kumparan
23 November 2019 19:01

Melihat Perjalanan Karier Komika Arie Kriting dan Babe Cabita

Komparasi artis Babe Cabita dan Arie Kriting
Komparasi artis Babe Cabita dan Arie Kriting Foto: Infografik: Sabryna Putri Muviola/kumparan.
Arie Kriting dan Babe Cabita merupakan beberapa komika yang sukses berkarier di dunia komedi Tanah Air. Keduanya sama-sama mengawali debut karier lewat ajang Stand Up Comedy Indonesia musim ketiga pada 2013 lalu.
ADVERTISEMENT
Arie dan Babe juga memiliki kemiripan dalam segi penampilan yaitu rambut yang kribo. Tidak hanya itu, keduanya juga sama-sama sukses menghibur di dunia perfilman Tanah Air.
Menarik bila kita mengulas perjalanan karier komika Arie Kriting dan Babe Cabita di dunia hiburan Tanah Air.
Arie Kriting
Arie Kriting, POTRAIT
Arie Kriting di Epiwalk, Jakarta Selatan, Sabtu (2/11). Foto: Regina Kunthi Rosary/kumparan
Arie Kriting memulai karier di dunia hiburan Tanah Air dengan menjadi komika yang tampil di panggung-panggung kecil, bersama komunitas pelawak tunggal Stand Up Indo Malang.
Ia kemudian menjajal peruntungan dengan mengikuti Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV musim ke-3 pada 2013 silam.
Pemilik nama Satriaddin Maharinga Djongki memiliki ciri khas dengan materi stand up yang membahas fenomena sosial tentang Indonesia Timur.
ADVERTISEMENT
Dengan cara berbicaranya yang identik dengan Indonesia Timur ini, Arie berhasil menjadi juara 3 di Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV musim ke-3.
Loading Instagram...
Setelah sukses menjadi seorang komika, Arie juga ikut menjajal dunia perfilman Tanah Air. Setahun berselang, Arie ikut membintangi film 'Comic 8', film komedi yang dibintangi para komika.
Sejak tahun 2014, Pria 34 tahun ini diketahui telah membintangi 15 judul film. Seperti 'Malam Minggu Miko', 'CJR The Movie', 'Lamaran', 'Ngenest', 'Aisyah: Biarkan Kami Bersaudara', dan 'Susah Sinyal'.
Lewat film ‘Aisyah: Biarkan Kami Bersaudara’, Arie masuk ke dalam beberapa nominasi seperti Pemeran Pendukung Pria Terbaik Festival Film Indonesia 2016, Aktor Pendukung Pria Terfavorit di Usmar Ismail Award.
Arie Kriting
Arie Kriting Foto: Sarah Yulianti Purnama/kumparan
Lalu nominasi Pemeran Pembantu Pria Terpuji di Festival Film Bandung 2016, dan Pemeran Pendukung Pria Terfavorit di Indonesian Movie Actors Awards 2017.
ADVERTISEMENT
Meski banyak membintangi film layar lebar, Arie mengaku tak mengetahui jumlah honor yang diterima dalam setiap pekerjaan yang diambilnya. Baginya, jika ia mengetahui jumlah honor itu, akan menjadi beban tersendiri untuknya.
“Saya setiap kali bekerja, boleh tanya manajer dan teman-teman saya, saya tidak pernah tahu bayarannya berapa, karena jadi beban buat saya,” ujar Arie saat beberapa saat lalu.
Babe Cabita
Babe Cabiita (potrait).
Babe Cabiita (potrait). Foto: DN. Mustika Sari/kumparan
Sama seperti Arie Kriting, Babe Cabita juga mewakili kariernya lewat ajang Stand Up Comedy yang diadakan oleh Kompas TV musim ke-3. Lewat ajang tersebut, Babe Cabita berhasil menjadi juara pertama melawan komika Fico.
Komika asal Medan ini memiliki ciri khas yang berbeda dari komika lain. Babe biasanya membawakan materi soal fenomena sosial di masyarakat Indonesia yang sedikit vulgar.
ADVERTISEMENT
Pria 30 tahun ini juga banyak membintangi film layar lebar. Babe ikut membintangi film 'Comic 8' bersama Arie Kriting, Kemal Palevi, dan Ernest Prakasa. Sejak tahun 2014, Babe telah membintangi lebih dari 20 judul film layar lebar.
Babe Cabita
Babe Cabita Foto: Munady Widjaja
Selain itu, Babe juga masuk di beberapa nominasi festival film bergengsi. Babe tercatat masuk beberapa nominasi seperti Pemeran Utama Pria Terbaik, dan Pemeran Pendukung Pria Terbaik di Indonesia Box Movie Awards 2016 untuk film 'Comic 8'.
Meski banyak membintangi judul film, Babe Cabita sangat selektif sebelum menerima tawaran bermain film. Pria berusia 29 tahun ini mempertimbangkan beberapa aspek.
"Yang pasti aku lihat dulu ceritanya, baru aku lihat sutradara sama PH (production house). Itu paling penting, karena pengalaman misal film bagus, tapi PH baru pasti di anak tirikan soal tanggal penayangan," kata Babe Cabita.
ADVERTISEMENT
Saat ini, Babe Cabita sedang melakukan promosi film 'Trinity Traveler' garapan sutradara Rizal Mantovani. Film tersebut rencananya akan tayang pada 28 November mendatang.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan