kumparan
27 Agustus 2018 12:32

3 Lagu Kolaborasi BTS Bersama Musisi Internasional

BTS
Boyband K-Pop, BTS. (Foto: Big Hit Entertainment)
Sepanjang kariernya, BTS telah beberapa kali menelurkan karya kolaborias dengan musisi lain. Tak hanya yang berasal dari Korea Selatan, tetapi juga musisi internasional kelas dunia.
ADVERTISEMENT
Dalam story ini, kumparanK-Pop merangkum tiga lagu kolaborasi yang ditampilkan dengan apik oleh BTS dengan musisi internasional lain. Apa saja?
1. Idol
BTS berkolaborasi dengan rapper Amerika Serikat, Nicki Minaj, dalam lagu yang berjudul 'Idol'. Lagu ini termasuk dalam album 'Love Yourself: Answer' yang dirilis BTS pada Jumat (24/8).
Dalam lagu ini, BTS menyanyikan lirik asli 'Idol', seperti yang mereka lakukan dalam title track album yang juga berjudul sama. Kemudian, Nicki menambahkan rap dalam bahasa Inggris ke dalam lagu yang terinspirasi dari musik bergenre dance khas Afrika Selatan itu.
Setelah lagu ini dirilis, Nicki sempat membuat beberapa postingan Twitter dan Instagram, mengumumkan kolaborasinya bersama BTS. Dalam salah satu postingannya, dia mengatakan merasa terhormat karena bisa berpartisipasi dalam pembuatan album itu.
ADVERTISEMENT
2. Mic Drop (Steve Aoki Remix)
Video
Pada November 2017, BTS merilis versi remix dari 'Mic Drop', lagu yang sebelumnya mereka rilis dalam album 'Love Yourself: Her'. Versi remix ini dinyanyikan oleh BTS bersama rapper Amerika Serikat, Desiigner, dan diproduksi oleh DJ kenamaan Steve Aoki.
Berbeda dengan versi aslinya yang lekat dengan irama hip-hop, versi remix dari 'Mic Drop' memiliki nuansa trap dan Electronic Dance Music (EDM) yang lebih kental. Terdapat dua versi 'Mic Drop' remix, yaitu versi yang dinyanyikan dalam bahasa Inggris, juga versi yang masih menggunakan bahasa Korea Selatan, namun iramanya sudah diubah oleh Steve Aoki.
Selain 'Mic Drop', BTS juga berkolaborasi dengan Steve Aoki dalam lagu ballad berjudul 'The Truth Untold'.
ADVERTISEMENT
3. Danger (Mo-Blue-Mix)
Video
Pada November 2014, BTS berkolaborasi dengan musisi asal Vietnam, Thanh Bui, dalam lagu berjudul 'Danger (Mo-Blue-Mix)'.
Lewat lagu ini, BTS dan Thanh Hui menghadirkan versi 'Danger' yang diiringi lagu orkestra. BTS menyanyikan lirik 'Danger' dalam bahasa Korea, disambung dengan lirik 'Danger' berbahasa Inggris oleh Thanh.
Berbeda dengan lagu aslinya yang kental dengan sentuhan elektronik, versi remix 'Danger' lebih banyak menghadirkan instrumen akustik, seperti iringan piano dan biola.
Selain ketiga lagu ini, BTS juga pernah berkolaborasi dengan The Chainsmoker yang memproduksi 'Best of Me', lagu yang termasuk dalam mini album 'Love Yourself: Her'.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan