Entertainment
·
24 Mei 2020 17:25

Atiqah Hasiholan: Lebaran Kali Ini Sulit, tapi Allah Pasti Siapkan Hal yang Baik

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Atiqah Hasiholan: Lebaran Kali Ini Sulit, tapi Allah Pasti Siapkan Hal yang Baik (523604)
Atiqah Hasiholan saat konferensi pers film positif, Senin (9/12). Foto: Dok. Visinema
Bulan Ramadhan telah berakhir. Umat Islam di seluruh dunia kini menyambut kemenangan di Hari Raya Idul Fitri.
ADVERTISEMENT
Artis Atiqah Hasiholan juga turut merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama sang suami, Rio Dewanto, dan putrinya, Salma Jihane Putri Dewanto. Namun, karena pandemi COVID-19, perayaan di tahun ini terasa berbeda dari biasanya.
"Gue tahun ini (merayakannya) cuma makan, video call sama keluarga, nyokap, mertua, kakak-kakak. Kita video call, terus mengabadikannya dengan screen capture. Terus, makan, makan, makan," ungkap Atiqah Hasiholan seraya tertawa ketika menjadi bintang tamu di Virtual Open House - Lebaran di kumparan, Minggu (24/5).
Atiqah Hasiholan: Lebaran Kali Ini Sulit, tapi Allah Pasti Siapkan Hal yang Baik (523605)
Atiqah Hasiholan (kanan) menghadiri konferensi pers film pendek 'Positif' di Teater Salihara, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (9/12). Foto: DN. Mustika Sari/kumparan
Setiap Hari Raya Idul Fitri, Atiqah Hasiholan memang tidak pernah mudik. Hanya saja, ia biasanya melakukan silaturahmi secara langsung ke rumah-rumah saudara dan kerabat yang ada di Jakarta.
Pandemi COVID-19 pada akhirnya membuat Atiqah Hasiholan tidak bisa melakukan rutinitas itu di tahun ini. Ia mengaku cukup rindu untuk bersilaturahmi secara langsung ke rumah kerabat dan keluarga.
ADVERTISEMENT
"Karena banyak anggota keluarga yang sibuk juga dan biasanya silaturahmi, ya, bisa dilakukan pas Lebaran. Jadi, biasanya, tuh, padat, dari pagi sampai malam ke keluarga yang ini atau itu. Ya, sekarang kita enggak bisa lakuin itu. Bisa, sih, tapi secara virtual," tuturnya.
Atiqah Hasiholan: Lebaran Kali Ini Sulit, tapi Allah Pasti Siapkan Hal yang Baik (523606)
Atiqah Hasiholan dampingi Ratna Sarumpaet di Sidang Vonis. Foto: Nugraho Sejati/kumparan
Karena semua serba virtual dan keluarga lebih banyak tinggal di rumah masing-masing selama Hari Raya Idul Fitri, Atiqah Hasiholan tidak memasak berbagai hidangan khas Lebaran. Untungnya, sang ibu, Ratna Sarumpaet, berbaik hati mengirimkan makanan.
"Gue, alhamdulilah, dapat kiriman dari nyokap semua, nih. Kue juga, alhamdulilah, ada dari teman-teman. Jadi, dari kemarin itu kita saling kirim-kirim kue gitu. Ya, sudah cukuplah beberapa toples," kata Atiqah Hasiholan.
Atiqah Hasiholan: Lebaran Kali Ini Sulit, tapi Allah Pasti Siapkan Hal yang Baik (523607)
Atiqah Hasiholan. Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Kira-kira, selain tidak masak, kebiasaan Hari Raya Idul Fitri apalagi, ya, yang Atiqah Hasiholan tidak lakukan di tahun ini?
ADVERTISEMENT
"Baju baru. Iya, kita enggak ada beli baju baru. Karena, kan, di rumah saja," ujarnya seraya tertawa.
"Ya, aku tahu banget Lebaran kali ini sulit karena momen Lebaran, secara budaya Indonesia, ini momen yang ditunggu-tunggu selama setahun untuk silaturahmi, bikin makanan enak, beli baju baru. Pasti, banyak juga masyarakat yang sengaja kumpulin uang untuk merayakan hari yang fitri ini. Tapi, mau bagaimana lagi, ternyata, kan, keadaannya berkata begini," sambungnya.
Atiqah Hasiholan: Lebaran Kali Ini Sulit, tapi Allah Pasti Siapkan Hal yang Baik (523608)
Atiqah Hasiholan saat di kumparan. Foto: Abil Achmad Akbar/kumparan
Atiqah Hasiholan juga berpesan agar orang-orang tidak larut dalam kesedihan karena tidak bisa merayakan Hari Raya Idul Fitri seperti biasa. Ia yakin, pasti Tuhan punya kehendak atas semua musibah yang terjadi.
"Mari kita cari hikmah dari semua kejadian ini. Aku yakin, seburuk-buruknya hal yang terjadi di kehidupan, Allah pasti sudah menyiapkan hal yang baik di masa depan," tutup Atiqah Hasiholan.
ADVERTISEMENT