kumparan
17 Juli 2018 11:01

Cerita Olivia Zalianty Awal Jatuh Cinta pada Wushu

Olivia Zalianty. (Foto: Munady Widjaja)
Selain dikenal sebagai adik dari aktris Marcella Zalianty, di era 2000an, Olivia Zalianty sempat terkenal sebagai pemain sinetron dan FTV. Namun, sejak 2010 hingga saat ini, Olivia sudah sangat jarang muncul di televisi sebagai aktris.
ADVERTISEMENT
Ternyata, Olivia mulai mengesampingkan kegiatan keartisannya lantaran fokus menjalani hobi olahraga wushu yang telah ditekuninya sejak usia 19 tahun.
Ketika ditemui di kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (11/7), Olivia menceritakan bahwa sejak remaja ia sudah menggeluti banyak cabang olahraga, mulai dari gymnastic, berkuda, hingga golf. Namun, berawal dari ajakan aktor Surya Saputra, pemain sinetron 'Ada Apa Dengan Cinta?' itu mulai tertarik dengan keindahan olahraga wushu.
"Jadi, ceritanya saya lagi lari di GBK, terus ketemu Surya Saputra. Dia ajak aku masuk ke hall wushu. Di sana saya lihat anak-anak pada terbang-terbang, loncat-loncat, salto, split. Keren gitu atletis dan lentur banget," kata Olivia.
Loading Instagram...
Karena melihat wushu sebagai salah satu olahraga berat pembakar kalori, Olivia yang mengaku sempat gempal saat SMA, memutuskan untuk ikut pelatihan. Ia pun berlatih bersama beberapa artis lain yang merasa memiliki masalah yang sama.
ADVERTISEMENT
"Kita sempat dibuatkan group training sama artis lain yang ingin turunin berat badan, ada Melly Goeslow, ada Rina Gunawan, gitu," ujarnya.
Namun, pemain sinetron 'Cinta Fitri' itu pun mengaku teman-teman artis yang ikut berlatih bersamanya mulai merasa tidak kuat dan enggan untuk meneruskan latihan. Alhasil, Olivia pun menjadi satu-satunya artis yang serius berlatih layaknya seorang atlet.
Olivia Zalianty usai jalani pertandingan Wushu. (Foto: Instagram @oliviazallianty)
"Saat yang lain pada K.O, enggak latihan lagi, saya disiplin dan konsisten. Pelatih saya akhirnya membantu saya ikut pelatnas untuk ikut berbagai kejuaraan di luar negeri," ungkap Olivia.
Siapa sangka, hanya bermodalkan iseng dan hobi olahraga guna menurunkan berat badan, Olivia sukses mengharumkan nama Indonesia di berbagai kejuaraan dunia wushu. Kepada kumparan, ia pun dengan bangga menceritakan semua medali dan penghargaan yang pernah diraihnya.
ADVERTISEMENT
"Waktu itu menang emas di Hong Kong Internasional Championship. Itu 10 tahun lalu, pertama kali dapat medali. Empat tahun lalu ikut pertandingan lagi di China, dapat perunggu dan perak," ujar Olivia.
Loading Instagram...
"Terakhir di Jakarta kemarin untuk tes event Asian Games. Tapi itu bukan untuk dapat medali sih, cuma tes lapangan untuk atlet doang, tapi saya ikut turun sebagai atlet, karena ingin coba," tambahnya.
Kendati sudah sangat mencintai olahraga wushu dan menjadi atlet yang mengharumkan nama Indonesia di kompetisi internasional, perempuan berusia 36 tahun itu mengaku hingga saat ini belum siap untuk menjadi seorang pelatih.
"Latihan wushu sih terus ya, tapi enggak ikut kompetisi lagi. Kalau untuk melatih, kayaknya enggak deh. Tapi, semangat olahraga itu tetap ada karena sudah jadi bagian dari hidup saya," tutupnya.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan