Entertainment
·
31 Mei 2018 20:03

Rindu pada Ibunda, Raisa Buat ‘Lagu Untukmu’

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Rindu pada Ibunda, Raisa Buat ‘Lagu Untukmu’ (111018)
Raisa (Foto: Munady)
Bersama labelnya, Juni Records, Raisa menelurkan sebuah single berjudul ‘Lagu Untukmu’ pada 25 Mei lalu. Lagu tersebut diluncurkan di YouTube dan bertujuan untuk menyambut Hari Lebaran.
ADVERTISEMENT
Saat menggelar konferensi pers di Rumah Maroko, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (31/5), istri Hamish Daud itu menceritakan bahwa single terbarunya secara sederhana menceritakan rasa rindunya pada sang bunda.
“Setelah menikah kan sudah lama enggak pulang ke rumah orang tua, sudah berbulan-bulan. Sekalinya pulang cuma ada ayah dan kakak, enggak ada ibu. Ibu ke Bandung, eh, aku kangen,” ungkap Raisa.
“Akhirnya video call sama ibu, kangen-kangenan. Kemudian saat aku pulang, di tengah jalan, kok, aku merasa sedih, ya? Akhirnya belok deh, ke rumah Ifa Fachir nulis lagu ini,” tambahnya.
Rindu pada Ibunda, Raisa Buat ‘Lagu Untukmu’ (111019)
Raisa (Foto: Instagram @raisa6690)
Dikarenakan ide awal yang berasal dari kisah kehidupan pribadi, Raisa mengaku hanya butuh 1,5 jam untuk menyelesaikan lirik hingga instrumental single tersebut.
ADVERTISEMENT
Meski awalnya pelantun 'Nyawa dan Harapan' itu mengaku tidak ingin membuat lagu yang sedih, ternyata perasaan rindunya pada sang bunda tertuang ke dalam lagu sangat besar hingga tangisnya pun tak dapat dibendung.
“Awalnya enggak bermaksud ke sana (sedih), cuma karena aku ke trigger cinta dan kangen sama ibu. Setelahnya, aku kirim ke ibu yang masih di Bandung,” ujar istri Hamish Daud itu.
Tak disangka-sangka, suasana hati ibunda Raisa yang mendengar lagu buatannya itu berubah menjadi haru biru. Selain itu, Raisa juga mengaku bangga karena akhirnya dia bisa mencipta lagu khusus untuk ibunya.
“Ya, aku senang bisa tulis (‘Lagu Untukmu’). Mungkin, ibu juga senang karena selama ini merasa kangen aku tanpa tahu kalau aku ternyata juga kangen sama dia,” imbuhnya.
ADVERTISEMENT
Raisa pun mengungkapkan bahwa single ‘Lagu Untukmu’ mendapat banyak tanggapan dari para penggemarnya. Awalnya, lagu tersebut hanya dicipta untuk menunjukkan rasa rindunya pada sang ibu setelah menikah. Namun, single tersebut ternyata memberi makna lain bagi fans yang selama ini hidup jauh dari ibunda mereka.
“Banyak juga (fans) yang bilang ini theme song anak rantau. Teman-teman banyak yang DM (Direct Message) juga, mereka bilang mau ketemu ibu. Selain yang baru nikah seperti gue, ternyata anak rantau juga nasibnya seperti ini,” ucapnya.
Lebih dari itu ‘Lagu Untukmu’ diharapkan bisa menjadi kado abadi bagi ibu yang dianggap Raisa sebagai satu-satunya sahabat sejati dalam hidup. Ia pun berharap ‘Lagu Untukmu’ bisa setidaknya mengurangi rasa rindu pada bundanya.
ADVERTISEMENT
“Lagu ini kan akan hidup lebih lama ya, dari kita. Semoga nantinya juga, sosok ibu gue bisa hidup selamanya lewat lagu ini,” tutur Raisa.
Dalam proses penggarapan lagu tersebut, Raisa kembali berkolaborasi dengan arranger ternama, Ifa Fachir. Raisa mengaku memilih arranger yang sebelumnya sudah pernah membantunya di single ‘Jatuh Hati’ dan ‘LDR’ itu karena sudah merasa cocok.
“Memang kalau idenya sudah di ujung kepala, satu orang yang paling sreg dan ngerti aku ya, Ifa. Makanya kalau sudah ada ide, aku ke dia,” katanya.
Dalam waktu dekat, Raisa akan merilis video klip resmi single ‘Lagu Untukmu’. Sebelumnya, dia sudah mengeluarkan video lirik dan teaser video musik lagu tersebut lengkap dengan official audio di YouTube.
ADVERTISEMENT