Entertainment21 Mei 2018 20:23

Raline Shah Kini Hobi Menulis Diary

Konten Redaksi kumparan
Raline Shah Kini Hobi Menulis Diary  (101059)
Kolaborasi Raline Shah dan Tokopedia (Foto: Munady)
Aktris Raline Shah kini memiliki hobi baru, yakni menulis diary. Kegiatan tersebut sudah ia mulai sejak sekitar enam bulan lalu. Kala itu, Raline diberi tahu oleh teman-temannya yang tinggal di Amerika Serikat.
ADVERTISEMENT
Buku diary biasanya identik dengan tulisan curahan hati. Namun, apa yang dilakukan perempuan berusia 33 tahun itu sedikit berbeda dan sudah berpola.
"Namanya '5 Minutes Journal', yaitu tiap hari ada quote-nya di atas, setiap minggu ada challenge-nya, kayak tantangan yang harus kita lakukan," kata Raline di kawasan Setiabudi, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (21/5).
"Paginya, kita harus menuliskan tiga hal yang kita syukuri, tiga hal yang ingin kita lakukan hari itu. Dan malamnya, apa yang bisa kita perbaiki dari hari itu sendiri, dan apa yang membuat hari itu amazing atau spesial," lanjutnya.
Meskipun terkesan simpel, Raline ternyata mendapatkan banyak manfaat dari kebiasaannya menulis diary. Pemain film ‘5 cm’ itu menjadi lebih mudah melakukan intropeksi diri dan kemudian melakukan perbaikan atas kesalahan yang diperbuatnya.
ADVERTISEMENT
"Setelah sebulan, dua bulan, kita melihat balik, kita ternyata bisa bersyukur dengan banyak sekali hal. Dan kita bisa memperbaiki diri, itu setiap harinya biarpun sedikit tapi akumulatif. Jadi, biarpun statis enggak apa-apa, asal jangan lebih parah saja. Jadi be a better me everyday," tutur Raline.
Selain itu, kegiatan menulis diary ternyata juga membuat sosok Raline menjadi lebih disiplin daripada sebelumnya. Hingga saat ini, Raline mengaku belum pernah absen dalam menulis diary. Kalaupun lupa, ia akan menulisnya di telepon genggam miliknya terlebih dulu.
"Insyaallah aku ngisi sebagai bentuk disiplin juga sih. Aku rasa ritual itu harus dikerjakan setiap hari seperti dengan kita salat. Salat itu ‘kan harus kita lakukan setiap hari. Itu suatu ritual yang untuk memperbaiki diri kita ke arah spiritual, sehat jasmani dan rohani," ungkap Raline.
Raline Shah Kini Hobi Menulis Diary  (101060)
Raline Shah (Foto: Munady)
Sayangnya, finalis Puteri Indonesia 2008 ini belum tertarik untuk menjadikan isi dari diary-nya menjadi sebuah buku agar bisa dibaca oleh orang banyak. Saat ini, ia hanya memfokuskan diary tersebut sebagai bentuk self control-nya.
ADVERTISEMENT
"Soalnya (diary berisi) hal-hal kecil kita tuliskan, apalagi hal yang kita syukurin, kita itu sebenarnya apa, realisasi diri kita hari ini. Misalnya hari ini aku tulis, aku bisa jalani hari dengan baik, gitu," tandas Raline.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white