kumparan
31 Agustus 2018 21:27

Kilas Balik Judika: Jebolan Indonesian Idol yang Kini Jadi Juri

Judika
Judika (Foto: YouTube audisi indo, Munady Widjaja)
Judika merayakan hari ulang tahun ke-40 hari ini, Jumat (31/8). Bersamaan dengan momen spesial tersebut, kumparan menyajikan kilas balik perjalanan karier pemilik nama lengkap Judika Nalon Abadi Sihotang itu di kancah musik Tanah Air.
ADVERTISEMENT
Ya, Judika merupakan salah satu penyanyi ternama jebolan ajang pencarian bakat Indonesian Idol. Ia meraih juara kedua, kalah dari mendiang Mike Mohede yang memenangkan gelaran tersebut, pada 2005.
Judika
Judika (Foto: Instagram @jud1ka)
Meski menempati posisi kedua, karier Judika sebagai penyanyi solo nyatanya begitu mulus di kemudian hari. Ia bahkan cukup produktif dalam menelurkan album musik.
Anak keenam dari tujuh bersaudara tersebut meluncurkan album solo perdananya pada 22 Januari 2007. Berjudul 'One', album tersebut berisi 10 lagu.
Judika saat audisi Indonesian Idol
Judika saat audisi Indonesian Idol (Foto: YouTube audisi indo)
Tiga tahun kemudian, Judika kembali merilis album. Sesuai dengan judul single utamanya, album yang memuat 10 lagu itu bertajuk 'Setengah Mati Merindu'. Lagu 'Bukan Dia Tapi Aku' yang terdapat di dalamnya berhasil dinominasikan sebagai 'Lagu Serantau Paling Popular' dalam Anugerah Planet Muzik 2012.
ADVERTISEMENT
Album ketiganya berjudul 'Mencari Cinta'. Memuat 15 lagu, termasuk single utama berjudul 'Mama Papa Larang' dan duetnya bersama sang istri, Duma Riris, yang berjudul 'Sampai Akhir', album tersebut diluncurkan pada 2013.
Judika di video klip lagu 'Cintaku'
Judika di video klip lagu 'Cintaku' (Foto: YouTube Sony Music Entertainment Indonesia)
'Hati & Cinta', album keempat Judika yang memuat 13 lagu, dirilis pada 20 November 2014. Setelahnya, Judika mengeluarkan album kompilasi bertajuk 'The Best of Judika' pada 1 Oktober 2015. Album kompilasi itu menyajikan 13 lagu terbaik dari album-album terdahulu dan sebuah lagu baru.
Terakhir, Judika meluncurkan album pada 2017 lalu. Album dengan single utama 'Jadi Aku Sebentar Saja' tersebut bertajuk 'Judika'.
Judika di video klip lagu 'Jadi Aku Sebentar Saja'
Judika di video klip lagu 'Jadi Aku Sebentar Saja' (Foto: YouTube Judika TV)
Di samping itu, Judika juga tergabung dalam sebuah grup vokal bernama Idol Divo bersama tiga jebolan Indonesian Idol lainnya, yakni mendiang Mike Mohede, Delon, dan Lucky Octavian.
ADVERTISEMENT
Judika pun kini menjadi salah satu juri di ajang pencarian bakat yang telah melambungkan namanya tersebut. Dalam jumpa pers Indonesian Idol 2018 yang dilangsungkan di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, beberapa waktu lalu, ia mengaku bangga dan terharu lantaran dipercaya melahirkan bibit baru di dunia musik Tanah Air.
Judika
Judika. (Foto: Munady Widjaja)
Sebagai penyanyi solo, Judika berhasil meraih sejumlah penghargaan. Sebut saja sebagai 'Penyanyi Solo Pria Paling Inbox' di Inbox Awards 2014, 'Artis Lelaki Terbaik' di Anugerah Planet Muzik 2014, 'Male Singer of the Year' di Indonesian Choice Awards 2015, dan 'Artis Lelaki Terbaik' di Anugerah Planet Muzik 2015.
Selain aktif bermusik, Judika sempat pula menjajal peruntungan di bidang akting. Ia telah membintangi sejumlah film, seperti 'Si Jago Merah' (2008) dan 'Air & Api' (2015). Berkat aktingnya sebagai Rojak di film 'Si Jago Merah', ia bahkan didapuk sebagai 'Aktor Pendatang Baru Terbaik' di Indonesian Movie Awards 2009.
Judika dan Keluarga
Judika, Duma, dan dua anaknya. (Foto: Munady Widjaja)
Bicara mengenai kehidupan pribadi, Judika menikahi runner-up 1 Puteri Indonesia 2007, Duma Riris, pada 31 Agustus 2013 setelah keduanya berpacaran selama enam tahun. Pemberkatan pernikahan mereka digelar di Gereja HKBP, Balige.
ADVERTISEMENT
Judika dan Duma dikaruniai anak pertama yang diberi nama Cleo Deomora Boru Sihotang pada 10 Oktober 2014. Duma kemudian melahirkan anak kedua mereka, Judeo Volante Sihotang, pada 6 Februari 2016.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan