kumparan
20 September 2018 20:24

3 Single Edgy dari Sunmi

Sunmi
Konsep lagu solo idola K-Pop, Sunmi. (Foto: Facebook/@officialsunmi.)
Sejak Wonder Girls bubar, salah satu anggotanya, Sunmi, sudah bereksperimen dengan berbagai genre musik. Lewat lagu-lagu yang ia rilis, Sunmi menanamkan citranya sebagai solois yang edgy juga artistik.
ADVERTISEMENT
Setidaknya, sudah ada tiga lagu yang digunakan Sunmi untuk menunjukkan citra tersebut. Ketiga lagu itu adalah 'Gashina', 'Heroine', juga lagu terbaru 'Siren'.
Dalam story ini, kumparanK-Pop memberikan ulasan singkat mengenai ketiga lagu tersebut. Kalau kamu, paling suka yang mana?
1. Gashina
Video
'Gashina' adalah single pertama yang dirilis Sunmi pada Agustus 2017, atau setelah Wonder Girls bubar. Lewat lagu yang ditulis oleh produser YG Entertainment, Teddy Park ini, Sunmi mengubah image-nya sebagai anggota girlband, menjadi seorang solois yang mampu menguasai panggung seorang diri.
Lewat lagu dance-pop ini, Sunmi berhasil membuat namanya dikenal secara luas oleh publik Korea Selatan dan internasional. Lagu ini juga merajai chart musik Korea, dan mendapatkan penghargaan 'Song of the Year' kategori bulan Agustus dari ajang Gaon Chart Music Awards 2018. Tak hanya itu, lagu dan koreografi 'Gashina' juga banyak diangkat dalam acara variety show Korea, hingga membuat nama Sunmi semakin dikenal.
ADVERTISEMENT
'Gashina' sendiri merupakan sebuah yang menceritakan soal seorang wanita yang tidak terima dirinya ditinggal oleh sang kekasih. Selain karena nadanya yang adiktif, 'Gashina' menjadi pembicaraan penggemar karena ekspresi Sunmi yang berubah-ubah dan dianggap memikat saat sedang membawakan penampilan panggung dari lagu tersebut.
2. Heroine
Video
Sekitar setengah tahun setelah 'Gashina', Sunmi merilis 'Heroine' pada Januari 2018. Kali ini, dia kembali bekerja sama dengan produser YG Entertainment, Teddy Park.
Berbeda dengan 'Gashina' yang memiliki kesan yang komikal, 'Heroine' memiliki kesan yang lebih serius dan gelap. Hal ini tercermin dari nada dalam lagu tersebut, juga melalui videonya yang terkesan lebih kelam.
Lewat 'Heroine', Sunmi menyanyikan mengenai wanita yang menganggap kekasihnya adalah seorang 'pemeran utama' dalam kisah cinta mereka. Dia mengatakan akan mencintai kekasihnya sekalipun itu tidak baik baginya.
ADVERTISEMENT
Misalnya, seperti yang tergambar dalam lirik, "Sekalipun itu adalah peran jahat, sekalipun itu membuatku sedih, bagiku, (orangnya) haruslah kamu".
3. Siren
Video
Delapan bulan setelah 'Heroine', Sunmi merilis mini album solo yang berjudul 'Warning'. Mini album ini terdiri dari tujuh lagu, termasuk 'Gashina', 'Heroine', dan title track terbaru yang berjudul 'Siren'.
Kali ini, Sunmi tidak bekerja sama lagi dengan Teddy Park. Alih-alih, dia menulis sendiri lagu itu, dan bekerja sama dengan komponis bernama FRANTS.
Lewat lagu ini, Sunmi menceritakan soal seseorang yang menginginkan agar kekasihnya pergi. Hal ini digambarkan melalui lirik lagunya yang bernada penuh peringatan, sesuai dengan tema besar album, yaitu 'Warning'.
Dalam sebuah wawancara, Sunmi mengatakan bahwa 'Siren' sebenarnya adalah lagu yang ditulisnya untuk Wonder Girls. Lagu ini sempat digadang menjadi title track bersama 'Why So Lonely', lagu yang menjadi andalan Wonder Girls di tahun 2016.
ADVERTISEMENT
"(Saat itu), diputuskan bahwa lagu ini tidak akan terdengar sebagus (itu) kalau diaransemen ulang untuk band, jadi aku menyimpan lagu ini dan berharap bahwa akan ada waktunya bagiku untuk memamerkannya," sebut Sunmi, seperti dikutip Soompi.
Setelah dirilis, lagu ini juga merajai berbagai chart musik Korea. Bahkan, hingga artikel ini ditulis, lagu tersebut masih berada di puncak chart situs-situs musik besar Korea Selatan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan