kumparan
Entertainment24 Januari 2019 19:15

Marsha Aruan vs Rachel Amanda, Siapa Mantan Aktris Cilik Idolamu?

Konten Redaksi kumparan
Marsha Aruan dan Rachel Amanda
Marsha Aruan dan Rachel Amanda (Foto: Graphic: Putri Sarah Arifira)
Banyak artis cilik yang lama-lama menghilang seiring berjalannya waktu. Ada yang memilih untuk fokus melanjutkan pendidikan, ada pula yang berkecimpung di bidang lain.
ADVERTISEMENT
Marsha Aruan dan Rachel Amanda merupakan dua aktris yang telah terjun di dunia hiburan sejak masih kecil. Mereka masih mempertahankan eksistensi dengan berkarya di film layar lebar ataupun sinetron di usianya yang telah beranjak dewasa.
Bagaimana perjalanan karier Marsha Aruan dan Rachel Amanda sejak kecil hingga sekarang? Simak ulasannya di bawah ini.
1. Saat jadi artis cilik
Marsha Aruan kecil
Marsha Aruan kecil (Foto: YouTube/MD Entertainment)
Marsha Aruan memulai karier di industri hiburan sejak tahun 2003. Saat itu, usianya baru menginjak 7 tahun.
Penampilan perdananya di layar kaca adalah ketika ia tampil di sinetron berjudul 'Hantu Cilik'. Dalam sinetron tersebut, Marsha beradu peran dengan sejumlah bintang ternama seperti Nia Ramadhani, Ferry Salim, Dian Nitami, hingga Ully Artha.
Setelah membintangi 'Hantu Cilik', tawaran untuk main sinetron makin ramai mendatangi Marsha Aruan. Ia terlibat di sejumlah sinetron lain seperti 'Jagoan Silat', 'Ratapan Anak Tiri', 'Bawang Merah Bawang Putih', dan masih banyak lagi.
ADVERTISEMENT
Beranjak remaja, pemilik nama lengkap Marsha Elizabeth Aruan ini mulai melebarkan sayapnya ke dunia akting layar lebar. Film pertama yang dibintangi Marsha adalah 'Love' (2008).
Rachel Amanda kecil
Rachel Amanda kecil (Foto: YouTube/Clay Henry)
Rachel Amanda lebih telah lebih dulu muncul di layar kaca dibandingkan dengan Marsha Aruan. Rachel sudah bermain dalam beberapa sinetron sejak ia masih berusia 4 tahun.
Pemilik nama lengkap Rachel Amanda Aurora ini mulai dikenal banyak orang setelah membintangi sinetron 'Indra Keenam' bersama Joshua Suherman di awal 2000-an. Dalam sinetron itu, ia berperan sebagai Cherry, seorang gadis kecil yang iseng.
Nama Rachel kemudian semakin bersinar saat menjadi pemeran utama di sinetron 'Candy' yang tayang pada 2006 lalu. Di tahun yang sama, dia juga mendapat peran iconic dalam film 'I Love You, Om'.
ADVERTISEMENT
Setelah itu, Rachel semakin aktif berperan dalam sinetron layar kaca. Beberapa di antaranya adalah 'Namaku Mentari', 'Lia', 'Embun', dan lain-lain.
2. Pendidikan
Marsha Aruan
Marsha Aruan. (Foto: Maria Gabrielle Putrinda/kumparan)
Tawaran pekerjaan di dunia hiburan selalu ramai menghampiri Marsha Aruan sejak dirinya masih kecil. Saat usianya memasuki belasan tahun, tawaran kerja tersebut mulai berkurang, tak seperti saat ia masih kecil dulu.
Hal tersebut dimanfaatkan oleh Marsha untuk fokus dengan pendidikan SMP dan SMA. Selain itu, ia mulai banyak bergaul dengan teman-teman sebaya karena hal itu tak didapatkannya ketika masih kecil.
Saat ini, cewek berdarah Batak itu sudah kembali aktif di dunia hiburan Tanah Air. Dalam dua tahun terakhir ini, tercatat Marsha bergabung dalam empat film layar lebar yang kebanyakan bergenre horor.
ADVERTISEMENT
Meski sibuk, namun ia tak melupakan pendidikan begitu saja. Marsha saat ini tercatat sebagai mahasiswa jurusan bisnis di Binus University.
Hanya saja, ia tak menjalani aktivitas kuliah seperti kebanyakan mahasiswa lain. Dia memilih untuk mengambil kelas daring (online) yang dinilai lebih fleksibel. Sehingga, Marsha bisa menyesuaikan jadwal kuliah dan syuting dengan mudah.
Rachel Amanda
Rachel Amanda. (Foto: Munady Widjaja)
Pendidikan menjadi salah satu hal yang paling penting dalam hidup Rachel Amanda. Tekadnya untuk menyelesaikan pendidikan bahkan membuat cewek berusia 24 tahun ini rela untuk hiatus dari dunia hiburan yang membesarkan namanya.
Beberapa tahun lalu, Rachel mengikuti tes SNMPTN dan lulus di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia. Namun perjalanannya di FKM UI hanya bertahan selama satu tahun.
Bukan karena tak mampu mengikuti mata kuliah, hanya saja ia menganggap jika kesehatan masyarakat tak memiliki keterkaitan dengan pekerjaannya di dunia seni peran. Dia pun akhirnya memutuskan untuk kembali mengikuti tes SBMPTN.
ADVERTISEMENT
Bintang film 'Sajen' ini kembali diterima di Universitas Indonesia dan mempelajari jurusan Psikologi. Rachel baru saja lulus pendidikan S1 di pertengahan 2018 lalu.
Mendapatkan gelar sarjana tampaknya tidak cukup untuk seorang Rachel Amanda. Beberapa waktu lalu, dia pernah menyebutkan sudah memiliki rencana melanjutkan pendidikan magister.
Namun, saat ini ia masih ingin melepas rindu dengan dunia seni peran. Rachel baru akan mengambil pendidikan S2 sekitar satu hingga dua tahun mendatang.
3. Kisah asmara
Sejak remaja, kisah cinta Marsha Aruan sudah sering diperbincangkan oleh banyak orang. Dulu, ia sempat berpacaran dengan putra sulung Ahmad Dhani dan Maia Estianty, Al Ghazali.
Hanya saja, hubungan mereka tak berlangsung lama. Keduanya juga mengaku jika saat itu mereka hanya sedang merasakan cinta monyet saja.
ADVERTISEMENT
Marsha Aruan juga sempat didekati oleh adik bungsu Al, Dul Jaelani. Akan tetapi, Marsha justru jatuh ke pangkuan El Rumi, kakak kandung Dul sendiri.
El dan Marsha telah berpacaran selama lebih dari 4 tahun. Meskipun sempat dikabarkan putus, namun mereka berdua berhasil mempertahankan hubungan itu hingga saat ini.
Saat ini, El diketahui tengah menempuh pendidikan tinggi di London, Inggris. Jauhnya jarak antara Jakarta-London tak menjadi persoalan bagi mereka berdua. Marsha justru sudah kenal dekat dengan keluarga El Rumi, termasuk sang ibu tercinta.
Berbeda dengan Marsha Aruan, Rachel Amanda lebih tertutup soal urusan pribadinya. Selama ini, dia tak pernah mengumbar kedekatan dan kemesraan dengan pria manapun di media sosial.
Dalam sebuah wawancara, aktris yang baru saja berulang tahun pada 1 Januari lalu itu mengaku kalau saat ini dirinya sedang jomblo. Ia sedang fokus dengan kariernya di dunia hiburan setelah cukup lama vakum.
ADVERTISEMENT
Walau kini usianya sudah hampir menginjak 25 tahun, Rachel belum berpikir untuk menikah dalam waktu dekat. Menurutnya, semakin usianya bertambah dewasa, ia malah semakin tak punya target untuk buru-buru menikah.
Meskipun begitu, bukan berarti Rachel sama sekali tak pernah digosipkan dengan laki-laki, lho. Dulu, saat masih remaja, dia pernah dikabarkan menjalin hubungan dengan rekan sesama artis, Esa Sigit.
Mereka pernah menjalin hubungan cinta sekitar tahun 2011 hingga 2012. Sayangnya, sama-sama sibuk di dunia hiburan membuat keduanya sepakat untuk berpisah.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan