kumparan
12 September 2019 13:43

Sejumlah Selebriti Ikut Hadiri Proses Pemakaman BJ Habibie

BJ Habibie meninggal, para tokoh di pemakaman BJ Habibie
Hanung Bramantyo (kedua kanan) dan Chelsea Islan (kanan) di pemakaman BJ Habibie. Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Presiden ketiga Republik Indonesia, BJ Habibie menghembuskan napas terakhirnya pada Rabu (11/9) sekitar pukul 18.05 WIB. Habibie meninggal setelah beberapa hari dirawat di RSPAD, Jakarta.
ADVERTISEMENT
Setelah disemayamkan di rumah duka di kawasan Patra Kuningan, Jakarta Selatan, jenazah Habibie dikebumikan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.
Lokasi liang lahat BJ Habibie, bersebelahan dengan makam istri tercinta, Ainun Habibie, yang telah terlebih dahulu meninggalkannya.
Aktor Jaja Mihardja di TMP Kalibata
Aktor Jaja Mihardja di TMP Kalibata. Foto: Aria Pradana/kumparan
Sejumlah tokoh dan figur publik turut hadiri proses pemakaman BJ Habibie. Berdasarkan pantauan di lokasi, tampak Jaja Mihardja, Reza Rahadian, Chelsea Islan, Bunga Citra Lestari dan Ashraf Sinclair, hingga Hanung Bramantyo sudah tiba di TMP Kalibata.
Reza Rahadian dan Hanung Bramantyo diketahui sempat terlibat dalam film yang mengisahkan tentang Habibie. Sehingga, keduanya mempunyai kedekatan dengan Habibie.
Aktor Reza Rahadian di TMP Kalibata
Aktor Reza Rahadian di TMP Kalibata. Foto: Aria Pradana/kumparan
Reza pun menuturkan sangat kehilangan sosok seorang yang dikenal sebagai bapak teknologi Indonesia itu.
ADVERTISEMENT
"Cara beliau berbicara kepada siapapun termasuk awak media, kerabat, enggak ada bedanya di mana-mana. Sangat terbuka dan apa adanya. Kalau ngomong juga keluar begitu saja, karena enggak ada yang di desain, jadi senatural-naturalnya," ujar Reza Rahadian, Kamis (12/9).
Aktor berusia 32 tahun ini sempat memerankan karakter Habibie dalam film 'Habibie & Ainun'. Ia pun mengaku akan mengamalkan pesan yang ditinggalkan oleh mantan Menristek di era Soeharto tersebut.
"Saya akan selalu ingat kata-kata eyang adalah, 'Kalau kamu bekerja, dengan segala ilmu pengetahuan yang kamu miliki, profesi yang kamu lakukan, itu semua tidak pernah cukup. Ketika kamu tidak bekerja dengan cinta, ilmu pengetahuan tidak akan pernah cukup'," imbuh Reza Rahadian mengenang ucapan BJ Habibie.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan