psychiatric Research yang diterbitkan tahun 2017, orang yang depresi memiliki kadar folat lebih sedikit. Makanya, jangan lupa untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin B folat agar suasana hati tetap terjaga.
Reporter: Natashia Loi